Jumat, 28 April 2017

Siaran Pers Peresmian Kantor Kopdit Serviam Cabang Mbay


Pemimpin Redaksi Flores Pos dan para kru Flores Pos serta RRI Ende yang kami kasihi,

Koperasi Kredit Serviam Ende dibentuk pada tanggal 09 Januari 1993 setelah gempa dahsyat 12 Desember 1992 mengguncang Flores dan tak terkecuali Ende. Awal pembentukannya hanya mencakupi guru, dosen dan karyawan Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula Ende dengan anggota awal 27 orang dan modal awal Rp607.000. Dalam perjalanannya, Koperasi Kredit Serviam terus mengembangkan sayapnya meliputi seluruh masyarakat Kabupaten Ende dan Kabupaten Nagekeo. Saat ini sedang berproses untuk izin operasional sebagai primer nasional.


Berawal dari masukan-masukan anggota dalam pra-rapat anggota atau waktu pendidikan anggota di wilayah pengembangan  maupun rekomendasi juga keputusan RAT sejak tahun 2010 hingga saat ini didukung perintah Anggaran Dasar BAB I, Pasal 1 ayat (3) yang menyatakan “Koperasi dapat membuka cabang/perwakilan baik di dalam maupun di luar negeri atas persetujuan dan keputusan Rapat Anggota” serta menyadari luasnya jangkuan pelayanan kepada anggota dengan topografi yang sulit maupun efektivitas dan efisiensi, maka pengurus memiliki keberanian untuk mengkoordinir dan mengkosentrasikan pelayanan di Mbay, Kabupaten Nagekeo. Kami ingin mewartakan kabar sukacita kepada seluruh anggota dan simpatisan yang ada di Kabupaten Nagekeo agar bahu-membahu membangun kemandirian ekonomi rumah tangga secara bermartabat dalam kebersamaan yang saling mendukung satu sama lain. “Tiada kesuksesan tanpa kebersamaan” Adam Malik.

Cabang Pelayanan Kopdit Serviam di Mbay akan melayani anggota pada wilayah pengembangan  Dadiwuwu, Penginanga, Aeramo,Watuapi, Danga, Anakoli, Rendu, Boanio, Aegela, Koekobho Nangaroro dan daerah lainnya. Pengembangan anggota dan aset akan lebih terfokus dengan kehadiran cabang serta para petugas pada cabang pelayanan bersangkutan.

Per 31 Maret 2017, keadaan anggota pada Cabang Pelayanan  Mbay sebanyak 299 orang dengan besarnya simpanan saham Rp829 juta lebih, tabungan atau simpanan non saham Rp851 juta lebih, pinjaman yang beredar sebesar Rp1,3 miliar lebih serta kekayaan (aset) Rp1,4 miliar lebih. Sementara untuk keseluruhan, anggota 3.749 orang, simpanan saham Rp2,8 miliar lebih, tabungan atau simpanan non saham sebesar Rp17,3 miliar lebih, pinjaman beredar Rp16,1 miliar lebih dan aset (kekayaan) Rp24,4 miliar lebih.

Kegiatan peresmian akan dilakukan di Mbay pada tanggal 01 Mei 2017 yang akan diresmikan oleh Bupati Nagekeo yang didahalui acara pemberkatan oleh Pastor Elias Doni, SVD, pembimbing rohani Puskopdit Flores Mandiri serta dihadiri para undangan: Ketua DPRD Nagekeo, Wakil Ketua dan anggota DPRD Nagekeo, Wakil Bupati Nagekeo, Sekda Nagekeo, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Nagekeo, Ketua Dekopinda Nagekeo, Kadis P & K, Kepala Bapeda, Kadis Pariwisata, Kasat Pol PP bersama anggota yang sebagian sudah menjadi anggota Kopdit Serviam, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Tata Kota, Kepala Kantor Pertanahan, Kadis Dukcapil, Kabag Kesejahteraan, Kabag. Organisasi, Kabag. Pembangunan, Kabag Tatapem, Kadis Perhubungan, Camat Aesesa, Kapolsek Aesesa, Danramil Aesesa-Riung, Lurah Lape, Lurah Danga, Lurah Mbay 1 dan 2, Kades Aeramo, Wartawan Flores Pos Biro Nagekeo, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Biarawan/wati, Para Kepala Sekolah TK, SD, SMP dan SMU/SMK, para tokoh masyarakat dan adat Lape, Danga, Aeramo, tokoh muda (OMK) Lape, Danga, Aeramo, para manajer cabang kopdit yang ada di Mbay, para Motivator, anggota Cabang Mbay  serta pengurus, pengawas, penasihat, manajer dan staf Koperasi Kredit Serviam Ende. Diperkirakan 300 orang lebih peserta yang hadir.

Melalui kegitan dimaksud, kami memiliki impian atau visi dan misi yang sangat besar yakni Koperasi Kredit Serviam hendaknya menjadi agen perubahan yang memberi dampak dan pengaruh riil terhadap pengembangan kualitas hidup manusia Flores pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Nagekeo pada khususnya dengan membuka lapangan kerja baru, menambah income (pendapatan) anggota, melahirkan para wirausahawan-wati lokal yang handal serta meningkatkan harkat dan martabat manusia berdasarkan prinsip, filosofi,  jati diri koperasi  yang berpedoman pada empat pilar koperasi kredit yakni swadaya (kemandirian), pendidikan, solidaritas dan inovasi. Dengan demikian, kami mengharapkan bahwa Koperasi Kredit Serviam bisa menjadi salah satu lembaga keuangan yang berkelanjutan dan memberikan keuntungan bagi anggota (masyarakat) maupun lembaga untuk mengurangi budaya hidup boros, ijon dan bergantung kepada para rentenir serta berbagai penyakit sosial lainnya. Atas dasar itu, kami bersepakat mengambil tema peresmian kali ini “Membangun Kekuatan Ekonomi Masyarakat Lokal (Anggota) yang Bermartabat”. Mengembangkan bisnis atau usaha ekonomi para anggota koperasi kredit berbasis hati nurani yang mengangkat harkat dan martabat manusia setutuhnya.

Besar harapan kami bahwa dengan kegiatan peresmian Cabang Mbay maka akses pelayanan sudah lebih mudah, murah dan efektif. Anggota pada wilayah-wilayah pengembangan tidak lagi harus mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah lebih hanya untuk bertransaksi dengan Koperasi Kredit Serviam pada Kantor Pusat/Cabang Utama di Jalan Eltari Ende. Uang ongkos ojek atau angkutan lainnya bisa dihemat  untuk membayar simpanan wajib bulanan yang hanya Rp20.000 ataupun mengangsur pokok dan bunga pinjaman.

Oleh karena itu, akhir tahun 2017, pengurus memutuskan dan menginstruksikan agar Cabang  Mbay sudah bisa membiayai dirinya sendiri dalam keseluruhan operasional pengelolaan serta  merekrut 1000 anggota dan kekayaan (aset) minimal Rp3,5 miliar lebih.

Diinformasikan pula bahwa anggota yang bermukim di Kabupaten Nagekeo sejak tanggal 01 Mei 2017, segala transaksi pelayanan dengan Koperasi Kredit Serviam akan dilakukan di Cabang Mbay dengan alamat: Pertigaan Dadiwuwu-Penginanga- Mbay.

Terima kasih.

Ende, 28 April 2017  
Pengurus Koperasi Kredit Serviam Ende,

Kosmas Lawa Bagho, S.Fil., MM  sebagai Ketua
Venantius Minggu, S.Pd.,M.Pd sebagai Wakil Ketua
Elias Cima, S.Sos., M.A sebagai Sekretaris
Yohanes Satu, S.Pd sebagai Bendahara
Yeremias Mite, S.Ag sebagai Anggota (Manajemen Perkreditan).

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar