Kamis, 27 Agustus 2015

Tugas Metpen Kuantitatif 7

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang



Jenis, Metode dan Sumber Data
3.1.1        Jenis Data
Jenis data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder berupa angka-angka (Sugiono, 2009:7). Data-data tersebut merupakan data gabungan yang terdiri dari beberapa tahun danlebih lebih dari satu (1) koperasi kredit (pooled data atau data panel). Yang dimaksudkan dengan pooled data menurut Ghozali (2009:11) adalah gabungan dua elemen data berdasarkan runtut waktu/time series dan antar waktu/cross sectional. Data time series dalam penelitian ini diambil lima (5) tahun yaitu sejak tahun 2009 sampai dengan tahun 2013.

            Ada pun pertimbangan pengambilan data periode 2009-2013, bahwa untuk melakukan analisis rasio terhadap laporan keuangan setidaknya tiga sampai lima tahun guna memperoleh gambaran dan wawasan kualitas/kinerja manajemen dalam pengelolaan suatu lembaga keuangan dari waktu ke waktu (Raghulnandan et al., 2013), sementara data cross sectional terdiri dari beberapa koperasi kredit sesuai kriteri yang dipersyaratkan.
            Gambaran singkat data penelitian terdiri atas 18 koperasi kredit dengan waktu jangka waktu yang diambil selama lima (5) tahun (2009-2013), sehingga jumlah data yang diamati sebanyak 90 (5 tahun dikali dengan 18 perusahaan). Variabel yang akan diteliti mensyaratkan batas minimum data yang dapat diobservasi adalah 50 dari 5 variabel dikali 10. Mengacu pada ketentuan yang ada maka penelitian ini sudah sangat memenuhi syarat kecukupan yaitu 90 > batas minimum kecukupan data (60).
 3.1.      Metode Pengumpulan dan Sumber Data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas pada setiap akhir tahun buku selama periode penelitian. Dokumen lain yang dibutuhkan adalah Laporan Keuangan dan Statistik Bulanan (LKSB) per 31 Desember 2009, 31 Desember 2010, 31 Desember 2011, 31 Desember 2012, 31 Desember 2013. Untuk mendapatkan data-data dimaksud, peneliti melakukan beberapa tahapan kegiatan penelitian.
Pertama, pengumpulan data awal, kegiatan yang dilakukan adalah mempelajari seluruh data koperasi kredit yang ada pada Kantor Pusat Koperasi Kredit (PUSKOPDIT) Flores Mandiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendapatkan gambaran awal yang menjadi fokus kajian penelitian pada topik penelitian. Kedua, melakukan kunjungan dan konfirmasi dengan para manajer primer. Tujuan dan kegiatan ini adalah bertemu para pimpinan koperasi kredit serta mendiskusikan memohon kesediaan untuk memberikan data-data terkait yang diperlukan termasuk memohon kesediaan pada beberapa manajer untuk diwawancarai.
***
Catatan diakhir harus disertakan daftar rujukan!
Diposting Malang, 27 Agustus 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar