Rabu, 22 Maret 2017

Sambutan Bupati Nagekeo

Catatan:
Sambutan Bupati Nagekeo pada RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri, Tahun Buku 2016 tanggal 17 Maret 2017 dibawakan oleh Bapak Mola Berthiadus, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Nagekeo.  RAT XVIII Puskopdit Flores Mandiri dilaksanakan di Hotel Flores Mandiri, Ende pada tanggal 17 dan 18 Maret 2017. Acara pembuka tanggal 17 Maret 2017 yang dihadiri para pejabat Bupati tiga kabupaten: Ende, Ngada dan Nagekeo, para kepala dinas Koperasi tiga kabupaten, ketua Inkopdit Jakarta, Paduan Suara SMAK Regina Pacis Bajawa dan undangan lainnya, para pengurus (ketua) dan manajer 40 koperasi kredit primer diliput secara langsung oleh RRI Ende dan juga Flores Pos.


Selamat sore dan salam sejahtera bagi kita sekalian,
            Sebagai insan beriman sudah sepatutnya kita menghaturkan rasa hormat, syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas penyertaanNya terhadap keberlangungan hidup Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri khususnya dalam satu tahun terakhir sehingga pada hari ini kita semua diperkenankan untuk mengikuti Rapat Anggota Tahunan untuk Tahun Buku 2016 dalam keadaan sehat sejahtera.

            Sebagai sebuah koperasi sekunder yang mewadahi sejumlah koperasi kredit primer yang tersebar di Kabupaten Ende, Kabupaen Ngada dan Kabupaten Nagekeo, Puskopdit Flores Mandiri telah menjelma sebagi sebuah lembaga keuangan yang sehat, mandiri dan berkualitas. Hal ini sejalan dengan visi-misinya yakni menjadi koperasi sekunder yang berkualitas, terpercaya dan berkelanjutan.
            Keberadaan Puskopdit yang telah melewati rentang waktu sekian dasa warsa membuktikan bahwa koperasi merupakan badan usaha yang kokoh meskipun menghadapi gejolak ekonomi makro yang fluktuatif. Saya melihat bahwa peran puskopdit sangat nyata dalam mengembangkan koperasi-koperasi primer yang menjadi anggotanya. Dalam menjalankan usaha selalu berdasarkan prinsip-prinsip dasar koperasi sehingga tetap bertahan bahkan semakin solid dan kokoh seiring bertambahnya usia.

Bapak/Ibu hadirin yang saya hormati,
            Eksistensi puskopdit tentunya merupakan gambaran dari eksistensi kopdit anggotanya yang juga semakin solid, terus tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini, tetnyanya tidak terlepas dari manajemen kepengurusan yang tepat, mengotimalkan peran serta tingkat kesadaran dan kepercayaan anggota kopdit primer serta upaya pendampingan yang dilakukan terus menerus oleh pemerintah. Selain itu, dengan menjalankan fungsinya sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, Puskopdit telah memberikan berbagai jenis pelatihan secara berkala dan pendidikan bagi para anggota koperasi.
            Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya patut mengucapkan terima kasih atas kiprah Puskopdit Flores Mandiri atas pembinaan intensif yang terus menerus dilakukan terhadap anggotanya sehingga kopdit yang berada di bawah asuhannya terus bertumbuh dan berkembang serta menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat di daerah kami.

Bapak/Ibu hadirin yang saya hormati,
            Agenda pentung yang kita laksanakan hari ini yakni Rapat Anggota Tahunan merupakan kunci utama dalam menjalankan dunia perkoperasian. Sebagai pemegang mandat tertinggi dalam kehidupan sebuah koperasi maka dengan dilaksanakan Rapat Aggota Tahunan (RAT) para pengurus dan pengawas dapat memberikan laporan pertanggngjawaban terhadap satu tahun buku sebelumnya. RAT juga merupakan ruang para anggota untuk berbicara dan mengambil keputusan atas dasar musyawarah untuk mufakat. Mekanisme dalam pelaksanaan RAT tersebut, membuat hakekat demokrasi ekonomi memiliki peran yang substansial dalam keberlangsungan kehidupan sebuah koperasi
           
Sehubungan dngan hal tersebut maka hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), jangan dilihat sebagai tantangan tetapi sebagai peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas segenap fungsionaris koperasi kredit. Menjawabi hal ini maka perlu adanya peningkatan sumber daya manusia melalui berbagai pendidikan dan pelatihan; penguasaan teknologi serta kemampuan bahasa asing agar kita mampu bersaing dengan Negara lain dan tidak hanya menjadi penonton di daerah kita sendiri.
            Sudah sepatutnya kita terus berbanah diri, menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang terjadi. Menumbuhkan kesadaran dan komitmen para fungsionaris kopdit untuk terus menerus meningkatkan kualitas dan mutu diri sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggota.

Bapak/Ibu hadirin yang saya hormati,
            Pada kesempatan ini juga, saya menginformasikan bahwa di Kabupaten Nagekeo, sepanjang catatan yang saya miliki, sampai keadaan Maret 2017 jumlah koperasi di Nagekeo sebanyak 81 koperasi, yang aktif 68 koperasi dan yang tidak aktif sebanyak 13 koperasi. Jumlah anggota sebanyak 46.678 orang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 5.291 orang jika dibandingkan dngan keadaan Desember 2015 dengan jumah 41.387 orang. Perlu saya informasikan juga bahwa sampai keadaan Maret 2017 ini, sudah 10 koperasi yang melakukan RAT Tahun Buku 2016. Selanjutnya dari 81 koperasi yang ada baru 6 buah koperasi yang menjadi anggota Puskopdit Flores Mandiri, ini merupakan jumlah yang paling sedikit dibandingkan dngan Kabupaten Ngada dan Kabupaten Ende. Selian 81 kopdit yang ada, juga terdapat 8 koperasi yang membuka kantor cabang di Nagekeo, yang mana 7 diantaranya telah berada di bawah naungan Puskopdit Flores Mandiri. Melihat keadaan ini, ke depan Pemda Nagekeo akan terus berupaya mendorong koperasi-koperasi primer untuk menjadi bagian dari Puskopdit Flores Mandiri.
            Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada anggota koperasi kredit primer, saya menghimbau agar terus menjalankan perannya sebagai anggota dengan sadar menjalankan hak dan seluruh kewajibannya. Terus memberdayakan masyarakat sebagai pribadi yang bermartabat melalui gerakan gemar menabung dan pengembangan ekonomi produktif sebagai uapaya peningkatan pendapatan, dengan menghindari perilaku konsumtif serta cerdas dan terampil mengelola pendapatan keluarga.
            Selanjutnya kepada peserta RAT, saya mengucapkan selamat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan, kiranya momen yang berharga ini menjadi ajang untuk semakin memperkokoh tekad dan kerja keras dalam menyikapi setiap perubahan yang senantiasa terjadi demi keberlangsungan Puskopdit ke arah yang lebih baik.

Kiranya Tuhan memberkati kita semua.
Sekian dan terima kasih.

Ende, 17 Maret 2017
Bupati Nagekeo,


Elias Djo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar