Minggu, 04 Juni 2017

BUPATI NAGEKEO MERESMIKAN KANTOR CABANG KOPERASI KREDIT SERVIAM - MBAY

Oleh: Klemens Lae
Kepala Cabang Utama Koperasi Kredit Serviam Ende

Ketua, Manajer Puskopdit, Bupati dan Ketua DPRD Nagekeo
Koperasi Kredit Serviam yang bernaung di bawah Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Flores Mandiri senantiasa berjuang untuk bertumbuh dan berkembang  seiring dengan tuntutan zaman dengan tetap berlandaskan pada jati diri koperasi dan empat pilar  koperasi kredit agar tetap eksis di tengah-tengah persaingan yang makin dahsyat baik antar kopdit maupun dengan lembaga keuangan lainnya. Persaingan bagi Koperasi Kredit Serviam Ende bukan sebagai masalah melain merupakan peluang sebagai momen melahrikan inovasi, kreativitas dan diferensiasi atau keunggulan komparasi.  Lembaga Koperasi Kredit Serviam sebagai salah satu institusi yang bergerak pada bidang industri jasa keuangan, tentunya selalu berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan produktif agar peluang ekspansi tidak berhenti malah lebih berdaya guna untuk menjawab kebutuhan dan keinginan anggota serta masyarakat yang mengitarinya.
 Supremasi anggota menjadi hal yang sangat substansial. Oleh karena itu, perlu menciptakan pelayanan kepada anggota yang lebih efektif, efisien dan berhasil guna.  Inovasi menjadi pilar keempat kopdit yang dapat menjadi pemicu para pengambil kebijakan organisasi Koperasi Kredit Serviam untuk membuka kantor cabang pelayanan.
Tanggal 1 Mei 2017, Koperasi Kredit Serviam resmi membuka Kantor Cabang Pelayanan di Kabupaten Nagekeo yang berpusat di Dadiwuwu-Mbay setelah 4 tahun lalu pada bulan yang sama membuka kantor cabang pelayanan di Detusoko, kabupaten Ende. Kantor Kopdit Serviam Ende di Mbay-Nagekeo diresmikan oleh Bupati Nagekeo dan turut hadir Ketua DPRD Nagekeo, jajaran Kepala SKPD, Manajer dan Pastor Pembimbing Rohani Puskopdit Flores Mandiri, anggota Kopdit Serviam cabang Mbay serta simpatisan masyarakat sekitarnya. Setelah acara pengalungan kepada tamu undangan, tepat pukul 10.00 wita acara dimulai. Diawali dengan pemberkatan kantor dipimpin oleh Pastor Pembimbing Puskopdi Flores Mandiri, Elias Doni Seda, SVD.  Usai diresmikan, kantor cabang langsung beroperasi menerima pendaftaran anggota baru termasuk kepala SKPD Nagekeo.  

Ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam, Kosmas Lawa Bagho, S.Fil, M.M, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Nagekeo dan Ketua DPRD beserta seluruh undangan dan simpatisan yang telah hadir memenuhi undangan dalam acara peresmian Kantor Cabang Kopdit Serviam Mbay. “Dengan diresmikannya oleh Bupati, maka hari ini Kopdit Seviam siap beroperasi. Kehadiran Kopdit Serviam di Kabupaten Nagekeo memberikan dampak positif untuk mendukung pembangunan ekonomi kerakyatan yang mandiri dan bermartabat serta mendekatkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat di Kabupaten Nagekeo. Jadilah koperasi kredit sebagai pilihan pertama lembaga keuangan untuk berinvestasi bagi masa depan. Jika selama ini, kita hanya menonton investor dari luar daerah maka hari ini saatnya kita harus menjadi investor di daerah kita sendiri dengan mendayagunakan segala potensi yang ada” kata Kosmas penuh semangat.
Lebih lanjut, Kosmas menambahkan bahwa Kopdit Serviam sesungguhnya terus berjuang untuk mewujudkan secara nyata apa yang menjadi kekuatan dan pedoman pengembangan masyarakat yakni: pergilah kepada masyarakat, tinggal bersama mereka, cintailah mereka, layanilah mereka, belajarlah dari mereka, berencanalah bersama mereka, mulailah atas apa yang mereka tahu, bangunlah atas apa yang mereka miliki, belajar sambil berbuat dan mengajarlah mereka sambil memberi contoh.
“Hingga 31 Maret 2017, jumlah anggota cabang Mbay sebanyak 229 orang, simpanan saham Rp985.010.305, simpanan non saham Rp442.833.160, pinjaman beredar Rp1.314.552.000 dengan total asset   1.427.843.465. Diharapkan akhir tahun 2017, kantor cabang ini bisa merekrut minimal 1000 anggota dengan aset Rp3,5 miliar lebih dan bisa membiayai kegiatan operasional tidak lagi bergantung pada cabang utama” tutup Kosmas disambut tepuk tangan para hadirin.

Wujudkan Pelayanan Berkualitas
Harapan ini disampaikan Bupati Nagekeo, Drs. Elias Djo dalam sambutan peresmian kantor cabang pelayanan Mbay. “Atas nama pemerintah Kabupaten Nagekeo, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pengurus kopdit Serviam yang berani mengambil sikap yang tepat dan progres untuk membuka kantor cabang pelayanan di Mbay, dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota dan simpatisan atau calon anggota yang secara eksplisit juga telah membangun perekonomian masyarakat di wilayah ini” kata Elias penuh antusias. Elias melanjutkan “Saya berkeyakinan bahwa akan ada geliat ekonomi dan dampak positif yang mengikutinya. Sebab akan mendorong pertumbuhan di sektor ekonomi, yang secara segnifikan akan menjadi akses riil terhadap permodalan yang dapat menimbulkan efek domino dalam perekonomian masyarakat.  Sebagai kantor cabang yang baru, diharapkan harus mewujudkan pelayanan yang berkualitas kepada anggota sehingga mereka merasa at home dan memiliki daya tarik tersendiri terhadap kopdit Serviam. Kopdit yang sejati adalah kopdit yang melandaskan perjalanan roda organisasi melalui empat pilar; pendidikan, swadaya, solidaritas dan inovasi. Ini yang membedakan kopdit dengan lembaga keuangan yang lain” ucap Elias disambut tepuk tangan hadirin.  
Lebih lanjut, Elias mengatakan bahwa produk-produk anggota perlu dipromosikan apalagi menyongsong event-event bergensi seperti tour de Flores, hari koperasi tingkat propinsi Nusa Tenggara Timur yang akan berpusat di kabupaten Nagekeo,  siapa tahu ada pengunjung  baik domestik maupun manca negara untuk membeli cendramata, apalagi kantor persis berada di pintu masuk ibu kota kabupaten. Ini berarti peran dari kopdit tidak hanya mengurus simpanan dan pinjaman anggota tetapi ada nilai tambah dengan cara memberdayakan ekonomi anggota secara nyata. “Anggota harus dibudayakan untuk hidup hemat, gemar menabung. Pinjaman diperuntukan modal usaha dan atau biaya pendidikan anak, tidak untuk pesta atau urus belis. Pinjaman harus dilayani secara hati-hati kepada anggota, jangan sampai menimbulkan kredit macet. Karena semakin banyaknya kopdit di wilayah ini, dikhawatirkan anggota meminjam dibeberapa kopdit dan mungkin juga di perbankan sehingga dapat menyebabkan pinjaman masalah” kata Elias mengingatkan.
Apresiasi juga diberikan oleh ketua DPRD Kabupaten Nagekeo, Marselinus F. Ajo Bupu, A.Md. Ajo Bupu mengatakan bahwa dengan membuka kantor cabang membuktikan bahwa Koperasi Kredit Serviam sangat profesional dan memiliki asas manfaat yang langsung dirasakan oleh anggota pada khususnya dan masyarakat di kabupaten ini pada umumnya. “Kehadiran kantor cabang Koperasi Kredit Serviam hari ini membuktikan komitmen Koperasi Kredit Serviam untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para anggotanya, khusus yang berada di Kabupaten Nagekeo. Pengurus, manajemen dan anggota hendaknya memahami bahwa kopdit ini dapat menjadi lembaga keuangan yang kuat dan mandiri hanya apabila anggotanya terlibat aktif untuk melaksanakan hak-hak dan kewajibannya secara konsisten sesuai dengan tata aturan yang berlaku” kata Ajo Bupu tegas. Lebih lanjut Ajo Bupu meuturkan bahwa eksistensi Koperasi Kredit memang tidak bisa diragukan lagi dalam mewujudkan perekonomian masyarakat yang bermartabat, berkeadilan, berdemokrasi dan berkelanjutan. Perkembangan Koperasi Kredit di wilayah ini memang sangat pesat. “Setiap kali ada undangan untuk kegiatan Kopdit, pasti saya selalu menyisihkan waktu untuk hadir sebagai bentuk dukungan moril. Karena ada pengalaman menarik ketika menyelesaikan pendidikan sewaktu masih di bangku perguruan tinggi, Koperasi Kredit telah menyelamatkan saya di saat mengalami kesulitan biaya pendidikan, apalagi kuliah di luar pulau Flores. Atas pengalaman empiris seperti inilah, saya harus memastikan kepada kita semua bahwa, kehadiran Koperasi Kredit Serviam di wilayah ini dapat membawa perubahan kehidupan sosial. Saya mengajak kepada seluruh simpatisan dan masyarakat, untuk hidup berkoperasi. Karena jika ada kesulitan, kita bisa mengatasi kesulitan dalam kebersamaan. Tidak perlu ragu dan khawatir dengan kopdit. Kepada pegurus dan manajemen tingkatkan pelayanan yang berkualitas kepada anggota dengan tetap mengedepankan dimensi kemanusiaan. Karena secara prinsip kopdit mengutamakan aspek kemanusiaan, tetapi tidak mengabaikan sisi bisnis agar tetap survive. Dengan demikian kehadiran kantor cabang pelayanan membawa dampak positif terhadap kemajuan masyarakat dan perkembangan Koperasi Kredit Serviam yang makin maju, profesional dan berkelanjutan” katanya memotivasi.

Perubahan Diri Melalui Kopdit
Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Drs. Mikhael H. Jawa, memberikan apresiasi dan dukungan kepada segenap fungsionaris Koperasi Kredit Serviam yang berani exodus dari Ende. “Membuka cabang pelayanan di Mbay bukan sebuah keputusan bisnis tetapi lebih dari itu adalah keputusan keterpanggilan untuk mendekatkan pelayanan. Misi ini harus membatin dalam diri fungsionaris Koperasi Kredit Serviam, sehingga kehadiran cabang ini sesungguhnya dapat mendukung kebutuhan anggota dan calon anggota Koperasi Kredit Serviam di wilayah Mbay dan sekitarnya serta juga mendukung pemerintah dalam membangun perekonomian masyarakat yag bermartabat di wilayah ini” kata Mikhael menyakinkan audiens yang hadir. Lebih lanjut Mikhael menambahkan bahwa menjadi anggota Koperasi Kredit hendaknya membawa perubahan diri, mutu hidup lebih bermartabat, berdaulat dan mandiri dalam pengelolaan keuangan keluarga atau semakin melek keuangan. “Sebagai pendatang baru, tentunya Koperasi Kredit Serviam tidak luput dari problematika dan dinamika organisasi. Dengan demikian, militansi jati diri kopdit harus tetap dijunjung tinggi walaupun ada tantangan dan hambatan namun harus bijak dalam menanganinya menuju proses pendewasaan organisasi, selaras kata bijak pelaut yang ulung bukan dilaut yang tentang tetapi di laut yang bergelombang dengan arus yang deras” kata Mikhael memotivasi.
Tanpa disadari waktu telah menujukkan pukul 14.00 wita, antrian calon anggota masih berjajar untuk mendaftarkan diri sebagai anggota baru. Kopdit menyediakan doorprize bagi pendaftaran 50 orang pertama berupa buku bunga rampai berjudul “KOPDIT SERVIAM DAN KEMISKINAN DI FLORES”, mengenang ulang tahun kopdit. Mengakhiri rangkaian acara peresmian, diisi dengan acara hiburan yang melibatkan anggota dan masyarakat dengan acara ja’i bersama sebagai simbol kebahagiaan atas keberhasilan diresmikannya kantor cabang.  ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar