Selasa, 23 Desember 2014

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 1

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Malang



Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Komunikasi merupakan instrumen penting bagi manusia dalam berorganisasi untuk kesamaan pemahaman atas informasi yang disampaikan satu sama lain. Komunikasi adalah suatu pentransferan makna kepada orang lain dalam bentuk lambang-lambag, simbol atau bahasa tertentu sehingga orang yang menerima informasi memahami maksud dari informasi dimaksud. 

Komunikasi yang efektif dapat menciptakan kepuasan bagi orang-orang yang melakukannya secara tepat dan benar seperti diungkapkan Dale Carnegie (2000) dalam Aryanti (2002) bahwa kepuasan bisnis, sosial dan pribadi bergantung pada kemampuan seseorang berkomunikasi dengan jelas dan efektif pada orang lain, apa pekerjaannya, apa yang diinginkannya dan apa yang dipercayainya.
Dalam hal ini, komunikasi memiliki arti sangat penting pada segala macam organisasi baik organisasi nirlaba maupun organisasi yang berorientasi bisnis. Tanpa komunikasi, organisasi tidak dapat menjalankan fungsinya. Komunikasi yang efektif di dalam organisasi bisnis merupakan sumber kehidupan sebagai pengendalian, motivasi, pengungkapan emosional dan informasi.
Walaupun demikian untuk menciptakan iklim komunikasi yang efektif di dalam organisasi demi meningkatkan prestasi atau kinerja organisasi tidak selalu mudah. Hal ini karena setiap manusia itu memiliki persepsi dan pandangan yang unik dan tidak selalu satu sama lain.
Oleh karena itu, sejumlah ahli dan peneliti meyakini bahwa komunikasi yang efektif perlu diperjuangkan terus-menerus agar kinerja organisasi dapat dicapai. Efektivitas komunikasi menjadi titik kunci pencapaian kinerja organisasi.
            William (1956) dalam Wardy Lubis (2008) menyatakan,  
komunikasi ibarat sistem yang menghubungkan antar orang, antar bagian dalam organisasi atau sebagai aliran yang mampu membangkitkan kinerja orang-orang yang terlibat di dalam organisasi tersebut. Efektivitas organisasi terletak pada efektivitas komunikasi lantaran komunikasi itu penting untuk menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim informasi dengan penerima informasi pada semua tingkatan/level dalam organisasi. Selain itu komunikasi juga beperan untuk membangun iklim organisasi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efisiensi dan produktivitas organisasi.
 
Merujuk pada pendapat diatas, dapat dikatakan bahwa keberhasilan lembaga bisnis berdasarkan keuntungan yang diperoleh, tujuan produktivitas menentukan tingkat operasional dan tujuan pemeliharaan menentukan tingkat produktivitas melalui komunikasi bisnis yang efektif. Setiap orang selalu menginginkan dapat melakukan komunikasi dengan baik dan efektif tidak terkecuali dengan komunikasi yang dilakukan saat berbisnis.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.2.1        Apakah yang dimaksud dengan pengertian komunikasi bisnis dan kinerja organisasi?
1.2.2        Apakah yang dimaksud dengan tujuan komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi?
1.2.3        Apa saja peran komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi?
1.2.4        Apa faktor penghambat dan bagaimana cara mengatasi agar komunikasi bisnis yang efektif dapat meningkatkan kinerja organisasi?



1.3    Tujuan penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dapat dilihat tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.3.11.3.1 Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan, wawasan dan ketrampilan tentang komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi.
1.3.2  Bagi praktisi perusahaan atau bisnis, penulisan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil keputusan atau kebijakan organisasi untuk menjalankan komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasinya.

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar