Kamis, 23 Maret 2017

Sambutan Bupati Ende sekaligus Membuka RAT dengan resmi ...

Catatan:
Sambutan Bupati Ende pada RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri, Tahun Buku 2016 tanggal 17 Maret 2017 dibawakan oleh Bapak Efrem Diakon Aina, SE, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ende.  RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri dilaksanakan di Hotel Flores Mandiri, Ende pada tanggal 17 dan 18 Maret 2017. Acara pembuka tanggal 17 Maret 2017 yang dihadiri para pejabat Bupati tiga kabupaten: Ende, Ngada dan Nagekeo, para kepala dinas Koperasi tiga kabupaten, ketua Inkopdit Jakarta, Paduan Suara SMAK Regina Pacis Bajawa dan undangan lainnya, para pengurus (ketua) dan manajer 40 koperasi kredit primer diliput secara langsung oleh RRI Ende dan juga Flores Pos.




      Permohonan maaf dari Bupati Ende, bahwa beliau tidak sempat hadir pada kesempatan ini.
Hadirin sekalian yang saya kasihi,
            Sebagai insan beriman, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan segala hikmat dan kemampuan untuk kita dalam proses perjalanan membangun ikatan persaudaraan untuk mewujudkan kesejahteraan melalui wadah koperasi teristimewa penyelenggaraan Tuhan sehingga terselenggaranya RAT Puskopdit Flores Mandiri pada hari ini.

    Hadirin yang saya muliakan
            Pada kesempatan ini saya dan wakil bupati atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus, pengawas dan manajemen serta seluruh anggota Puskopdit Flores Mandiri atas terselenggaranya RAT pada hari ini. RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi. RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah anggota.

Hadirin yang saya muliakan
            Kehadiran Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri telah memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat melalui berkembangnya 43 koperasi kredit primer yang menghimpun 143.336 anggota dengan aset yang dimiliki sebesar Rp1.187.000.000.000 (satu triliun seratus delapan puluh tujuh miliar) yang tersebar di Kabupaten Ende, Nagekeo dan Ngada. Kondisi ini tercapai tentu tidak terlepas dari peran utama dan sekaligus kinerja yang bagus dari pengurus, pengawas dan manajemen dari Puskopdit Flores Mandiri. Tidak berlebihan kalau pada kesempatan atas nama Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan apresiasi dan proficiat kepada perintis dan penggiat koperasi kredit secara umum dan lebih khusus kepada pengurus dan manajemen Puskopdit Flores Mandiri atas keberhasilan mengelola Puskopdit dan sekaligus mendinamisasi peran koperasi kredit pada tiga kabupaten di Flores bagian tengah. Dari data keanggotaan Puskopdit Flores Mandiri 46% kopdit ada di Kabupaten Ende dan saat ini tetap eksis dengan performance yang selaras dan dapat mengimbangi perkembangan dunia usaha.

Hadirin yang saya muliakan
            Koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan harus dapat memberi jawaban yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Puskopdit Flores Mandiri sebagai koperasi sekunder tentunya menjadi motor penggerak dengan mengambil peran yang tidak sedikit yaitu bagaimana membangun sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki oleh kopdit-kopdit yang mempunyai kekhasan tersendiri dengan fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan anggota yang terhimpun pada masing-masing koperasi kredit.
            Puskopdit Flores Mandiri yang mewadahi kopdit primer di wilayah Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo didorong untuk menjadi gerakan bersama dalam sistem yang sama, ketentuan yang sama dan berjalan dalam visi dan misi yang sama. Jika sudah dalam satu kesatuan dapat memperkuat solidaritas antar kopdit dan solidaritas antar anggota. Penekanan utama membangun koperasi adalah membangun kesejahteraan. Indikator keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sisi sejauh mana perubahan tingkat kehidupan anggotanya sebelum dan sesuah berkoperasi. Koperasi yang mewadahi para anggota untuk mengembangkan kegiatan ekonomi yang bervariasi agar mampu menstimulasi bertumbuhnya minat dan motivasi para anggota untuk mengembangkan kegiatan ekonomi riil yang sesuai dengan kondisi dan kapasitasnya masing-masing. Artinya bahwa koperasi tidak hanya membangun strategi dan rencana kerja unntuk membesarkan lembaganya saja tetapi harus lebih terfokus pada aktivitas nyata membangun ekonomi anggota sehingga kehadiran koperasi sebagai penyatuan kebutuhan anggota dalam satu perjuangan bersama membangun posisi tawar yang kuat dapat terjawab.
            Berbicara tentang kesejahteraan, saya bersama wakil bupati Ende menaruh perhatian yang serius sehingga pada tahun 2017 ini, saya canangkan sebagai Tahun Investasi. Bagi insan koperasi, saya mengajak agar tahun investasi untuk menabung dalam wadah koperasi, baik untuk dirinya sendiri, keluarga dan kelompok. Menabung atau menempatkan dana di koperasi kredit bukan saja ikut serta dalam membangun ekonomi kerakyatan, tetapi juga sebagai bentuk lain dari investasi yang menguntungkan.
            Sesungguhnya, menabung di koperasi kredit dijamin keamanan dan produktif karena kopdit juga merupakan institusi yang fungsinya sama dengan bank yakni menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat. Karakteristik yang menjadi pedoman bagi kopdit melaksanakan hanya kepada anggota. Bagi pengurus dan manajemen mari kita memaknai tahun investasi dengan memberi pelayanan yang prima dan profesional. Persaingan yang ketat dalam dunia keuangan sungguh dirasakan dalam era sekarang ini maka dari itu pelayanan yang memuaskan kepada anggota kopdit sangat diperlukan agar anggota datang pinjam, mengangsur dan menabung bisa nyaman dan aman serta senang. Saya ajak agar pelayanan menjadi utama, kita biasakan dengan pemberian 3 S (senyum, sapa, salam) bagi anggota.

Hadirin yang saya hormati,
            Pada RAT Tahun Buku 2016 mengangkat tema Membangun Komitmen Aksi Membedah Sistem Tata Kelola Koperasi Kredit Yang Sehat. Tema ini sangat penting karena memberi manfaat bagi perkembangan koperasi kredit karena ini menjadi tantangan bagi koperasi kredit saat ini. Kopdit harus menjadi badan usaha yang sehat dengan menerapkan asas tata kelola yaitu transparan, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran dengan tetap mengacu pada nilai dan prinsip-prinisip koperasi serta empat pilar koperasi kredit. Untuk mendukung pencapaian sistem tata kelola kopdit yang sehat sangat diharapkan:
-          Komitmen dari pemangku kepentingan.
-          Pengelolaan atas dasar sistem bukan orang.
-          Upaya penyempurnaan aturan internal yang mendukung.
-          Penegakan dan kepatuhan terhadap peraturan dan peundang-undangan.
-          Pemenuhan kompetensi sumber daya manusia.
-          Pengukuran performance organisasi yang jelas.


Hadirin yang saya hormati,
Berbagai strategi dan pola kebijkan yang dikembangkan secara sadar kiranya dapat mengikat loyalitas dan kepercayaan masyarakat serta menjadikan koperasi kredit sebagai sebuah lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi anggota koperasi melalui program simpanan/tabungan secara terencana. Di sisi lain adanya penyediaan modal yang memadai akan memudahkan para anggota untuk mendapatkan layanan pinjaman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi yang lebih produktif.
Kami memberikan apresiasi kepada semua koperasi kredit di bawah payung Puskopdit Flores Mandiri yang telah berperan mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Ngada. Saya menghimbau untuk terus berjuang dengan spirit bekerja sama dan sama-sama bekerja membangun kopdit dalam wadah Puskopdit Flores Mandiri.
Hadirin yang saya hormati,
Akhirnya dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa serta seizin kita semua, saya membuka pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan Puskopdit Flores Mandiri tahun buku 2016, Jumat 17 Maret 2017 dengan resmi.
Sekian dan terima kasih.

Bupati Ende,


Ir. Marselinus Y.W. Petu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar