Senin, 22 Desember 2014

Negosiasi Bisnis 6

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab III
Kesimpulan & Saran

3.1. Kesimpulan
Negosiasi bisnis memiliki pengertian, tujuan dan manfaat demi mencapai kesepakatan serta meningkatkan laba perusahaan. Ada aneka defenisi, tujuan dan manfaat namun semuanya memiliki benang merah yang sama yakni kesepakatan dan pencapaian hasil atau laba yang lebih optimal.

Untuk mencapai negosiasi yang optimal membutuhkan proses, sikap, perilaku, keterampilan serta taktik dan teknik para negosiator dalam bernegosiasi. Proses dan tahapan itu menjadi titik penting bagi seorang negosiator sebelum, selama dan akhir negosiasi atau pun lobi. Negosiasi dengan pola “win-win solution’ menjadi brand image bagi negosiasi bisnis.
Kendati pun, negosiasi memiliki tujuan dan manfaat yang mulia namun kadang memiliki hambatan. Untuk itu, perlu kecerdasan para negosiator membekali diri dengan wawasan, pengatahuan serta ketrampilan agar bisa mencari jalan keluar atau solusi dari hambatan-hambatan yang dialami.

3.2 Saran
            Bagi akademisi, dengan tambahan wawasan dan pengatahuan melalui penulisan makalah ini diharapkan sudah siap melaksanakan negosiasi yang menganut pola ‘win-win solution’ agar terhindarlah berbagai konflik atau pertentangan dalam perusahaan.
            Bagi para manajer atau praktisi perusahaan diharapkan semakin terampil dalam melakukan negosiasi yang menguntukan semua pihak tanpa merugikan perusahaannya.

***


 
Daftar Rujukan

Gibson., et al. (2012) dalam  Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Ludlow Ron & Fergus Panton (2000) dalam Irsan Ongneil “Pendahuluan” www.irsanedition.blogspot.com diakses 21 November 2014
Pierre Casse dalam Lukaman (tanpa tahun) “Negosiasi dan Gaya-Gaya Kerja”, www.lukmancoroners.blogspot.com diakses 21 November 2014
Purwanto Djoko. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Sujana Asep. (2004) Retail Negotiator Guidance dalam Irsan Ongneil “Pendahuluan” www.irsanedition.blogspot.com diakses 21 November 2014
Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar