Sabtu, 13 Desember 2014

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 7

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Universitas Negeri Malang



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Perusahaan atau lembaga bisnis, mau tidak mau, suka tidak suka apabila ingin menjadi ‘leader’ di tengah kompetisi pasar yang makin ketat makan mutlak perlu memahami penulisan laporan dan proposal bisnisnya secara baik, benar dan produktif. Artinya, pemahaman dan pengimplementasi penulisan laporan dan proposal bisnis yang baik dan benar serta produktif menggambarakan image atau bonafiditas lembaga bisnis atau perusahaan yang dapat dipercaya. 

            Pemahaman akan proses penulisan laporan dan proposal yang baik, benar dan menghasilkan sejak konsep, tujuan dan manfaat, jenis/ragam, persiapan, perencanaan dan pengorganisasian serta membedakan panjang pendeknya menjadi kompetensi dasar bagi semua komponen (manajemen) di dalam perusahaan atau lembaga bisnis baik dari level bawah hingga level puncak agar perusahaan dapat berjalan secara dinamis dan efisien serta efektif sesuai perkembangan usaha terkini terutama dalam menghadapi MEA 2015.

3.2 Saran
3.2.1 Bagi Mahasiswa Magister Manajemen
            Proses penulisan laporan dan proposal bisnis yang lengkap dan utuh hendaknya memberikan tambahan wawasan serta keterampilan bagi para mahasiswa magister manajemen untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan dengan mencontoh atau mengimlementasikan apabila sudah melewati perkuliahan serta memberikan motivasi tambahan untuk melakukan kajian (penelitian) teoretis yang diimbangi dengan pengalaman praktis. Lembaga perguruan tinggi hendaknya memberikan kontribusi nilai bagi proses penulisan laporan dan proposal bisnis bagi perusahaan atau lembaga bisnis yang akan dimasuki maupun yang sekarang sedang digelutinya.

3.2.2 Bagi Praktisi Perusahaan atau Lembaga Bisnis
            Melalui pembahasan ini, para praktisi perusahaan atau lembaga bisnis memperoleh tambahan keyakinan untuk mengimplementasikan proses penulisan laporan dan proposan bisnisnya secara lebih berkualitas dan lebih memberikan daya dorong bagi keberhasilan perushaannya baik dalam bentuk laba maupun pencitraan (brand image) positif di tengah kompetisi pasar yang makin ketat terutama menyongsong MEA 2015.


Daftar Rujukan

Ellen Guffey Mary, Rhodes Kathleen, Rogin Patricia. 2006. Komunikasi Bisnis: Proses & Produk (terjemahan Budi Setyo Ichsan). Jakarta, Salemba Empat.
Juli Petrus, 2012. “Proposal  Program Dana Aksi Puasa Pembangunan Nasional” arsip pribadi diakses tanggal 6 November 2014. 
Kusumanegara Angga. 2011. “Modul Proposal Usaha” Angga.kusumanegara@gmail.com diakses tanggal 5 November 2014.
Ninis Sofi, (tanpa tahun). “Makalah Tentang Proposal”
Purwanto Djoko. (1999). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Catatan: Ada sumber yang lupa dimasukkan, kami mohon maaf.

*** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar