Selasa, 31 Mei 2011

Misa Syukur 40 Tahun Gerakan Koperasi Kredit di Flores

Dipimpin oleh Uskup Agung Ende, Mgr Vincent Sensi Potokota
Jumat, 27 Mei 2011

Teks Misa disiapkan oleh Kosmas Lawa Bagho
(Kata pembuka dan homili oleh Yang Mulia Uskup Agung Ende)

MENJADI GARAM DAN TERANG DUNIA
1.Komentator :
Para undangan, umat beriman yang terkasih dalam Kristus Yesus.
Menjadi Garam dan Terang Dunia. Itulah tema perayaan syukur 40 tahun gerakan koperasi kredit/credit union di Flores, yang dirayakan sore hari ini. “Apabila garam itu telah menjadi tawar, apalah gunanya selain dibuang; dan apabila orang menyalakan lampu lalu meletakkannya dibawah gantang apalah jadinya dengan dunia ini?”

Koperasi kredit atau sebelumnya lebih dikenal credit union, yang lahir dari rahim gereja melalui Delsos Keuskupan Agung Ende pada tahun 1971, hingga saat ini dipanggil untuk menjadi garam dan terang bagi masyarakat akar rumput. Selama kurun waktu 40 tahun, para penggerak koperasi kredit telah berusaha sekuat tenaga dan berjuang ekstra keras menjadikan koperasi kredit sebagai wadah pembentukkan karakter agar masyarakat di wilayah ini bisa hidup sedikit lebih maju dan sejahtera. Gerakan koperasi kredit berupaya membangun peradaban yang bermartabat di atas fondasi nilai swadaya, solidaritas dan pendidikan.

Dalam perayaan misa syukur mengenang 40 tahun gerakan koperasi kredit di Flores dan pembukaan RAT Puskopdit tahun buku 2010, akan dilangsungkan pula pemberdakatan gedung Puskopdit yang difungsikan sebagai tempat pelayanan gerakan koperasi kredit di wilayah ini dan pemberkatan cincin/kalung penghargaan.
Mari kita mengawali perayaan misa syukur sore hari ini dengan menyanyikan lagu pembukaan….

2.(Bapak Uskup dan Imam konselebrantes berarak menuju altar Tuhan, diiringi lagu pembuka)
3.Lagu Pembuka (koor oleh Paduan Suara Santa Sisilia Ende)
4.Uskup : Dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus …..
Umat : Amin
5.Uskup : Tuhan bersamamu …
Umat : Dan bersama roh-mu
6.Kata Pembuka : (Uskup)
7.Pernyataan Tobat (Saya mengaku …. fakultatif )
8.Lagu Tuhan Kasihanilah (koor & umat)
9.Lagu Kemuliaan (koor & umat)
10.Doa Pembuka
Tuhan Allah Bapa kami yang maha baik. Puskopdit Flores Mandiri dan koperasi kredit primer serta semua orang yang berkehendak baik telah dipanggil untuk membangun peradaban yang bermartabat bagi seluruh masyarakat di daerah ini. Untuk itu kami mohon penyertaan Roh-Mu agar kami tetap menjadi garam dan terang dunia.
Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa …… Amin.
11.Bacaan I : 1 Kor, 3:1-9
12.Lagu Antar Bacaan (koor)
13.Bait Pengantar Injil:
Hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di Surga.
14.Injil : Mat, 5: 13-16
15.Homili (Uskup Agung Ende)
Koperasi dan Panggilan Hidup Menjadi Manusia Bermartabat
1)“Bermartabat” – kosa kata untuk mengutamakan mutu manusia. Kristen: manusia rohani yang terpanggil untuk menjadi garam dan terang agar dunia sejahtera jiwa dan raga.
2)Jemaat Korintus.
a)Berselisih karena mempertentangkan panggilan hidup sebagai manusia duniawi dengan manusia rohani.
b)Latarbelakang: Kristen Yahudi/Non Yahudi orang yang diselamatkan tapi yang hanya harap berkata yang dengan filsafat-filsafat dumia.
3)Realitas dunia tempat panggilan, perutusan kita:
a)Manusia duniawi dengan pola piker/tindak biblis; keinginan mata/daging dan kecongkakkan hidup. Daging naluri alamiah dengan selera dan nafsu, diri sebagai pusat dan tujuan, hiburan, senang-senang, kepuasan. System dunia; politik, budaya, ekonomi, agama bertentangan dengan kuasa dan kehendak Allah, lawan panggilan hidup manusia yang bermartabat. Siapa yang kuat dia hidup tanpa Allah, tanpa cinta kepada sesame.
b)Manusia rohani: diri dan segala sesuatu milik Allah, merangkul dunia sejauh sesuai kehendak Allah (pemilik). Manfaat dan manknai kembali bersekutu dengan Tuhan-bahagia bagi sesame = bahagia dan selamat. Sadar bahwa dunia dan sistemnya cuma sementara/sarana yang harus dipakai dengan arif bijaksana dan takut kepada Tuhan. Demi kemuliaan Tuhan dan ciptakan kesejahteraan bersama sesame. Pola piker Allah diatas segala system /filsafat hidup manusia.
4)Ke tempat realita ini, kita dipanggil dan diutus sebagai garam dan terang : integrasi dan harmoni, kreatif dan konstruktif, hidup manusia bermartabat. Jadi garam dulu; cegah pembusukan dunia dan manusia (bobrok moral, curang, tak adil). Robah dunia yang tawar/buruk tanpa nilai, tanpa iman dan tanpa cinta kasih sebagai cita rasa gurih. Hidup bermartabat; anugerah Tuhan; kesejahteraan/keselamatan jiwa dan raga. Bukan hidup untuk dunia tapi dalam dunia dengan segala potensi duniawi yang positif kita bersama bergerak menuju martabat kita sebagai manusia rohani. Koperasi : baru jadi pintu gerbang manusia kalau menciptakan manusia sebagai manusia rohani yang terpanggil sebagai manusia bermartabat yang artinya takut akan Tuhan dan cinta kepada sesama.
16.Aku Percaya
17.Doa Umat

a)Bagi Gereja
Ya Tuhan, terima kasih atas inisiatif dan pengorbanan Gereja dalam menumbuhkembangkan benih koperasi kredit/credit union di wilayah ini sebagai salah satu bentuk karya pastoral. Semoga Gereja senantiasa menjadi garam dan terang dunia dalam membangun peradaban masyarakat yang bermartabat. Marilah kita mohon ….......

b)Bagi pemerintah
Ya Tuhan, doronglah pemerintah kami agar sungguh-sungguh memperhatikan pola pemberdayaan masyarakat dengan kekuatan yang ada pada masyarakat itu sendiri. Limpahilah pemerintah kami dengan kebijaksanaan-Mu agar mampu menghasilkan kebijakan yang berpihak pada kepentingan pemberdayaan masyarakat.
Marilah kita mohon ……….

c)Bagi fungsionaris Puskopdit /Kopdit primer
Ya Tuhan, kami mengucap syukur atas karunia cintaMu yang telah Engkau limpahkan kepada para fungsionaris Puskopdit dan koperasi kredit dalam semangat pengorbanan dan pengabdian mereka selama ini. Semoga mereka senantiasa menjadi garam dan terang dalam seluruh pelayanannya kepada anggota dan masyarakat. Mari kita mohon ….

d)Bagi Lembaga Puskopdit Flores Mandiri
Ya Tuhan, kami bersyukur atas penyelenggaraan dan keajaiban karya-Mu melalui wadah koperasi kredit ini. Kami mohon semoga Engkau senantiasa menyertai perjalanan Puskopdit ini agar lembaga ini tetap menebarkan rasa asin pembebasan dan terang kebahagiaan bagi masyarakat akar rumput meski harus berhadapan dengan berbagai tantangan dan hambatan. Mari kita mohon .......

e)Bagi para perintis, pengurus, manajemen dan anggota yang telah meninggal
Ya Tuhan Allah Bapa kami yang maha baik, ganjarilah dan terimalah saudara/i kami para perintis, pengurus, manajemen dan anggota koperasi kredit yang telah meninggal dunia kedalam keabadian rumah-Mu di Surga. Mereka telah menjadi garam dan terang bagi kehidupan masyarakat di wilayah ini. Semoga kami bisa meneladani karya mereka dengan tetap mengembangkan koperasi kredit ke arah yang lebih baik dan bermartabat. Marilah kita mohon …………

f) Bagi Pembangunan Gedung Puskopdit
Ya Tuhan, kami bersyukur atas dorongan rohMu yang telah menggerakan hati semua orang yang berkendak baik dalam semangat kebersamaan untuk membangun gedung pelayanan Puskopdit. Berkatilah mereka semua yang dengan caranya masing-masing telah mendukung proses pembangunan ini. Semoga gedung ini dapat menjadi tempat pelayanan yang penuh kasih. Marilah kita mohon ....................

g)Bagi kita yang ada di sekeliling altar perjamuan
Ya Tuhan Bapa kami yang maha baik, jadikanlah kami semua yang hadir dalam perayaan ini menjadi terang dan garam dunia melalui tugas dan karya kami masing-masing.
Marilah kita mohon …..........

18.Komentar Persembahan
Umat beriman terkasih,
Kini tibalah saatnya untuk mempersembahkan apa yang kita miliki sebagai ungkapan syukur kita. Sumbangan derma tanpa pamrih akan semakin bermakna jika didorong oleh keikhlasan yang sejati untuk mensyukuri segala sesuatu yang telah dan akan kita terima. Pemberian berupa persembahan adalah wujud keterpanggilan kita untuk menjadi garam dan terang pembebasan bagi mereka yang masih terpenjara akibat kemiskinan dan kekurangan.

Semua pemberian derma kita malam ini akan diserahkan kepada Panitia Pembangunan Gereja Santu Marinus Puurere. Marilah kita menghantar persembahan ini ke altar Tuhan dengan tulus hati ……

19.Lagu Persembahan (koor)
20.Doa Persembahan
Tuhan Allah Bapa kami yang maha baik dan maha pengasih. Syukur bagi-Mu atas segala rahmat dan penyelenggaraan-Mu terhadap perjalanan 40 tahun gerakan koperasi kredit di tengah masyarakat Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo. Semoga Engkau menyucikan korban persembahan kami dan gedung pelayanan Puskopdit bersama korban suci Tubuh dan Darah Tuhan kami Yesus Kristus. Sebab Dialah yang memerintah bersama Dikau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa ….
21.Doa Syukur Agung ….
22.Lagu Kudus (koor dan umat)
23.Lagu Anak Domba Allah (koor dan umat)
24.Komuni
25.Lagu Komuni (koor)
26. Komentator
Umat beriman yang terkasih dalam Kristus,
Marilah kita mengikuti rangkaian acara pemberkatan gedung pelayanan Puskopdit Flores Mandiri oleh Yang Mulia Uskup Agung Ende (acara tersendiri).
Dilanjutkan dengan pemberkatan cincin dan kalung penghargaan.

27.Komentar Penutup
Umat beriman yang terkasih dalam Kristus,
Perjamuan ekaristi sebagai sumber kekuatan dan ucapan syukur atas 40 tahun koperasi kredit di Flores serta pemberkatan Gedung Pelayanan Puskopdit telah usai. Namun persaudaraan cinta dan ikatan kekeluargaan sejati tak pernah berakhir. Kita senantiasa dipanggil untuk terus menjadi garam dan terang dunia dimana saja kita berada dan berkarya. Mari kita berdiri untuk menutup rangkaian ucapan syukur kita malam ini dengan doa penutup.

28.Doa Penutup
Ya Allah Bapa kami yang maha pengasih. Syukur berlimpah kami haturkan kehadirat-Mu atas segala penyertaan dan perlindungan-Mu bagi perjalanan gerakan koperasi kredit di wilayah ini. Sertailah Puskopdit dan Koperasi Kredit agar tetap menjadi garam yang tak kunjung tawar dan terang yang tak kunjung suram di dalam tugas dan pelayanan membangun peradaban bermartabat.
Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami ….
U: Amin
29.Berkat Penutup
30.Lagu Penutup (koor)

Selamat merayakan!
semoga Tuhan menyertai kita hingga akhir zaman ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar