Selasa, 19 Mei 2015

Manajemen Stratejik Internasional 4

Oleh Dwi Putra Syakur Rahardjo & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang


3.1  Kesimpulan
Konsep strategi sangat bervariasi. Namun semuanya mengarah pada bagaimana menggunakan strategi oleh perusahaan atau organisasi untuk meraih keuntungan.  Term atau peristilahan strategi berasal dari kata bahasa Yunani “stratego’s yang artinya jendral. Stratego’s merupakan perpaduan dua kata yaitu “strato’s” = tentara dan “igo” = melakukan atau bertindak. Peristilahan dimaksud secara hurufiah dapat dikatakan sebagai ‘seni berperang para jendral yang memimpin suatu peperangan’. Bisnis merupakan medan pertempuran. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa strategi adalah pola-pola terperinci menyangkut komitmen dan tindakan yang dirancang untuk menggali kompetensi inti serta untuk mendapatkan keunggulan bersaing.

                
Alasan mengapa perusahaan (organisasi) menggunakan manajemen strategik menurut Ali Rokhman, 2008 adalah (1) alokasi sumber daya yang selalu terbatas dibandingkan dengan tujugan yang hendak dicapai, (2) memadukan nilai dan tujuan bahkan ambisi masing-masing individu sehingga selaras dengan tujuan dan nilai organisasi, (3) identifikasi risiko yang mungkin terjadi, tingkat pertumbuhan yang masuk akal dan kondisi persaingan, (4) penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang perusahaan (organisasi) dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan dimaksud, (5) upaya untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan (organisasi) dibandingkan dengan peluang dan tantangan dalam lingkungan yang dihadapi, (6) penciptaan hubungan yang baik antara seluruh tingkatan dan kelompok manajemen dalam organisasi (perusahaan).

               Manfaat manajemen strategik dalam perusahaan (organisasi) secara transparan diungkapkan oleh Sipriyono, 1993 dalam Ali Rokhman, 2008 adalah (1) strategi merupakan cara untuk mengantisipasi masalah dan kesempatan masa depan yang berubah dengan cepat, (2) membekali pegawai tentang tujuan dan arah masa depan organisasi, (3) memudahkan tugas eksekutif organisasi (perusahaan), (4) kacamata untuk memantau apa yang terjadi dalam perusahaan atau organisasi dan (5) berdasarkan hasil penelitian; perusahaan atau organisasi yang menyusun strategi menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan atau meraih hasilnya.

               Menyongsong MEA 2015 dan era globalisasi perlu melakukan stategi-strategi persaingan global dengan lini yang luas, fokus global, fokus nasional dan ceruk yang terlindung sementara menurut Hitt, at el., 1997 dalam Rina Surjani, 2003 menemukan strategi analisis lngkungan eksternal, analisis lingkungan internal, strategi tingkat bisnis, tingkat perusahaan, akuisisi dan restrukturisasi, internasional dan kepemimpinan strategis.

Manajemen Stretegis merupakan proses dengan sejumlah tahapan salain berkaitan dan berurutan. Tahapan atau proses manajemen strategis menurut Pearce dan Robinson (2003), et al., dalam Roup Purohim, 2012 dengan tahapan analisis situasi, formulasi strategi, implementasi dan evaluasi kinerja. Analisis situasi atau lingkungan merupakan pendeteksian dan evaluasi organisasi (perusahaan) pada lingkungan eksternal dan internal. Formulasi strategi adalah desain dan pilihan strategi yang sesuai pada setiap level bisnis sedangkan implementasi strategi merupakan proses melaksanakan strategi yang telah diformulasikan dan evaluasi strategi merupakan proses evaluasi implementasi srtategi dan sejauh mana mempengaruhi kinerja untuk meraih keuntungan atau pencapaian tujuan. 

               Tantangan manajemen strategis seperti: kompetensi dan kemampuan SDM dalam merumuskan strategik yang  tidak memadai dan terburu-buru, ada 44,367 perusahaan bangkrut dan masih banyak perusahaan AS yang bermasalah, sukses merupakan kinerja yang sementara dan tidak permanen (contoh, IBM dinobatkan sebagai perusahaan terbaik versi Fortune tahun 1986, pada tahun 1995 anjlok ke urutan yang ke-281), perekonomian global sedang berubah dengan cepat dan dinamis (orang, barang, jasa dan ide bergerak bebas melampaui batas-batas geografis, peluang baru muncul di pasar global, pasar dan industri semakin go international) dan sumber-sumber tradisional keunggulan bersaing tidak lagi menjamin sukses (kunci sukses baru adalah fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan integrasi).

               Cara mengatasi yang ditawarkan adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi perusahaan (organisasi) dalam mencegah masalah; melakukan analisis strategik yang lebih detail dan kapabel agar bisa mengambil alternatif terbaik; melibatkannya karyawan dalam formulasi strategi yang dapat meningkatkan motivasi dalam meraih tujuan serta menghindari berbagai penolakan terhadap perubahan yang terjadi. 

               Pembahasan manajemen strategis internasional akan tergambar secara jelas dalam studi kasus perusahaan “MCDONALD’S”.

3. 2   Saran
Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan dan pemahaman tentang manajemen strategis internasional agar apabila setelah masa studi dapat melakukan analisis manajemen strategis perusahaannya dalam memasuki pasar internasional atau pun dapat menjadi landasan penelitian lanjutan tentang manajemen strategis internasional.

Bagi praktisi Perusahaan atau Bisnis, penulisan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil keputusan atau kebijakan tetntang analisis manajemen strategis bagi perusahaannya dalam memasuki pasar internasional yang penuh kompetisi.

***
Diposting Malang, 19 Mei 2015









DAFTAR RUJUKAN

David Fred. 2007. Strategic Management: Concepts & Cases. 11th Edition, Prentice Hall.
Mehta Rajiv, at el., 2006. Strategic allinance in international distribution channels. Journal of Business Reasearch 59 (2006) 1094-1104.
Purohim Roup. 2012. Manajemen Stratejik. Bogor, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.
Rokhman Ali. 2008. Pengantar Manajemen Strategik.
Surjani Rina P.  2002. Manajemen Strategi Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Unitas, September 2002 – Februari 2003, Vol 11 no. 1
Wina Sanjaya.2008 dalam Dedek. 2014.  Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran. http://disdik.riau.go.id/berita-pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran.html diakses tanggal 19 Maret 2015.
Yuwie, 2013. Ilmu Berperang Sun Tzu www.jurussun-tzu.blogspot.com/2013/06/seni-berperang_9.html diakses tanggal 20 Maret 2015.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar