Sabtu, 09 Agustus 2014

Hari Ulang Tahun ke-47, 19 Juli 2014

 Oleh Kosmas Lawa Bagho

Hari ulang tahun sebagian besar orang merupakan hal yang spesial dan pantas dirayakan meski dalam nuansa yang sederhana. Bagi keluarga-keluarga tertentu merayakan ulang tahun merupakan ucapan syukur atas berkat Tuhan yang telah diberikan satu tahun lagi mengalami suka duka kehidupan di planet bumi ini.


Saya dan keluarga biasanya tidak merayakan secara berkelebihan. Kadang hanya ucapan selamat ulang tahun dari sang isteri tercinta dan anak-sanak terdekat serta apabila diingatkan oleh rekan-rekan kerja, dirayakan dengan jabat tangan sambil mengucapkan selamat ulang tahun.



Tahun ini, saya merayakannya di suatu daerah kota yang ramai namun sepi. Tidak ada orang yang tahu selain diri saya sendiri dan teman-teman dalam facebook. Pukul 23.00 menjelang pagi tanggal 19 Juli 2014, datang pertama kali ucapan selamat ulang tahun dari sang isteri yang jauh di sana. Pukul 24.00, mulai berdatangan ucapan selamat ulang tahun dari para sahabat facebook meski jumlah belum banyak lantaran masih terlelap dalam tidur nyaman mereka. Untuk semua itu, saya hanya ucapkan terima kasih dan semoga Tuhan membalas budi baik kalian.


Ulang tahun sendirian memang cukup unik dan menggugah rasa. Apalagi diingatkan dalam perjuangan yang masih butuh pengorbanan demi sebuah cita-cita. Cita-cita itu sungguh luhur dan mulia bukan hanya diri ini sendiri tetapi untuk ribuan orang yang telah menghantar saya di kota ini. Namun hati ini terasa semakin menyesakkan lantaran hal itu belum saya temui secara sukses.


Memang masih ada perjuangan tak kenal lelah. Namun sebagai manusia, perasaan lelah, kalah dan gagal terus menghinggapi diri ini. Akan tetapi ada satu semangat tak boleh menyerah. Masih ada hari esok yang lebih baik. Teruslah berjuang dan berkarya meski terus diterpa badai ‘belum beruntung’. Siapa tahu, esok ada keajaiban, ada keberhasilan dan ada kemenangan.


Hari Ulang Tahun, tahun ini kian menggugah rasa dan kepekaan untuk berbuat yang lebih baik hanya sekedar membalas semua kebaikan dan kepercayaan yang telah dialami hingga detik ini. Di saat menulis goresan hati yang tidak sempurna dan tak lengkap ini, aku hanya mengungkapkan syukur dan berrefleksi. Hari Ulang Tahun hanya mengingatkan ribuan kaki menjejak untuk sebuah kehidupan yang lebih bermartabat.


Kepada kalian semua, saya mohon maaf. Kasih, perhatian dan cintamu sungguh luar biasa yang belum saya bayar. Terima kasih untuk semua kebaikan yang telah kita rajut bersama. Masih banyak pr yang harus kita kerjakan bersama. Tuhan memberkati!


Malang, 19 Juli 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar