Rabu, 22 Maret 2017

Kata Pengantar Lpj. Pengurus Koperasi Kredit

Oleh Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.,M.M
Kabid. Pendampingan/Alumnus Mahasiswa
Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Catatan:
Tulisan ini merupakan kata pengantar pada Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Puskopdit Flores Mandiri masa jabatan 2014-2016, dipersiapkan oleh penulis dan disempurnakan oleh manajer Puskopdit Flores Mandiri, Drs. Mikhael H. Jawa.
Puji syukur berlimpah kehadirat Tuhan yang maha esa atas berkat dan perlindungan-Nya sehingga koperasi kredit-koperasi kredit yang berpayung pada Puskopdit Flores Mandiri kita tercinta bisa melangkah dengan kepala tegak untuk merayakan pesta demokrasi, Rapat Anggota Tahunan yang ke-18, Tahun Buku 2016 pada hari ini dan besok, tanggal 17 dan 18 Maret 2017.
Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992 merumuskan secara tegas bahwa koperasi termasuk koperasi kredit merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Senada dengan itu, Paul Hubert Casselman (1952) menulis, “Cooperation is an economic system with social content”. Bisa diterjemahkan, koperasi adalah sistem ekonomi dengan unsur sosial di dalamnya.
Berbicara koperasi adalah berbicara tentang sistem tata kelola. Sistem tata kelola yang berbasis sosial, bebas dari konflik kepentingan pribadi dan golongan, sistem tata kelola yang transparan, akuntabel serta berdasar mandat & amanat. Berbagai sistem tata kelola dimaksud tervisualisasi dalam komitmen untuk melakukan aksi. Hanya aksilah membawa keajaiban dan keberhasilan. Hal ini bukanlah secara kebetulan bahwa Rapat Anggota Tahunan kita tahun ini mengangkat tema “Membangun Komitmen Aksi: Membedah Sistem Tata Kelola Koperasi Kredit yang Sehat”.
Tema besar ini menantang koperasi kredit dan puskodit kita untuk mampu menjadi organisasi sosial yang sehat, transparan, akuntabel, mandiri, responsibel dan wajar dengan tetap mengacu pada definisi, nilai dan prinsip-prinsip koperasi serta empat pilar koperasi kredit yakni kemandirian, pendidikan, solidaritas dan inovasi. Patut diingat, pengurus atau para pengelola harus terbebas dari kepentingan personal ataupun golongan dan setia mengimplementasikan “open governance”. Berkomitmen melaksanakan tata pengelolaan yang kredibel dan dapat dipertanggunggugatkan demi mewujudnyatakan kesejahteraan anggota.
Kami menyampaikan terima kasih berlimpah atas partisipasi dan kebersamaan kita selama tiga tahun untuk terus berupaya melaksanakan sistem tata kelola koperasi kredit dan puskopdit yang sehat. Kami sadar bahwa laporan pertanggungjawaban akhir periode ini, belumlah sempurna. Mari kita berdiskusi secara cerdas dan memberikan masukan-masukan yang berharga bagi perkembangan koperasi kredit dan puskopdit kita dalam dinamika perjalanan selanjutnya. Kami juga memohon maaf untuk segala kekilafan dan kekeliruan kami selama ini.
Para pengurus dan pengawas baru yang akan kita pilih secara demokratis pada RAT kali ini, kami ucapkan selamat datang, selamat berkarya dan diharapkan tetap berkomitmen melaksanakan sistem tata kelola yang sehat ke depannya. Bawalah koperasi kredit dan puskopdit ini kearah yang lebih berkualitas. Lanjutkan dan tingkatkan yang sudah baik serta benahilah yang masih tercecer demi kesejahteraan para anggota di wilayah Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo.
Selamat melaksanakan RAT ke-18 Tahun Buku 2016 dan semoga sukses sesuai harapan kita semua.  Sekian dan terima kasih.
                                         ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar