Jumat, 11 September 2015

Test Case Seminar Proposal Tesis pada Kelas Kecil

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa S2 Manajemen Universitas Negeri Malang

Hari itu, Kamis tanggal 10 September 2015. Suatu langkah awal yang cukup berani meski di tengah persiapan yang kurang mantap, penulis tampil mempresentasikan proposal tesis dalam kelas kecil sesama teman prodi S2 Manajemen angkatan tahun 2015 dengan judul "Strategi Menumbuhkembangkan Koperasi Kredit Melalui Peningkatan Partisipasi Anggota Berdasarkan Jati Diri Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Kredit Sangosay, Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur).



Judul tesis ini merupkan perubahan setelah ujian kompre lisan dengan para penguji dan pembimbing. Pembimbing I mengusulkan pergantian judul sebelumnya "Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Koperasi Kredit Sangosay, Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur". Berdasarkan masukan dan setelah mempertimbangkan secara saksama, akhirnya penulis menerima sebab memang sesuai pandangan dosen pembimbing pertama bahwa judul bersangkutan tidak sesuai dengan prinsip dan nilai koperasi yang mengusung 'kerjasama = co-operation" sementara 'compettition' adalah ciri khas 'corporate'.

Penulis sangat berterima kasih kepada dosen pembimbing yang mengajak penulis untuk kembali pada jati diri koperasi yang sesungguhnya di tengah tawaran nilai-nilai kompetisi yang berseliweran dalam dunia usaha saat ini apalagi memasuki era pasar bebas MEA 2015 dan pasar global lainnya.

Koperasi harus tetap eksis di tengah berbagai persaingan dan kemajuan kapitalistik dengan tetap mempertahankan jati diri yang sebenarnya. Mau dilihat entahkah, koperasi dapat mempertahankannya di tengah berbagai gempuran sistem dan nilai yang ada saat ini? Ini pertanyaan menarik dan garapan yang menantang penulis sehingga pada seminar kelas kemarin tanggal 10 September 2015, peneliti dan sekaligus penulis belum mengungkapkan variabel kunci yakni bagaimana strateginya dalam menumbuhkembangkan koperasi kredit melalui peningkatan partisipasi anggota berdasarkan jati diri koperasi. Tantangan ini yang harus segera dijawab melalui berbagai perburuan jurnal selanjutnya.

Catatan-catatan kritis dari audiens dan masukan pengasuh materi kuliah seminar proposal tesis menjadi catatan serius untuk segera digarap secara sungguh-sungguh sehingga impian bulan Oktober 2015 maju dalam seminar publik akan segera terrealisasi.

Doakan ya! Satu langkah awal sudah mulai dan akan tetap melangkah di tengah berbagai tantangan dan catatan kekurangan.

Malang, 11 September 2015

1 komentar:

  1. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus