Sabtu, 18 April 2015

Praktik Ekspor Impor 4

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang



3.1 Kesimpulan
Konsep ekspor impor sangat bervariasi dan tidak pernah tuntas apalagi seragam. Hal tersebut sangat bergantung pada kedalaman dan kompetensi para ahli yang mendefenisikannya sesuai latar belakang pengatahuan dan ketrampilan yang dimiliki. Ada yang mendefenisikan ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang dari pabean Indonesia ke daerah pabean Negara lain. Impor didefenisikan sebagai kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean Indonesia sementara ekspor dan impor merupakan kegiatan perdagangan atau jual-beli baik itu barang maupun jasa yang dilakukan oleh suatu Negara terhadap Negara lain melalui prosedur dan persyaratan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (Tatik Farida, 2010).

Selain konsep ekspor dan impor juga telah dibahas tentang faktor yang mempengaruhi ekspor impor, manfaat ekspor impor, strategi ekspor impor bagi pertumbuhan ekonomi, hambatan ekspor impor dan cara mengatasi ekspor impor. Ekspor impor dibahas dan diulas agar Negara Indonesia mampu melakukan ekspor impor yang membawa kemandirian serta kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Ekspor impor menandakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang dinamis dalam mengembangkan kedaulatan dalam bidang politik, kemandirian dalam bidang ekonomi dan merdeka dalam bidang budaya.

3.2 Saran
Bagi akademisi, dengan tambahan wawasan dan pengatahuan melalui penulisan makalah ini diharapkan mampu memberikan masukan konseptual yang lebih berkualitas bagi pengembangan ekspor dan impor yang mendatangkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ulasan ini juga bisa menjadi penerang awal untuk melakukan penelitian lebih mendalam tentang praktik ekspor impor sebagai kontribusi bagi bangsa dan Negara serta terutama bagi pengembangan intelektual kampus.
            Bagi para manajer atau praktisi perusahaan diharapkan semakin terampil dalam melakukan ekspansi perusahaannya ke tengah persaingan pasar global dengan penerapan manajemen ekspor impor yang lebih mumpuni.

 ***
Daftar Rujukan

Ball A Donal, et al., 2014. Bisnis Internasional terj. Ika Akbarwati. Jakata, Selemba Empat.
Farida Titik. 2010. “Overview – Kegiatan Ekspor Impor”. Jakarta, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI).
Novianingsih Ayu Dini. 2011. “Analisis Hubungan antara Ekspor dan PDB di Idonesia Tahun 1999-2008”. Universitas Diponegoro Semarang.
Pinem R Juniartha. 2009. “Analisis Pengaruh Ekspor, Impor, Kurs Nilai Tukar Rupiah Terhadap Cadangan Devisa Indonesia”. Universitas Sumatra Utara, Medan.
Rini H. 2011. “Ekspor Impor” https://hrini.files.wordpress.com/2011/05/ekspor-dan-impor.pdf diakses tanggal 2 Maret 2015).
UU RI Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan atas UU Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabean.
Wanandi Sofjan dalam Riendy Astria. 2014. “Hambatan Impor Tak Efektif”. Jakarta, Bisnis Indonesia.

Diposting Malang, 18 April 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar