Jumat, 13 Maret 2015

Menganalisis Lingkungan Pemasaran 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang



1.1.1. Perantara Perusahaan
Perantara pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran dan perantara keuangan. Penjual perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau melakukan penjualan. Penjual perantara meliputi pedagang grosir dan pengecer yang membeli dan menjual kembali. Memilih dan bermitra dengan penjual perantara tidaklah mudah. Kini produsen tidak mempunyai banyak penjual perantara kecil dan independen yang bisa dipilih.

  Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan menyimpan dan memindahkan barang-barang dari titik asalnya ke tempat tujuan. Dalam bekerja sama dengan perusahaan pergudangan dan transportasi, perusahaan harus menemukan cara terbaik utnuk menyimpan dan mengirimkan barang serta menyeimbangkan faktor-faktor seperti biaya, pengiriman, kecepatan dan keamanan. Agen jasa perusahaan adalah firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan firma konsultasi pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk pada pasar yang tepat.  Perantara keuangan meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi dan bisnis lain yang membantu membiayai transaksi atau menjamin terhadap resiko yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang.
   Seperti halnya pemasok, perantara pemasaran merupakan komponen penting dalam keseluruhan sistem penghantar nilai perusahaan. Dalam usahanya menciptakan hubungan pelanggan yang memuaskan, perusahaan harus bertindak lebih dari sekedar mengoptimalkan kinerja mereka sendiri. Perusahaan harus bermitra secara efektif dengan perantara pemasaran untuk mengoptimalkan kinerja keseluruhan sistem. Oleh karena itu, pemasar saat ini menyadari betapa pentingnya bekerja sama dengan perantara sebagai mitra bukan hanya sebagai penyalur. Sebagai contoh, ketika Coca-Cola bertindak sebagai pemasok minuman eksklusif bagai rantai makanan cepat saji, seperti McDonald’s, Wendy’s atau Subway, ternyata Coca-Cola menyediakan lebih dari sekedar minuman ringan. Coca-Cola juga menyediakan dukungan pemasaran yang kuat.

1.1.2. Pelanggan
    Berhubugan dengan pelanggan, perusahaan harus mempelajari lima (5) jenis pasar pelanggan secara lebih dekat yaitu pertama, pasar konsumen terdiri atas perorangan dan keluarga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Kedua, pasar bisnis adalah yang membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi. Ketiga, pasar penjual perantara adalah yang membeli barang dan jasa utnuk dijual kembali untuk mendapatkan laba. Keempat, pasar pemerintah terdiri atas badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum atau menyalurkan barang dan jasa ke pihak lain yang membutuhkan. Kelima, pasar internasional terdiri atas para pembeli di negara lain termasuk konsumen, produsen, penjual perantara dan pemerintah. Setiap jenis pasar mempunyai karateristik khusus yang memerlukan studi mendalam oleh penjual. 

1.1.3. Pesaing
     Konsep pemasaran menegaskan bahwa agar berhasil, perusahaan harus menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar dari pada pesaingnya. Oleh karena itu, pemasar harus melakukan lebih dari sekedar menyesuaikan diri dengan menempatkan penawaran mereka secara kuat menghadapi penawaran pesaing dalam konsumen.
      Tidak ada satu strategi pemasaran kompetitif yang paling baik bagi semua perusahaan. Masing-masing perusahaan harus mempertimbangkan ukuran dan posisi industri sendiri dibandingkan denga ukuran dan posisi industri pesaing. Perusahaan besar dalam posisi dominan di dalam sebuah industri dapat menggunakan strategi tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh perusahaan kecil. Akan tetapi menjadi besar tidaklah cukup. Ada strategi kemenangan bagi perusahaan besar tetapi juga ada strategi kekalahan. Perusahaan kecil dapat mengembangkan strategi yang memberikan tingkat pengembalian yang lebih baik bagi dirinya sendiri dari pada yang dinikmati perusahaan besar.

1.1.4. Masyarakat
      Masyarakat (public) adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya. Masyarakat dapat diindentifikasi dalam tujuh (7) tipe atau jenis. Pertama, masyarakat keuangan adalah kelompok yang mempengaruhi kamampuan perusahaan untuk mendapatkan dana. Bank, rumah investasi dan pemegang saham adalah masyarakat keuagnan utama. Kedua, masyarakat media adalah kelompok yang membawa berita, fitur dan opini editorial. Masyarakat media meliputi surat kabar, majalah dan stasiun radio serta televisi. Ketiga, masyarakat pemerintah. Manajemen harus memperhitungkan perkembangan pemerintah. Pemasar harus sering berkonsultasi dengan pengacara perusahaan tentang isu keamanan produk, kebenaran iklan dan masalah lain. Keempat, masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
       Keputusan pemasaran perusahaan mungkin dipertanyakan oleh organisasi konsumen, kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan lainnya. Departemen hubungan masyarakat dapat membantu perusahaan tetap berhubungan dengan konsumen dan kelompok LSM. Kelima, masyarakat lokal meliputi penduduk sebuah lingkungan dan organisasi komunitas. Perusahaan besar biasanya menunjuk petugas hubungan komunitas untuk berurusan dengan komunitas, menghadiri rapat, menjawab pertanyaan dan memberikan sumbangan amal yang bermanfaat. Keenam, masyarakat umum. Perusahaan harus memperhatikan perilaku masyarakat umum terhadap produk dan aktivitasnya. Citra publik perusahaan mempengaruhi pembelian masyarakat. Ketujuh, masyarakat internal meliputi pekerja, manajer, sukarelawan dan dewan direksi. Perusahaan besar menggunakan brosur dan sarana lain untuk menginformasikan dan memotivasi masyarakat internal. Apabila karyawan merasa senang dengan perusahaan, perilaku positif menyebar ke masyarakat eksternal.

***
 Diposting Malang, 13 Maret 2015
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar