Minggu, 23 Februari 2014

Komitmen Perubahan dan Kopdit Serviam


Oleh Kosmas Lawa Bagho

Koperasi Kredit Serviam Ende dibentuk pada tanggal 09 Januari 1993. Diinisiasi oleh sekelompok anak muda di lingkungan Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula Ende. Anggota awal 27 orang dengan aset atau kekayaan Rp607,000. Kegiatan pembentukan sendiri berangkat dari keprihatinan akibat gempa bumi mengguncang Flores termasuk Ende pada tanggal 12 Desember 1992. 



Bencana gempa bumi meluluhlantakkan semuanya. Di tengah reruntuhan mereka membentuk Koperasi Kredit Serviam sebagai wadah bersama mengatasi frustrasi sosial akibat gempa dan solidaritas untuk membangun kekuatan bersama secara sosial, budaya, politik terutama ekonomi.

Perjalanannya sejak pembentukan cukup menggeliat walau belum bertumbuh secara matang dan besar. Apalagi koperasi kredit ini hanya berpusat pada lingkungan internal yayasan yakni para guru, dosen, pegawai dan karyawan yang mengabdi pada STPM, SMP dan SD Santa Ursula.

Pergulatan terus dilanjutkan. Perjalanannya tidak selalu mulus. Namun ia terus berkomitmen untuk mengembangkan diri secara lebih profesioanal dan terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Karya-karya mereka dengan kepemimpinan masing-masing seakan memberi angin segar bagi sebagian penghuni lembaga pendidikan dibawah asuhan Yayasan Nusa Taruni Bhakti.

Perubahan-perubahan tersebut makin menyata mulai tahun 2001 dengan diikutkan dalam program kopdit model mandiri asuhan Puskopdit Flores Mandiri. Terus bergerak seiring perputaran arus jarum jam. Tibalah pada awal tahun 2005. Ganti puncak kepemimpinan ketua pengurus. Periode sebelumnya dikomandani oleh Andreas Ngea dan beralih kepada Kosmas Lawa Bagho, penulis blog ini.


Tidak melakukan perubahan besar. Akan tetapi bersama seluruh komponen termasuk Andreas Ngea sebagai ketua pengawas, Kosmas melakukan sedikit perubahan. Ada keputusan sumbangan atau kontribusi dari anggota untuk biaya pembelian tanah sebagai persiapan pembangunan kantor sendiri sebab selama jedah waktu sebelumnya menyewa satu kamar 2 x 3 m2 milik yayasan. 

Anggota makin bertambah, ruangan pelayanan sebesar itu dirasakan semakin sempit. Minta ruangan yang lebih lebar pada yayasan, pihak yayasan tidak bisa menyanggupi dan memotivasi pengurus untuk mengadakannya sendiri.

RAT mengambil sikap untuk mencari tanah lokasi pembangunan kantor. Fungsionaris Rp200,000 dan anggota Rp100,000. Bisa cicil pembayarannya. Gayung bersambut, selesai ditetapkan keputusan RAT dimaksud, Bapak Moses Mogo menjula rumah dan tanah. Rp400,000,000 harganya.

Ketua berinisitif untuk menangkap peluang emas dimaksud sebab lokasi di Jalan Eltari sungguh strategis dan di depan jalan utama kota Ende. Berapapun harganya mau dibeli untuk pengembangan Kopdit Serviam ke depan. Ada tantangan. Rapat pengurus setuju, rapat gabungan pengurus juga setuju meski ada suara-suara yang tidak menyetujuinya. Buat RAT Khusus pembahasan tentang itu. Ada perdebatan panjang. Sang ketua pengurus tetap pada komitmen. Syukur kepada Tuhan, semuanya bisa berakhir dengan mulus.

Periode 2005-2007 berlanjut ke periode 2008-2010 dan periode 2011-2013. Ada berbagai terobosan sehingga membuat Kopdit Serviam berkembang seriing dengan koperasi kredit lain di kota Ende, Ngada dan Nagekeo. Anggota kini 2.715 dengan aset Rp16,2 miliar. Dari sisi jumlah anggota rangking 2 di Kabupaten Ende dan rangking 9 untuk tiga kabupaten yakni Ende, Ngada dan Nagekeo. Belum apa-apa memang. Namun cukup lumayan apabila ditelusuri dari pertumbuhdan dan perkembangannya. 

Saat ini sudah ada 1 cabang dan 1 pos pelayanan. Satu cabang (TP) di Kecamatan Detusoko Ende dan satu lagi pos pelayanan yang mau ditingkatkan menjadi cabang (Tempat Pelanan) di Aeramo-Aesesa Kabupaten Nagekeo.

Mungkin itu yang dilihat oleh anggota sehingga dipercayakan lagi sebagai ketua pengurus untuk periode 2014-2016 pada saat RAT Tahun Buku 2013 pada tanggal 23 Februari 2014 di Aula BBK Ende.

Terima kasih, semoga kami tetap komit dan teguh pada perubahan agar Koperasi Kredit Serviam bisa 'Berdiri sama tinggi, berlari sama cepat" dengan gerakan koperasi kredit lainnya.

Kepengurusan Lengkap Hasil Pemilihan:
Pengurus :
Ketua       : Kosmas Lawa Bagho
Wakil       : Andreas Ngea
Sekretaris: Beato Yosef Freidametz Pati
Bendahara: Paskasli X. Hurint
Anggota   : Lukas Lawa

Pengawas :
Ketua        : Maria Magdalena Bhiju Boro
Sekretaris  : Petrus Lako
Anggota    : Hendrikus Tewa

Personalia baru ini hendaknya membuat Kopdit Serviam Ende makin mantap ke depan dengan banyak melakukan baru mewartakan hehehehe ...........

Ende, 24 Februari 2014

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar