Jumat, 22 Agustus 2014

Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Nomor 3 yang Berakreditasi A

Oleh Kosmas Lawa Bagho

"Anda tidak keliru atau salah pilih memasuki Universitas Negeri Malang (UM) sebagai tempat pendalaman keilmuan yang berkualitas dan berkarakter. UM adalah kampus tertua dan masih menarik bagi calon keilmuan baik S1, S2 dan S3 lantaran membangun budaya pembelajaran/tradisi atau kultur untuk membentuk para alumninya sebagai pribadi yang berkualitas, berilmu, bijak dan piawai demi meningkatkan kesejahteraan diri dan masyarakat luas. Universitas adalah universitas negeri nomor 3 yang berakreditasi A dengan nilai 372 sesudah UGM (378) dan IPB (373). Dari 82 universitas negeri seluruh Indonesia hanya 12 yang berakreditasi A dan salah satunya UM", ujar Prof. Dr. Suparno, Rektor UM dihadapan 994 mahasiswa calon magister dan calon doktor di aula Graha Cakrawala Malang yang disambut tepuk tangan meriah para peserta.



Lebih lanjut sang rektor menggugah perasaan peserta dengan pernyataan bahwa anda kalian haruslah bersyukur bahwa memang sejak lahir anda kalian diperkenankan hadir dan kuliah di kampus ini. Anda kalian datang dengan berbagai niat namun ujungnya adalah ingin meningkatkan kualitas dan daya tawar diri yang berbasiskan interaksi yang harmonis sebagai kunci sukses pembelajaran di sini. Untuk itu, saya undang anda kalian berdiri dan saya nyatakan secara resmi anda semua sah dan diterima sebagai mahasiswa pascasarjana sejak hari ini. Tepuk tangan membahana, ada sujud syukur dan ada rasa haru sebab yang hadir di sini adalah orang-orang yang lulus seleksi.

Prof. Dr. Suparno melanjutkan bahwa salah satu universitas yang dapat dipercaya disebabkan oleh para alumninya. Ada banyak pejabat di kementrian RI sebagian adalah alumni UM. Beliau juga menyebutkan antara lain Prof. Agus Soebekti sebagai Direktur Research dan Development Masyarakat Kementrian P & K, Hamid Muhammad, Direktur Ilmu Pendidikan, Prof. Ibrahim Fattah, Direktur Pembina Sekolah Dasar pada Kementrian yang sama serta Mario Teguh yang setiap minggu malam tampil di RTCI adalah juga alumni UM. Oleh karena itu, pantaslah anda mengembangkan diri agar kampus ini semakin kredibel apabila anda berhasil mengembangkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslatan publik setelah tamat nanti.

Sementara itu, Prof. Hajah Utami, Wakil Direktur I Bidang Akademik Pascasarjana sebagai ketua panitia penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana menjelaskan bahwa tahun akademik 2014/2015 yang melamar dan ikut test sebanyak 1.436 dengan tiga gelombang test serta yang dinyatakan lulus adalah 994 orang dengan perincian 854 S2 dan 154 S3.

"Anda yang lulus memiliki niat untuk meningkatkan daya tawar yang tinggi berbasis cinta agar menjadi pribadi yang profesional juga berkarakter. Untuk itu, UM bertekad memenuhi harapan dan kebutuhan mahasiswa/i yang telah memilih untuk memperdalam ilmu pengatahuan, skill dan attitude di sini. Saya mengharapkan anda yang sudah lulus hendaknya "study hard and pray hard' not play hard. Pray hard dengan play hard bedanya sangat tipis" ucapnya disambut tawa lepas para peserta.

Pernyataan Prof. Utami didukung pernyataan Prof. I. Nyoman Sadana, Direktur Pascasarjana UM. Beliau mengatakan bahwa siapapun yang masuk di sini adalah orang-orang yang luar biasa sebab telah melewati berbagai test yang ketat. Hari ini anda akan diterima oleh Rektor UM sebagai mahasiswa/i sah dan kehadiran hendaknya menggerakan seluruh kehidupan keilmuan dan karakter kampus ini. Berinteraksilah dengan yang lain tentu dengan bahasa cinta. Selalu menggunakan kata,"SILAHKAN" dan hindari satu kata buruk, "JANGAN".

Apabila anda ingin mendapatkan tanda tangan, jangan mengatakan pak saya minta tanda tangan tetapi ada baiknya bahasa seperti ini,"Jika bapak berkenan, saya merindukan tanda tangan bapak!. Apabila berhadapan dengan teman hendaknya menggungkan kata,"Bagaimana pendapat Anda!" dan apabila kita melakukan kekeliruan sampaikan "Saya mengakui telah melakukan kesalahan". Itulah bahasa cinta, bahasa universal yang sangat mendalam dan berkarakter. Beliau juga secara berseloroh, banyak bapak/ibu dosen juga menemukan cinta mereka di sini namun hal ini direkomendasikan bagi mahasiswa/i yang belum menikah, katanya lucu disambut sekali gelak tawa membahana ruangan.

Inilah kilasan cerita acara penerimaan mahasiswa/i baru program pascasarjana Universitas Negeri Malang pada tanggal 18 Agustus 2014.

Ditulis ulang tanggal 22 Agustus 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar