Selasa, 31 Mei 2011

Pentingkan Keamanan Berlanjut

Oleh Frans Obon, Wartawan Flores Pos

Catatan:
Dalam rangka memperkenalkan Koperasi Kredit ke publik Masyarakat Kabupaten Ende maka Flores Pos mewawancarai pengurus, pengawas dan anggota pilihan. Berikut petikan wawancara wartawan Flores Pos dengan Kosmas Lawa Bagho sebagai Ketua periode 2005-2007 (dilanjutkan periode 2008-2010 dan 2011-2013).

(Flores Pos, Sabtu; 2 Februari 2008). Ada dua hal terpenting dalam koperasi yakni kebersamaan dan menjaga kepercayaan. Itulah keyakinan Ketua Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam Kosmas Lawa Bagho dalam memenej koperasi. Para anggota mempercayainya memimpin Kopdit Serviam 2005-2007 (dan dilanjutkan hingga 2013 nanti).

Kebersamaan anggota dan pengurus dan menjaga kepercayaan merupakan factor penting dalam mengelola koperasi,begitu katanya, ketika saya tanya apa yang paling penting dalam gerakan koperasi.

“Tiap orang harus jujur dengan dirinya sendiri. Kredit macet itu berawal dari sini, karena orang tidak jujur dengan dirinya sendiri. Dia meminjam lebih dari kemampuan mengembalikannya.” Katanya, Jumat (1/2) di Kopdit Serviam.

Menurut dia, masing-masing orang (anggota) harus memiliki kemampuan dan kecerdasan, atau cerdas diri. Karena itu kami menganggap penting pendidikan anggota. Melalui pendidikan dan pertemuan berkala, anggota bisa menerima perubahan. Peran manajer penting. Karenanya Kopdit Serviam untuk sementara akan mengangkat pelaksana tugas manajer. Pada waktunya akan diangkat manajer purna waktu.

Gerakan koperasi kredit makin menarik banyak orang. Magnet ini akan terus menarik sekian banyak orang sejalan dengan meningkatnya kepercayaan akan koperasi sebagai lembaga keuangan alternative. Ketika saya tanya ini, dia mengatakan, ini tantangan dan peluang kami. “Kita mau organisasi besar, tetapi harus disertai pula dengan kompetensi dan kecerdasan dalam menjaga asset. Investasi di koperasi, aman tidak. Tantangannya adalah jaga kepercayaan”.

Suami dari Theresia Waso Ea ini mengatakan, selain ini pelayanan prima dan manajemen yang baik. Sebagai pengurus, apa yang selalu Anda pikirkan? “Keamanan asset anggota,” katanya dengan tegas. Karena itu pengurus dituntut mengerti pembukuan, melakukan pendidikan dan pelatihan anggota. Tempat pelayanan yang representative adalah salah satu bagian dari usaha mengamankan asset itu. “Keamanan berlanjut, itulah yang selalu saya pikirkan,” katanya.

Dia bertekad menerapkan acces branding sebagaimana dicanangkan Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) sebagai usaha untuk pengelolaan yang professional. “Obsesi saya adalah menyejahterakan anggota. Saya mengajak anggota untuk mengubah mindset mereka untuk mengubah diri bahwa mereka bisa menolong diri. Karena itu kendati program microfinance sekarang belum maksimal, ke depan program ini akan terus dipacu untuk mendorong anggota menggunakan kredit pada usaha produktif,” katanya.

Strategi ke depan, katanya seribu anggota, sejuta tabungan. Minimal tiap anggota menabung sejuta setahun. Ke depan juga, koperasi akan mengajak para siswa SD dan SMP sebagai anggota luar biasa koperasi. Ini sangat potensial dan sekaligus sebagai wadah latihan menabung bagi para siswa.

Saat ini kekayaan Kopdit Serviam Rp2 miliar lebih dan kredit beredar di 506 anggota sebesar Rp1,2 miliar.

Kosmas lahir 19 Juli 1967, tamat dari Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero 1998. Dia mengaku senang ada perubahan di kalangan anggota koperasi. “Kesadaran menabung meningkat dan orang sudah mulai merencanakan kehidupan mereka. Mereka bisa atur uang sehingga kredit macet sangat kecil,” katanya.

Ini sejalan dengan moto hidupnya, senang membahagiakan orang lain. Dia percaya bahwa anggota bisa menolong diri mereka sendiri dan mampu melakukan sesuatu untuk menolong dirinya.

Ditulis ulang tanggal 31 Mei 2011

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus