Selasa, 14 Oktober 2014

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Komunikasi Bisnis 1

Oleh Kosmas Lawa Bagho & Akhmad Sanhaji

Catatan:
Makalah ini dibuat bersama Akhmad Sanhaji dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Mahasiswa S2 Manajemen Universitas Negeri Malang. Materi makalah ini kami ramu dari buku tentang komunikasi serta search pada mbah google. Bagi para sahabat yang tulisan kami kutif dan lupa dibuat catatan kaki (rujukan), mohon dimaafkan. Tulisan makalah perdana, saya posting di blog untuk mendapatkan catatan kritis atau masukan berharga agar kerja intelektual kami selanjutnya lebih bermutu dan jujur dalam mencantumkan berbagai rujukan yang kami ambil. Memang sejujurnya, kami memberikan daftar rujukan namun terkadang kami lupa baik tidak disengaja maupun disengaja. Terima kasih. Selamat menikmati!





Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis bertumbuh dan berkembang  sangat  dinamis, cepat dan tidak terkendali sesuai pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan serta keinginan pelanggan atau konsumen. Dewasa ini, penerapan teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Proses penggunaan internet, email, media massa, brosur sudah menjadi bagian dari perusahaan modrn. Semua perusahaan (bisnis) memandang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai kebutuhan yang tak terpisahkan dari perjuangan mengembangkan perusahaan untuk mencapai laba atau produktivitas.
Persaingan yang sangat ketat dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya untuk secara tepat dan cepat dalam mengambil keputusan baik yang menyangkut kebijakan maupun tata operasional. Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat melalui informasi atau data yang dikumpulkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 
Peran teknologi mempunyai kaitan yang erat dalam bidang informasi dan komunikasi. Sarana teknologi informasi yang banyak digunakan adalah komputer.  Teknologi internet yang banyak mempermudah manusia dalam mencari sumber informasi dan berkomunikasi dengan orang lain.
Melalui sarana – sarana yang ada dalam internet kita dapat memperoleh informasi dengan mudah, praktis dan cepat sehingga tidak membuang waktu. Peranan teknologi informasi dalam bidang komunikasi sangatlah besar, karena dalam adanya informasi yang mendukung, akan terciptalah komunikasi yang efektif dan dengan adanya kemajuan dari kedua bidang tersebut maka akan majulah suatu pembangunan.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah yaitu:
1.2.1 Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Tataran Konsep?
1.2.2 Apa posisi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis?
1.2.3 Apa peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis?
1.2.4 Apa dampak positif, negatif serta jalan keluar Teknologi Informasi dan
        Komunikasi dalam Bisnis?

1.3  Tujuan penulisan
Dengan adanya penulisan makalah ini memberikan gambaran mengenai Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Komunikasi Bisnis. Makalah ini memfokuskan diri pada peran positif lantaran perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, hal-hal yang mengganggu serta media-media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar