Senin, 01 Mei 2017

Sambutan Ketua Kopdit Serviam Ende pada Peresmian Kantor Cabang Mbay


SAMBUTAN KETUA
PADA SAAT PERESMIAN
KOPERASI KREDIT SERVIAM
CABANG MBAY
DADIWUWU-MBAY, 01 MEI 2017

Yth …
Bupati Nagekeo, Wakil Bupati, Ketua DPRD Nagekeo, Wakil Ketua DPRD dan anggota, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Pastor Pendamping Rohani Puskopdit Flores Mandiri, Ketua Dekopinda, Sekda,  Kadis Koperasi, UKM dan Perindag, Kadis P dan K, Kepala Bappeda, Kepala Pol PP, Kadis Pariwisata, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Tata Kota, Kadis Dukcapil, Kepala Banwas, Kadis Perhubungan, Kepala Pertanahan, Kabag Kesejaheraan, Kabag Organisasi, Kabag Tatapem, Camat Aesesa, Kapolsek Aesea, Danramil Aesesa-Riung, Wartawan Flores Pos Biro Ende dan Nagekeo, Wartawan RRI Ende, Lurah Lape, Danga, Mbay 1 dan 2, Kades Aeramo, Pimpinan Biara St. Fransiskus Aisisi Aesesa, Kepla SMUK Baleriwu, Kepela SMAN 1 Nagekeo, Kepala SMAK St. Theresia, Kepla SMK Aeramo, Kepala SMPK St. Theresia, Kepala SMPN 1 Aesesa, Kepla SMPK Hanura, Kepala SDK Supilape, Para Tokoh Lape, Danga dan Aeramo, Ketua OMK Penginanga dan Aeramo, manajer Kopdit Sangosay Cabang Mbay, manajer Kopdit Boawae Cabang Mbay, manajer Kopdit Kenisa Cabang Mbay, manajer Kopdit Sehati Cabang Mbay, manajer Kopdit Handayani Cabang Mbay, manajer Kopdit Setiawan Cabang Mbay, manajer Budi Utama Cabang Mbay, manajer Kopdit Mamasaya Cabang Mbay, Panitia penyelenggara Ende dan Dadiwuwu, fungsionaris dan tim fasilitator Kopdit Serviam Ende hadir, 299 anggota dan simpatisan. Singkatnya hadirin yang kami kasihi …..

Sebagai insan beriman, patutlah kita menyampaikan puji syukur dan terima kasih berlimpah kehadirat Tuhan yang maha esa atas berkat dan penyelenggaraan-Nya sehingga kita semua meringankan langkah dan meninggalkan segala kesibukan harian kita masing-masing dan datang berkumpul di bawah tenda persaudaraan dan kebersamaan ini untuk bersama Keluarga Besar Koperasi Kredit Serviam Ende meresmikan Cabang Pelayanan Mbay.


Bapak Bupati, para Undangan dan peserta peresmian Cabang Mbay yang terhormat,

Saya atas nama anggota dan pengurus menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran kita semua pada hari ini sebagai sebuah tim sepak bola dalam kebersamaan untuk bahu-membahu secara bergotong royong membangun kemandirian ekonomi rumah tangga anggota, simpatisan dan masyarakat Nagekeo. Kita juga dalam kebersamaan membantu membebaskan anggota maupun masyarakat dari budaya hidup boros, sistem ijon dan rentenir agar bisa hidup lebih sejahtera dalam seuruh aspek kehidupan. Kami yakin dan percaya, tiada sukses tanpa kebersamaan.

Hal ini seiring pidato proklamasi 17 Agustus 1954, Presiden Soekarno mengatakan bahwa Tuhan telah menyediakan kekayaan-kekayaan itu. Tetapi penggalinya tergantung pada kita sendiri. Nasib kita, kaya miskin kita, sengsara bahagia kita, tidak tergantung pada usaha orang lain melainkan dari ikhtiar kita sendiri dan usaha kita sendiri dalam kebersamaan. Dalam kegotongroyongan.
   
Koperasi Kredit Serviam yang lahir melalui rahim pendidikan Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula Ende pada tanggal 09 Januari 1993 terus mengembangkan pelayanan secara profesional berbasis hati nurani yang senantiasa berbela rasa dengan yang kecil, tertindas maupun  terpinggirkan untuk membangun dari apa yang ada pada masyarakat (anggota).

Seiring dengan visi dan misi itu, Koperasi Kredit Serviam Ende sesungguhnya terus berjuang untuk mewujudkan secara nyata apa yang menjadi kekuatan dan pedoman pengembangan masyarakat yakni: pergilah kepada masyarakat, tinggal bersama mereka, cintailah mereka, layanilah mereka, belajarlah dari mereka, berencanalah bersama mereka, mulailah atas apa yang mereka tahu, bangunlah atas apa yang mereka miliki, belajar sambil berbuat dan mengajarlah mereka sambil memberi contoh.

Oleh karena itu, melalui peresmian Cabang Mbay ini diharapkan kita semua bisa bersatu hati memberdayakan diri dan sesama melalui perbuatan menyimpan lebih bermartabat dari pada hanya meminjam, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan hidup boros melalui proses pendidikan kritis serta membangun jiwa wirausaha untuk menjadi investor di daerah kita sendiri tanpa harus mengorbankan lingkungan yang diami. Selama ini, mungkin kita kurang bersatu dan bersinergi sehingga kita sulit untuk bersaing dengan para investor lain.

Koperasi kredit Serviam Cabang Mbay akan menerima simpanan anggota baik simpanan saham seperti simpanan pokok, simpanan wajin dan simpanan kapitalisasi dengan pemberian jasa melalui balas jasa anggota (simpanan) dan balas jasa pinjam (pinjaman). Setiap rupiah yang anggota simpan dan bayar kepada koperasi kredit akan diperhitungkan kembali pada akhir tahun dalam bentuk deviden. Besar kecilnya deviden sangat berganutng pada partisipasi kita sebagai anggota.

Selain itu, Kopdit Serviam juga menerima simpanan non saham anggota seperti simpanan bunga harian (SIBUHAR), simpanan wajib belajar (SIWAJAR), Simpanan pendidikan anak (SIPENDIK), Simpanan pensiunan (SIDAPEN), simpanan ziarah keagamaan (SIAGAM), simpanan investasi (SIMAPAN) dengan suku bunga tetap yang bersaing dengan suku bunga pasar bahkan ada jenis simpanan tertentu lebih tinggi dari suku bunga pasar. Kopdit Serviam akan setia menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun budaya menabung secara berkelanjutan. Usaha produktif anggota yang telah dikembangkan adalah kios menengah dan besar; peternakan ayam petelur dan pedaging; peternakan babi menengah dan besar; tenun ikat, bengkel kayu dan besi; kebun sayur; jasa transportasi; meubler, home industry, jasa dan desain digital serta fotografer.

Terhitung sejak tanggal 01 Mei hari ini setelah peresmian oleh Bapak Bupati, semua transaksi bagi anggota dan calon anggota Cabang Mbay akan dilakukan di kantor cabang ini.

Untuk itu, saya mengajak kita semua yang hadir agar bisa menjadi anggota dan yang sudah menjadi anggota, baiklah mengabarkan berita suka cita ini kepada sama saudara kita lain terutama yang paling dekat dengan kita.
  
Bapak Bupati, Para Undangan, Peserta Peresmian yang Terhormat …

Momen bersejarah peresmian Cabang Mbay hari ini, saya sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati, Ketua DPRD, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Wakil Bupati, para Wakil Ketua DPRD dan anggota yang sempat hadir, Bapak Sekda, Ketua Dekopinda, Kadis Koperasi, UKM dan Perindag serta semua pimpinan SKPD dan undangan yang tak lagi saya sapa satu per satu. Terima kasih berlimpah, kehadiran bapak/ibu merupakan kebanggaan kami fungsionaris bersama anggota dan memberikan berkah tersendiri bagi keberlanjutan pengembangan Koperasi Kredit Serviam ke depannya.

Akhirnya, saya dengan rendah hati memohon kesediaan Bapak Bupati  memberikan sambutan, arahan dan juga kritikan sekaligus meresmikan Cabang Pelayanan Kopdit Serviam di Mbay secara resmi dengan cara menggunting pita dan membuka selubung papan pelayanan.

Sekian dan terima kasih.


Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.,M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar