Selasa, 14 Oktober 2014

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Komunikasi Bisnis 4

Oleh Kosmas Lawa Bagho & Akhmad Sanhaji



2.3 Peran Teknologi Informasi & Komunikasi
2.3.1 Teknologi Informasi & Komunikasi Menduduki Peran Strategis
Penemuan dan pemakaian mesin–mesin baru dalam zaman revolusi–revolusi ini tidak mempunyai pengaruh yang besar pada pengolahan manusia, pengolahan informasi masih informasi masih tetap hanya dilakukan oleh manusia.Sekarang perimbangan kecepatan kemajuan teknologi telah berubah. Kini teknologi untuk mengolah informasi lebih cepat perkembangannya dari perkembangan teknologi untuk kegiatan fisik dan biayanya semakin murah. Biaya untuk menyimpan data, mengolah data dan untuk menyebarkan hasil–hasilnya terus menurun dengan cepat.
 
Revolusi teknologi informasi menyebabkan orang dengan cepat mengetahui berita dan dengan cepat pula mengirimkan berita, jadi terciptalah komunikasi yang efektif. Orang berusaha menanggapinya, memperbaiki apa yang ada, meningkatkannya dan menciptakan hal yang baru. Dan terjadilah perkembangan yang berantai. Revolusi informasi tidak hanya merubah proses memperoleh berita, dan sulit menjadi mudah melainkan melahirkan alat, teknik – teknik dan mesin yang dibuat di tempat lain yang diketahui serta dimengertinya dengan jelas dari informasi (dari uraian  dan lukisan di majalah, TV, radio, internet: forum, milis, situs jejaring sosial, blog, E-learning). Kini revolusi teknologi informasi memperpendek waktu itu secara lebih drastis. Suatu berita dapat mencapai keseluruh dunia dalam waktu beberapa menit bahkan detik (Fahmi Tamsil http://www.esaunggul.ac.id/article/peran-teknologi-informasi-dalam-dunia-komunikasi/ diakses tanggal 4 September 2014).  
Teknologi informasi dan komunikasi banyak mempengaruhi setiap unsur rantai nilai, mengubah cara melaksanakan kegiatan bernilai, serta mengubah hubungan antar kegiatan tersebut.Teknolgi informasi menyebabkan komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan mudah. Dan juga menyebabkan informasi tentang keadaan konsumen, harga bahan mentah dan keadaan pasar di semua negara dapat diketahui dengan mudah dan cepat.
Tehnologi informasi yang menunjang adanya komunikasi. Contohnya yaitu Telepon, Telegram, Telex, Faximile, Surat Kabar, Majalah dan sebagainya. Suatu teknologi komunikasi yang banyak dipergunakan dan besar dukungannya terhadap revolusi teknologi informasi adalah komputer dapat digunakan sebagai mesin ketik yang istimewa yang dapat digunakan untuk mengolah kata, membentu berpikir, termasuk simulasi, selain itu komputer juga dapat digunakan untuk merancang informasi, termasuk desain dan lukisannya.
2.3.2   Fungsi Internet dalam Dunia Informasi & Komunikasi
Internet adalah satu teknologi yang mutakhir di zaman ini yang terdapat pada computer. Dengan adanya internet, sekarang kita dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam internet yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan komunikasi. Contohnya adalah E-Mail. E-Mail atau electronic mail adalah sara yang paling banyak digunakan, pengiriman pesan dapat melalui SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Semua pengguna jaringan dalam internet mempunyai E-Mail (Yao Tung Khoe dalam Fahmi Tamsil
Etika dalam berkomunikasi di internet disebut dengan Niquette Gordon Eubanks Rule (President of Symantec) mengatakan don’t write a message that contains informasi you don’t want to become public knowledge. POP adalah Post Office Protocol seperti kotak pos pribadi yang akan menyimpan semua mail kita dari internet selam kita online. Pemerintah lainnya WHOIS yang mengandung informasi pada seseorang berupa alamat IP, alamat, nomor telepon, dll. Data base WHOIS disimpan dalam interNIC.
2.3.3        Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing
Perusahaan di masa era informasi adalah masa transformasi yang revolusioner.  Kinerja perusahaan tidak hanya dinilai dari sisi financial dan aktiva tetapi membahas segala aspek yang harus menyediakan cost leadership, diffrention, dan focus.  Era informasi perusahaan lebih responsif untuk menjawab tantangan pasar, persiapan untuk menghadapi tantangan perusahaan saat ini banyak mulai memutuskan untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperbaiki kinerja perusahaan terkait dengan proses bisnis. Diharapkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dapat terciptalah sebuah proses usaha bisnis dengan kinerja optimal dan keunggulan bersaing (Wandi P.
Teknologi informasi dan komunikasi dapat dipergunakan untuk menyiapkan informasi publik dalam bentuk elektronik yang memungkinkan untuk dicari, dilihat, dan di-download oleh yang membutuhkannya melalui media komunikasi dan sistem informasi yang disiapkan untuk keperluan itu. Dalam sistem perekonomian global yang semakin intensif informasi  seperti saat ini, fasilitas akses ke database dan dokumen yang tertata rapi sehingga menghasilkan knowledge atas kondisi dan potensi lokal  yang sangat khas dapat dijadikan unsur penting dalam peningkatan daya saing bangsa dan 14 negara. Knowledge tersebut dibutuhkan oleh masyarakat dan pelaku bisnis untuk berinovasi dan berkreasi menghasilkan usaha-usaha baru yang sangat penting dan merupakan tumpuan pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang dapat bersaing dengan bangsa lain (Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Buku Putih Indonesia 2005-2025, Jakarta, 2006). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar