Sabtu, 13 Desember 2014

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 1

Oleh Petrus Juli (Romo) & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Para sahabat dan pembaca, kali ini saya memposting tugas bersama dengan Romo Petrus Juli Pr untuk menyelesaikan tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi Bisnis dibawah tema "Penulisan Laporan dan Proposal Bisnis".



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Penulisan laporan dan proposal bagaikan dua sisi mata uang dalam perusahaan atau lembaga bisnis. Keduanya bisa dibedakan namun tidak dapat dipisahkan. Laporan dan proposal bisnis saling terkait satu sama lain. Saban hari, mau tidak mau, suka tidak suka, perusahaan atau lembaga bisnis senantiasa bergelut dan berhubungan dengan penulisan laporan dan proposal demi meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan apalagi berkeingingan menjadi ‘leader’ dalam pasar yang penuh persaingan. Penulisan laporan dan proposal yang efektif dirasakan semakin urgen bagi perusahaan atau lembaga bisnis Indonesia berhadapan langsung dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Untuk dapat melakukan kegiatan operasi secara efisien, perusahaan perlu berbagai macam jenis laporan (Djoko Purwanto, 2003: 203). Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem  delegation of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan efisien.
Kerja sama diantara atasan bawahan bisa dilakukan, dibina melalui komunikasi baik komunikasi yang berbentuk lisan maupun tulisan (laporan). Agar laporan tersebut bisa efektif mempunyai syarat-syarat yang perlu dipenuhi demi terbentuknya laporan yang baik maka seseorang perlu mengetahui secara baik bagaimana pembuatan format laporan yang sempurna. Sehingga dengan laporan yang terformat bagus akan bisa bermanfaat baik dalam komunikasi maupun dalam mencapai tujuan organisasi.
Dalam suatu organisasi atau perusahaan biasanya diadakan aneka macam program kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, setiap kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang (perusahaan) dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi tujuan yang telah disepakati bersama. Dalam kegiatan itu tentunya ada hal yang harus dilengkapi sebagai prasyarat yang bisa memudahkan dalam menjalankan kegiatan yang akan dilaksanakan. Prasyarat yang dimaksud adalah proposal kegiatan. Proposal dibuat sebagai rencana atau garis besar kegiatan yang akan dijalankan walaupun terkadang masih ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan implementasinya di lapangan.
Proposal sebagai rencana yang sudah tersusun rapi akan sangat memudahkan dalam menjalankan kegiatan yang akan dilakukan. Sebab proposal merupakan sebuah tulisan yang dibuat untuk menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau kelompok) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut secara lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1.2.1        Apakah yang dimaksud dengan pengertian, tujuan dan manfaat serta jenis-jenis laporan dan proposal bisnis?
1.2.2        Bagimanakah persiapan penulisan laporan dan proposal bisnis yang baik?
1.2.3        Bagaimanakah pemanfaatan dukungan visual dalam laporan dan proposal bisnis?
1.2.4        Apakah perbedaan laporan dan proposal bisnis panjang dan pendek dalam sebuah contoh konkret?

1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dapat diangkat tujuan makalah ini sebagai berikut:
1.3.1   Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan ini dharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan dan pemahaman tentang konsep, manfaat, jenis/ragam, persiapan, perogranisasian, pemanfaatan visual serta contoh konkret penulisan laporan dan proposal bisnis serta mampu membuat penulisan laporan dan proposal bisnis yang baik dan benar.
1.3.2  Bagi Praktisi Perusahaan atau Lembaga Bisnis, penulisan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan penulisan laporan dan proposan bisnis yang baik, benar dan produktif.

***







Tidak ada komentar:

Posting Komentar