Minggu, 13 April 2014

Puskopdit Flores Mandiri Melaksanakan Pembukaan RAT tanggal 30 April 2014


Oleh Kosmas Lawa Bagho

Segala persiapan sudah mencapai hasil optimal. Undangan VIP yakni para bupati tiga kabupaten wilayah pengembangan koperasi kredit dibawah payung Puskopdit Flores Mandiri (Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo) sudah didekati dan disebarkan.  Semuanya berkomitmen untuk hadir pada perhelatan tahunan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskopdit Flores Mandiri tahun buku 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2014 dan 01 Mei 2014.


Tanggal 30 April 2014 merupakan acara pembukaan. Tentu banyak pihak bertanya, mengapa tahun ini, Puskopdit Flores Mandiri melaksanakan RAT-nya pada akhir April dan awal Mei 2014. Yang sesungguhnya, Puskopdit Flores Mandiri dalam budayanya selama ini melaksanakan RAT awal Januari atau sampai terlambat sekali pada awal Februari tahun buku berikutnya. Biasanya RAT dilaksanakan sebelum RAT koperasi kredit primer dengan segala pertimbangannya.

Tahun ini dirasakan agak terlambat apabila dilihat dari budaya atau kebiasaan yang dilakukan selama ini. Tahun ini pelaksanaan RAT langsung dengan acara peresmian (grand opening) Hotel Flores Mandiri yang terletak di Jalan Melati, tempat kantor pelayanan sekaligus peresmian patung sang fundator gerakan ini di Ende, Ngada dan Nagekeo (dahulu seluruh Flores), Pastor Ir. B.J. Baack, SVD.

Patung tersebut diletakkan pas di depan aula utama Hotel Flores Mandiri untuk mengenang jasa-jasa beliau sekaligus mewarisi segala kiprah positif beliau untuk mengangkat harkat dan martabat Masyarakat Flores melalui lembaga koperasi kredit (credit union). 

Atas berbagai pertimbangan tersebut maka pelaksanaan RAT dilakukan setelah primer melakukan rapat anggota tahunan mereka. 

Acara pembukaan itu sendiri diawali dengan misa syukur dengan tema, "SYUKUR BAGIMU, YA TUHAN"  yang akan menjadi konselebran utama adalah pater provinsial SVD Ende yakni Pastor Dr. Leo Kleden, SVD dengan bacaan pertama Yehezkiel 47:1-9 dan Injil Yohanes 20: 19-23.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan koor Santa Sisilia Paupire Ende. Dalam acara yang terkesan mewah itu akan diberikan cincin dan kalung penghargaan kepada para manajer primer yang dianggap telah memberikan kontribusi positif terhadap Puskopdit Flores Mandiri, staf Puskopdit Flores Mandiri yang telah mengabdi lebih dari 15 tahun serta para pengurus dan pengawas Puskopdit Flores Mandiri yang telah menghabiskan masa pengabdiannya dalam periodisasi serta plakat penghargaan kepada designer (pengawas) serta para tukang yang bekerja keras merampungkan semua bangunan di Puskopdit Flores Mandiri.

Kita berharap acara yang telah didesain secara baik itu dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi harapan semua orang yang terlibat di dalamnya dan terutama untuk gerakan koperasi kredit pada umumnya. 

Selamat merayakannya

Ende, 14 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar