Selasa, 16 Mei 2017

Kopdit Serviam Dekatkan Pelayanan kepada Anggota di Nagekeo

Oleh Willy Aran
Wartawan Flores Pos 085 244 502 795

(Ende, Flores Pos). Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam telah melebarkan sayap ke Kabupaten Nagekeo dan telah mulai melayani anggota dan masyarakat di Kabupaten Nagekeo. Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam telah membuka cabang pelayanan di Mbay dan telah diresmikan pada Senin (1/5) lalu. Kehadiran  Kopdit Serviam ini untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.


Ketua Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam, Kosmas Lawa Bagho mengatakan bahwa Kopdit Serviam lahir melalui rahim pendidikan Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula Ende pada 9 Januari 1993 lalu. Kehadiran Kopdit ini untuk mewujudkan secara nyata kegiatan pemberdayaan ekonomi anggota dan masyarakat. Kopdit Serviam telah hadir untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya anggota dan telah berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

Menurut dia, peresmian kantor cabang atau cabang pelayanan di Mbay tersebut dengan tujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dan anggota serta membangun daerah ini. Selain melayani dan mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya anggota Serviam juga hadir untuk memberikan pendidikan koperasi dan mendorong jiwa wirausahawan di daerah sendiri.

"Setelah diresmikan, Kopdit Serviam Cabang Mbay mulai melayani anggota dan masyarakat di daerah ini. Kopdit Serviam di Kabupaten Nagekeo untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota khususnya dan membangun pertumbuhan ekonomi di daerah ini," katanya.

Kosmas juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang telah memberikan izin untuk membuka cabang di Mbay dan telah meresmikan Kopdit Serviam Cabang Mbay. Selain itu pengurus dan jajaran Manajemen Kopdit Serviam juga menyampaikan terima kasih kepada Puskopdit Flores Mandiri yang terus mendukung dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan Kopdit Serviam.

Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Mikhael Jawa mengatakan bahwa Kota Mbay dan Kabupaten Nagekeo pada umumnya memiliki daya magnetis untuk perkembangan ekonomi di daerah ini. Kopdit Serviam memutuskan untuk membuka cabang di Mbay bukan saja dari kepentingan dan keputusan bisnis tetapi untuk mendekatan diri kepada anggota. Mikhael Jawa juga mengatakan bahwa menjadi anggota Kopdit Serviam mesti harus membawa perubahan bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat.

"Kopdit Serviam sudah teruji dan tidak hanya memberikan janji, tetapi senantiasa memberikan kesaksian dari aksi nyatanya. Oleh karena itu, mari kita terus mendorong pertumbuhan ekonomi serta membangun atau memberikan kontribusi untuk daerah ini dengan koperasi. Kopdit Serviam merupakan salah satu koperasi yang kuat dan terus eksis membangun daerah ini" katanya.

Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus F. Ajo Bupu pada kesempatan peresmian itu, mengatakan bahwa kehadiran koperasi telah memberikan harapan baru bagi masyarakat di Kabupaten Nagekeo. Menurut Marselinus Bupu, meski pun berpusat di Ende namun Kopdit Serviam selama ini telah melayani masyarakat, khususnya kepada anggota yang berada di Kabupaten Nagekeo. Dari data yang dilaporkan oleh Manajemen Kopdit Serviam, membuktikan bahwa Kopdit Serviam merupakan lembaga keuangan mikro yang cukup sukses serta berhasil meraih kepercayaan masyarakat Nagekeo.

"Kehadiran Kantor Cabang Kopdit Serviam di Mbay membuktikan komitmen Kopdit Serviam untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para anggotanya. Kita tentu berharap bahwa kehadiran kantor cabang ini semakin memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepadan anggota Kopdit Serviam di Kabupaten Nagekeo. Kehadiran Serviam di Mbay sesuai dengan spirit Serviam yakni memberikan harapan bagi orang lain dalam hal ini para anggota Kopdit Serviam," katanya.

Bupati Nagekeo, Elias Djo saat meresmikan Kopdit Serviam mengatakan bahwa kehadiran Kopdit Serviam di Tanah Nagekeo membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini. Bupati Elias juga mengatakan bahwa meski pun Serviam merupakan Kopdit yang baru masuk di Mbay, namun Serviam merupakan lembaga keuangan yang berbasiskan prinsip dan nilai koperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Menurut Bupati Elias, para anggota yang telah bergabung dan belum bergabung memanfaatkan Koperasi Serviam.

"Saya percaya bahwa Kopdit Serviam memiliki jaringan kerja sama  yang terstruktur secara organisatoris dan berkelanjutan. Kepada para anggota yang sudah bergabung dan belum bergabung dapat memanfaatkan koperasi ini yang tentunya akan memberikan kemudahan dalam pelayanan. Sebagai bupati, saya mengimbau masyarakat untuk terus menggalakkan budaya menabung karena akan memberikan dampak signifikan terhadap perbaikan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup," katanya.

Bupati Elias Djo juga memberikan apresiasi kepada pengurus dan jajaran Manajemen Kopdit Serviam yang telah membuka cabang di Kabupaten Nagekeo. Bupati Elias meminta agar pengurus dan manajemen Kopdit Serviam Cabang Nagekeo tetap bekerja secara profesional dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya anggota.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar