Rabu, 22 Maret 2017

Sambutan Bupati Ngada

Catatan:
Sambutan Bupati Ngada pada RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri, Tahun Buku 2016 tanggal 17 Maret 2017 dibawakan oleh Bapak Cornelis Tuba, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ngada  RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri dilaksanakan di Hotel Flores Mandiri, Ende pada tanggal 17 dan 18 Maret 2017. Acara pembuka tanggal 17 Maret 2017 yang dihadiri para pejabat Bupati tiga kabupaten: Ende, Ngada dan Nagekeo, para kepala dinas Koperasi tiga kabupaten, ketua Inkopdit Jakarta, Paduan Suara SMAK Regina Pacis Bajawa dan undangan lainnya, para pengurus (ketua) dan manajer 40 koperasi kredit primer diliput secara langsung oleh RRI Ende dan juga Flores Pos.



Permohonan maaf dari Bapak Bupati Ngada tidak sempat hadir,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas karunia dan rahmatNya, hari ini kita semua dapat melaksanakan Acara Pambuka Rapat Anggota Tahunan Puskopdit Flores Mandiri Tahun Buku 2016 dalam keadaan sehat sejahtera.

            Hadirin yang saya hormati,
            Di era persaingan bebas atau pasar bebas saat ini, kita dihadapkan pada pertanyaan, masihkah koperasi, kita sebut sebagai soko guru perekonomian masyarakat kita? Sebagai kekuatan ekonomi masyarakat yang berasaskan kekeluargaan, koperasi sebenarnya bertentangan dengan sistem pasar bebas. Tetapi koperasi saat ini, harus dapat terlibat dan harus mampu bersaing dengan institusi atau lembaga ekonomi lainnya.
            Berbicara tentang koperasi dalam upaya menyongsong persaingan pasar bebas, kita dihadapkan pada dua hal yang kontradiktif, di satu sisi, koperasi sebagai kekuatan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan, sebenarnya bertentangan dengan sistem pasar bebas. Di sisi lain, peran koperasi harus diakui sebagai lembaga ekonomi kerakyatan yang dapat mengurangi kemiskinan, pengagguran dan mampu  bertahan pada masa krisis.
            Dengan demikian,koperasi harus terlibat dan dapat mengemabil peran di dalam persaingan pasar bebas. Koperasi dan seluruh sakeholder koperasi harus mampu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya dalam menghadapi era itu. Dalam kerangka berpikir inilah, koperasi harus mendapat proteksi dan pemberdayaan oleh pemerintah. Dukungan ini bertujuan agar koperasi tetap dapat bertahan di kancah pasar bebas yang kapitalistik. Koperasi harus hadir sebagai penyeimbang dalam kompetisi pasar bebas. Koperasi harus mampu menjadi penggerak bagi setiap pelaku usaha ekonomi kerakyatan.
            Hadirin yang saya hormati,
            Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri merupakan salah satu wadah usaha untuk menggerakkan dan memberdayakan ekonomi rakyat melalui perwujudan kemajuan dan kemakmuran anggota. Salah satu  tantangan bagi lembaga ini adalah bagaimana menumbuhkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi anggota dan masyarakat pada umumnya dengan spirit kekeluargaan di era pasar bebas saat ini. Akan tetapi Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri sebagai milik para anggotanya, memiliki modal sosial yang kuat dalam hal semangat dan spiritualitas. Semangat untuk hidup lebih sejahtera dan spiritualitas kekeluargaan adalah roh dari koperasi itu sendiri. Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri boleh berbangga bahwa spirit kekeluargaanlah yang menjadi kekuatan utama dalam mengembangkan dan membesarkan koperasi ini.
            Hadirin yang saya hormati,
            Dalam upaya menyiapkan dan menghadapi era pasar bebas, Pemerintah Kabupaten Ngada telah meluncurkan program strategis di bidang perkoperasian yakni program penguatan modal kelembagaan koperasi, program peningkatan ekonomi rakyat (PERAK), memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Melalui program strategis ini, Pemerintah Kabupaten Ngada berharap ada pertumbuhan dan percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat yang berbasis koperasi. Disamping itu, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kesadaran, kepercayaan dan semangat juang serta keberanian seluruh komponen pembangunan terutama koperasi untuk memajukan dan mengembangkan usaha perkoperasian.
            Dengan demikian koperasi sebagai soko guru dalam tata perekonomian nasional kita, dapat memberikan peran dalam menumbuhkembangkan potensi ekonomi anggota yang berciri kekeluargaan dan kegotongroyongan. Kemajuan koperasi harus berlandaskan kemakmuran dan kesejahteraan anggota, tidak saja pada besarnya dana dan aset lainnya. Anggota harus menjadi aset utama koperasi serta menjadi fokus dan lokus berbagai kegaitan pemberdayaan yang dilakukan oleh koperasi.
            Peserta RAT yang saya hormati,
            Pada kesempatan ini saya ingin menggambarkan sedikit tentang perkembangan koperasi kredit di Kabupaten Ngada. Jumlah koperasi kredit di Kabupaten Ngada per 31 Desember 2016 sebanyak 108 koperasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 buah koperasi telah bergabung dalam Puskopdit Flores Mandiri. Total aset pada 17 buah koperasi kredit di Ngada mencapai 763 miliar lebih. Sementara jumlah anggota koperasi dari total penduduk Kabupaten Ngada 168 ribu jiwa lebih, sebanyak 80 ribu lebih atau sekitar 47,61% masyarakat Ngada telah bergabung mejadi anggota koperasi.
            Dari data ini menunjukkan bahwa koperasi kreidt sebagai salah satu lembaga keuangan sungguh sangat dipercayai oleh masyarakat Ngada. Oleh karena itu, saya berharap kehadiran Puskopdit Flores Mandiri yang mewadahi koperasi kredit yan g ada di Ngada, Ende dan Nagekeo dapat terus bekerja sama, bermitra dengan pemerintah untuk membangun perkoperasian. Pemerintah Kabupaten Ngada tetap dengan komitmen untuk menjadikan Ngada sebagai Kabupaten Koperasi. Upaya ini dilakukan dengan terus mengajak masyarakat yang belum menjadi anggota koperasi agar dapat bergabung dalam koperasi.
            Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ngada menyampaikan apresiasi dan terima kasih berlimpah untuk keterlibatan Puskopdit Flores Mandiri dalam seluruh upaya pembangunan dan pemberdayaan di bidang perkoperasian bagi masyarakat Kabupaten Ngada. Apresiasi atas kinerja pengurus dan pengawas yang lalu. Proficiat dan selamat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan bagi Puskopdit Flores Mandiri.
            Semoga Kasih Tuhan senantiasa menyertai kita.
            Sekian dan terima kasih.


Ende, 16 Maret 2017
Bupati Ngada,


Marianus Sae, S. AP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar