Selasa, 23 Desember 2014

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 5

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab III
Kesimpulan & Saran Manajerial

2.1 Kesimpulan
Komunikasi bisnis memiliki pengertian yang bermacam-macam. Namun semuanya memiliki benang merah yakni proses informasi yang dilakukan di dalam perusahaan saling bergantung dan menyangkut komunikasi di antara anggota. Oleh karena itu efektivitas komunikasi memainkan peran penting dalam menentukan apakah ada keuntungan atau kerugian pada proses komunikasi. Efektivitas komunikasi berpengaruh pada kinerja perusahaan. 

Komunikasi bisnis itu sendiri memiliki tujuan dan peran yang strategis bagi peningkatan kinerja dan produktivitas organisasi atau perusahaan. Walau pun demikian dalam proses komunikasi selalu saja ada hambatan ssehingga komunikasi menjadi tidak efektif. Untuk itu, manusia sebagai peran utama mesti berusaha mengatasi hambatan menjadi peluang dan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam menciptakan laba dan produktivitasnya.
Berbagai penelitian yang dituangkan dalam teori-teori menunjukkan bahwa komunikasi bisnis yang efektif berpengaruh signikan atau positif terhadap kinerja organisasi. Semakin efektif, komunikasi yang dilakukan maka semakin tinggi tingkat kinerja perusahaan.
  
2.2 Saran Manajerial
            Untuk akademisi Magister Manajemen, tulisan tentang komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi bisa menjadi salah satu tema sentral untuk dijadikan tulisan tesis serta memiliki tambahan pengatahuan, wawasan dan ketrampilan untuk bisa diterapkan di dalam medan bhakti setelah masa perkuliahan di Universitas Negeri Malang.
           
Untuk para praktisi, penulisan komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja perusahaan diharapkan menjadi tambahan referensi agar bisa melaksanakannya secara konsisten agar perusahaan yang dipimpinnya lebih berkualitas, produktif dan memberikan profit yang menguntungkan.

***

Daftar Rujukan

Ahira Anne (tanpa tahun) “Komunikasi Bisnis” www.anneahira.com diakses tanggal 27 November 2014.
Lubis Wardy Fatma (2008) “Peranan Komunikasi dalam Organisasi” didownload tanggal 25 November 2014.
Noermijati. 2013. Kajian tentang Aktualisasi Teori Herzberg, Kepuasan Kerja dan Kinerja Spiritual Manajer Operasional. Malang, UB Press.
Prasakti Ferdiana (2010) “Efektivitas Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Divisi SITAC PT Indosat Tbk. Regio Jawa Tengah & DIY” didownload tanggal 25 November 2015
Purwanto Djoko. (1997). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Rivai Veithzal dan Sagala Jauvani Ella. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.
Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.
Widiastuti Harjanti (tanpa tahun) “Peran Komunikasi Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta: Studi Hubungan antara Peran Komunikasi Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta” diakses tanggal 25 November 2015.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar