Jumat, 22 Mei 2015

Komunikasi Pemasaran & Periklanan Internasional Terintegrasi 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang



4      Periklanan Internasional
Sejak pergantian abad. Pertumbuhan pengeluaran untuk perikalanan global menurun seiring perekonomian global. Perkiraan terdekat atas pengeluaran total tahun 2005 adalah sebesar $400 miliar. Tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4 persen diprediksikan untuk tahun 2006 namun hal tersebut tentu saj bergantung pada kebangkitan pertumbuhan perekonomian global secara umum.
Pada masa lambatnya pertumbuhan lingkungan perekonomian global, industri periklanan terus melakukan restrukturisasi substansial yang tidak menyenangkan. Periklanan melalui media massa global merupakan alat utama untuk perubahan budaya yang menerima pengawasan dari berbagai institusi yang berbeda. Bahkan sebagian besar ilmuwan setuju bahwa mayoritas kita hanya baru mulai memahami beberapa permasalahan utama periklanan internasional.

Dari semua elemen bauran pemasaran, keputusan mengenai periklanan adalah yang paling sering dipengaruhi perbedaan budaya di anatara Negara pasar. Konsumen merespons sesuai budaya, gaya hidup, perasaan, sistem nilai, sikap, kepercayaan dan persepsi. Oleh karena fungsi iklan adalah menginterpretasikan atau menerjemahkan kualitas suatu produk dan jasa dalam bentuk kebutuhan, keinginan, hasrat dan aspirasi, ketertarikan emosi, simbol-simbol, pendekatan persuasive serta karateristik konsumen yang lain maka iklan haruslah sesuai dengan norma budaya agar efekif.
Rekonsiliasi antara kampanye periklanan internasional dengan keunikan pasar merupakan tantangan yang dihadapi pemasar internasional. Kerangka dan konsep dasar periklanan internasional pada dasarnya sama di mana pun diterapkan. Ada tujuh tahap yang harus diterapkan: 1) Lakukan riset pemasaran; 2) Spesifikasikan tujuan-tujuan komunikasi; 3) Kembangkan pesan yang paling efektif untuk segmen pasar yang dituju; 4) Pilih media yang efektif; 5) Buat dan tentukan anggaran; 6) Lakukanlah kampanye; 7) Evaluasi kampanye relatif terhadap tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Dari ketujuh tahap tersebut, mengembangkan pesan hampir selalu menjadi tugas yang paling mencemaskan bagi manajer pemasaran internasional sehingga topik tersebut akan yang akan dibahas mendalam pada pembahasan-pembahasan berikutnya.
Kini ditampilkan juga salah satu tabel 100 pengiklan global terbesar berdasarkan kategori (dalam jutaan dolar) berikut ini:

5      Strategi dan Tujuan Perusahaan
Tujuan periklanan di seluruh dunia secara substansi sangat bervariasi. Misalnya, par produsen Cina menciptakan merek baru sebagai merode ekspansi ekonomi. Unileve memperkenalkan sebuah perluasan lini produk baru, sampo Dove di pasar Asia Timur dan perusahaan penerbangan Rusia, Aeroflot mencari cara baru untuk meningkatkan citra kualitasnya. Semua permaslahan pemasaran tersebut membutuhkan riset pemasaran yang hati-hati serta kampanye iklan kreatif di pasar tingkat Negara, regional dan global.
Kompetisi yang ketat di pasar dunia dan meningkatnya pengatahuan konsumen luar negeri telah mendorong munculnya kebutuhan atas strategi periklanan yang lebih canggih. Peningkatan biaya, permasalahan dalam mengoordinasikan program periklanan di berbagai Negara dan hasrat atas perusahaan serta citra produk yang lebih luas menyebabkan perusahaan multinasional mencari kendali dan efisiensi yang lebih baik tanpa mengorbankan respons pasar lokal.
Dalam perjalanan mencari program promosi yang lebih efektif dan responsive diakukan pengujian atas kebijakan-kebijakan yang mencakup otoritas sentralisasi atau desentralisasi, penggunaan agen satu atau beberapa agen asing atau domestik, kelayakan dan alokasi prosedur, salinan, media dan riset.
Semakin banyak perusahaan multinasional yang berupaya untuk mengelola keseimbangan antara standarisasi tema iklan dan kustomisasi, pembuatan produk sesuai pesanan.
            Salah satu contoh kasus adalah Gillette Company yang telah menjual 800 produk di lebih dari 200 negara. Gillette memiliki citra yang konsisten di seluruh dunia sebagai perusahaan maskulin dan berorientasi olahraga namun produk-produknya tidak memiliki citra yang sama. Alat cukur, pisaunya, produk perlengkapan mandi dan kosmetik keluaran Gillette yang dikenal dengan berbagai nama. Apa yang menyebabkan Gillette memilih nama-nama itu masih menjadi perbincangan. Filosofi perusahaan Gillette terhadap globalisasi saat merupakan pernyataan yang mencakup semuanya “Gillette, Yang Terbaik bagi Pria”, tampil di semua iklan untuk produk perlengkapan mandi pria dengan harapan dapat memberikan citra umum Gillette.
            Pada banyak kasus, produk terstandarisasi mungkin dapat dipasarkan secara global. Namun karena perbedaan budaya, produk-produk tersebut membutuhkan bentuk iklan yang menarik di setiap pasar yang berbeda. Akhirnya, banyak perusahaan menggunakan strategi segmen-segmen pasar yang tidak memedulikan batasan Negara misalnya dengan menargetkan pembeli dari kalangan usahawan atau konsumen berpendapatan tinggi di seluruh dunia.
            Perusahaan lain menawarkan segmen pasar global yang lebih baru yang ditentukan oleh budaya konsumen yang dihubungkan dengan serangkaian simbol terkait dengan tingkat konsumsi bersama, misalnya kenyamanan, pemuda, Amerika, internasionalisme, kemanusiaan.

5.1         Atribut Produk dan Segmentasi Keuntungan
Sebuah penawaran pasar sebenarnya merupakan sekumpulan kepuasan yang diterima pembeli. Sepaket kepuasan, keguanaan termasuk fungsi utama produk atau jasa serta keuntungan lainnya disebabkan nilai dan adat-istiadat. Masyarakat yang memiliki budaya berbeda sering kali justru mencari nilai tambah atau keuntungan fungsi utama produk misalnya, kemampuan sebuah mobil untuk bergerak dari titik A ke titik B, sebuah kamera untuk mengambil kamera atau jam tangan yang dapat menunjukkan waktu. Namun walaupun biasanya setuju atas keuntungan fungsi sebuah produk, fitur dan atribut psikologis lainnya dari sebuah produk mungkin saja memiliki perbedaan yang signifikan.
Di AS, gambar yang bagus dengan cara mengoperasikan yang mudah menjadi kamera yang banyak dikehendaki konsumen. Lain lagi dengan pasar di Jerman dan Jepang, selera konsumen menghendaki kamera yang dapat mengambil gambar bagus dan juga bernilai seni.
Yogurt merek Dannon mempromosikan dirinya sebagai merek yang mengerti hubungan antara kesehatan dan makanan namun merek tersebut mengomunikasikan pesannya secara berbeda bergantung pada pasar. Amerika Serikat menganggap Yogurt Dannon sebagai makanan berserat sehat sehingga merek ini bangga atas sisi baiknya. Namun di Perancis, Dannon dianggap terlalu berorientasi pada kesenangan. Oleh karena itu, Dannon menciptakan Institute of Health, sebuah pusat penelitian yang riil didedikasikan untuk meneliti makanan dan pendidikan. Hasil akhirnya adalah pesan yang sama namun dikomunikasikan berbeda --- keseimbangan antara kesehatan dan kesenangan.
Di Jepang, almond bermerek Blue Diamond tidak dikenal sampai Blue Diamond meluncurkan kampanye produk eksotik turunan almond yang sesuai dengan selera lokal. Makanan seperti tahu almond, sup miso almond dan clamond --- makanan kecil bergizi terbuat dari campuran ikan sarden kering kecil-kecil dan potongan almond ditampilkan di iklan majalah dan dalam demonstrasi masak. Iklan pada televise dikemas dengan pesan pendidikan tentang bagaiamana menggunakan almond dalam masakan sebagai kudapan dibumbui mistik ala California dan keuntungan almond bagi kesehatan. Hasilnya, saat ini Jepang importer almond terbesar.
Di Korea, penekanan pada almond dan dunia Barat. Iklan yang menampilkan nyiur melambai, pemandangan pantai dan seorang pemain gitar yang mendendangkan lagu “Blue Diamond” dengan nada “Blue Hawaii”. Iklan tersebut digunakan di 94 negara tempat Blue Diamond menjual almondnya. Blue Diamond berasumsi bahwa tidak ada dua pasar yang akan bereaksi sama, bahwa setiap pasar memiliki perbedaaannya masing-masing mungkin secara cultural, keagamaan, etnik, makanan dan lainnya dan bahwa setiap pasar membutuhkan pendekatan pemasaran yang berbeda, strategi yang berbeda. Kecerdikan untuk mengadaptasi iklan produk bagi setiap pasar sulit dibantah karena dua per tiga penjualan total Blue Diamond berasal dari luar Amerika Serikat.

5.2         Segementasi Regional
Munculnya media komunikasi untuk keseluruhan Eropa sangat menggoda banyak perusahaan untuk mendorong upaya-upaya promosi yang lebih terstandarisasi. Ketika ruang lingkup media yang melintasi Eropa meluas maka pasar akan semakin mudah dimasuki berbagai pesan dan merek untuk produk yang sama. Untuk menghindari kebingungan yang timbul karena hal tersebut dan demi efisiensi, perusahaan akan berupaya menyelaraskan merek, iklan dan promosinya sepanjang Eropa.
Mars, perusahaan permen, biasanya menggunakan beberapa merek untuk produk yang sama namun kemudian menyadari bahwa mereka perlu memilih satu merek saja agar terbentuk keseragaman dalam kampanye iklannya yang terstandarisasi. Hasilnya sebuah permen batangan yang dijual di sebagian Eropa dengan merek Raider berubah menjadi Twix, merek yang digunakan di Amerika Serikat dan Inggris.
IBM secara bertahap menciptakan strategi promosi untuk keseluruhan Eropa dengan tidak lagi melakukan kampanye beragam yang disesuaikan dengan setiap Negara di Eropa.iklan televise dan media ceta untuk produk PC-nya dibuat dengan kesan yang identik dengan teks yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal. Untuk memastikan keseragaman materi promosinya, IBM mengembangkan buku panduan yang menyediakan instruksi dengan tahapan yang sama di semua Negara. Alasan keseragaman paket promosi ke seluruh Negara Eropa untuk menghemat biaya.
Sejalan dengan perubahan pola perilaku, larangan hukum perlahan-lahan dihapuskan dan segmen pasar yang menjanjikan pun bermunculan di berbagai pasar Negara. Walaupun Eropa tidak mungkin menjadi satu pasar tunggal yang homogen untuk setiap produk namun bukan berarti perusahaan harus mengabaikan gagasan untuk mengembangkan program promosi untuk keseluruhan Eropa. Sebuah strategi promosi untuk keseluruhan Eropa berarti mengidentifikasi sebuah segmen pasar di berbagai Eropa dan merancang sebuah konsep promosi yang menarik bagi segmen pasar yang memiliki kemiripan. IBM dan permen Mars merupakan contoh yang tepat untuk strategi ini. 

***
Diposting Malang, 22 Mei 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar