Selasa, 23 Oktober 2012

Kehadiran Anggota Turut Menentukan Keberhasilan

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Salah satu indikator sehat tidaknya perjalanan organisasi dan usaha koperasi kredit juga ditentukan oleh rapat anggota. Koperasi kredit secara tertib melaksanakan rapat anggota menunjukkan bahwa koperasi kredit bersangkutan masih cukup sehat meski bukan satu-satunya.Namun satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah apakah semua anggota mengikuti dan menghadiri rapat anggota tahunan yang setiap tahun dijalankan oleh koperasi kredit.

Mayoritas kehadiran anggota pada saat rapat anggota tahunan menunjukkan kesetiaan, loyalitas dan komitmen serta kepercayaan anggota kepada koperasi kredit terutama kepada pengurus, pengawas, penasihat dan para pengelola operasional (manajer dan staf). Tahun 2005, penulis diberi kepercayaan dan kesempatan untuk menduduki jabatan tertinggi dalam koperasi kredit sebagai ketua pengurus secara kolektif-kolegial. 

Sejak dipercayakan pertama kali, penulis sungguh menyadari kontribusi kebersamaan baik dari anggota maupun para fungsionaris. Penulis selalu berupaya agar apapun kegiatan yang dilakukan koperasi kredit hendaknya dibangun diatas rasa kebersamaan dan persaudaraan. Apaila itu dilakukan secara konsisten maka segala perubahan dan terobosan yang dilakukan secara organisatoris lebih mudah tercapai. 

Keberhasilan kepemimpinan seseorang tidak diukur hanya pertambabahan anggota, modal dan aset secara spektakuler tetapi diukur oleh kehadiran fungsionaris terutama anggota dalam keseluruhan kegiatan koperasi kredit. Partisipasi kehadiran diukur sangat transparan yaitu pada waktu rapat anggota tahunan. Syukur kepada Tuhan bahwa sejak dipercayakan tahun 2005 hingga tahun 2012 ini, kehadiran itu masih cukup lumayan di tengah naik turunnya perkembangan koperasi kredit. 

Semoga kehadiran sebagian besar anggota semakin menambah warna kemajuan koperasi kredit dan tingkat kesejahteraan seluruh anggota yang berhimpun di dalamnya. Proficiat Koperasi Kredit Serviam Ende.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar