Rabu, 08 April 2015

Analisis Peluang Pasar Global 4

Oleh Akhmad Sanhaji & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang



3.1  Kesimpulan
Konsep peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli yang memberikan peluang bagi perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Peluang pasar juga suatu kesempatan bagi perusahaan untuk menyelidiki dan memastikan melalui riset pemasaran yang kapabel untuk melihat seberapa besar perusahaan dapat memasuki pasar internasional (peluang baru) entah sebagai pemimpin pasar atau pengikut pasar yang dapat memberikan keuntungan yang lebih optimal bagi penjualan produk barang dan jasa dari perusahaan.


Salah satu alat yang berguna bagi identifikasi peluang pasar global adalah jaringan ekspansi produk/pasar yaitu product/market expansion grid. Product/market expansion grid memiliki dua dimensi yakni produk dan pasar. Melalui identifikasi ini memunculkan empat strategi pertumbuhan yakni penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi.

Ada lima pola yang dapat dilakukan untuk menetapkan pasar sasaran yakni (1) memusatkan pada segmen tunggal (2) mengkhususkan diri pada keinginan pelanggan (3) mengkhususkan diri pada kelompok konsumen (4) melayani beberapa segmen yang tidak berhubungan (5) meliputi keseluruhan pasar.  Penetapan pasar sasaran melalui strategi  penetapan posisi (positioning) dan  aliansi perusahaan.
Alasan peluang atau keuntungan perusahaan memasuki pasar global seperti sumberdaya tambahan, biaya, perluasan pasar, mengoptimalkan keuntungan, pajak, skala ekonomi, sinergi, kekuatan dan prestise, melindungi pasar domestik, tantangan perdagangan, pasaing internasional, regulasi dan peraturan serta kesempatan.

Selain peluang, pasar global juga memiliki tantangan atau kompleksitas seperti munculnya lebih banyak pesaing di tingkat dunia, munculnya rival-rival yang saling berkompetisi, terjadinya interdependensi antar Negara dan semakin tingginya volume perdagangan internasional yang dapat terjadi gesekan antar pemerintah masing-masing Negara yang terlibat di pasar internasional.

               Cara alternatif untuk mengatasi tantangan atau kompleksitas peluang pasar global adalah: kemampuan financial, kehandalan SDM, kemampuan memanfaatkan teknologi, kepemilikan jejaring bisnis dan penguasaan informasi, pola kepemimpinan yang handal dan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Gavernance (GCG) sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan pola manajemen yang berkualitas dan dapat disejajarkan dengan perusahaan  mana pun di dunia.
  
3. 2   Saran
Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan dan pemahaman tentang analisis peluang pasar global agar apabila setelah masa studi dapat melakukan analisis peluang pasar perusahaannya dalam memasuki pasar global atau pun dapat menjadi landasan penelitian lanjutan tentang analisis pasar global.

Bagi praktisi Perusahaan atau Bisnis, penulisan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil keputusan atau kebijakan tetntang analisis peluang pasar bagi perusahaannya dalam memasuki pasar global.

*** 
 
DAFTAR RUJUKAN

Ardiyanto Y. (tanpa tahun). “Analisis Peluang Pasar Global”   
http://e-journal.uajy.ac.id/1736/3/2EM16009.pdf diakses tanggal 13 Maret 2015.
Ball A. Donald, et al., 2007. Bisnis Internasional: Tantangan Persaingan Global, terjemahan Chriswan Sungkono. Jakarta, Salemba Empat.
Ernawati. (tanpa tahun). “Analisis Peluang & Tantangan Indonesia Dalam Meningkatkan Ekspor Makanan Olahan: Studi Kasus Nagara Tujuan Ekspor Vietnam” Dosen Fakultas Ekonomi Wijaya Kusuma Surabaya.
Kotler Philip & Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, terjemahan Bob Sabran. Jakarta, Penerbit Erlangga.
Lawa Bagho Kosmas & Dwi Putra Syakur Raharjo. 2015. “Lingkungan Global: Pertimbangan Stratejik bagi Perusahaan Multinasional” (manuskrip), Univeristas Negeri Malang, Prodi Magister Manajemen.
Pearce & Robinson. 1997. Manajemen Strategis, Edisi 10. Jakarta, Salemba Empat.
Rakhmadsyah. 2014. “Analisis Word Class Company”.
Utama Agung. 2003. “Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dalam Era Persaingan Global Melalui Aliansi Strategis”. Kajian Bisnis No.30 September-Desember, 57-73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar