Minggu, 05 Januari 2014

Optimisme Koperasi Kredit Tahun 2014


Oleh Kosmas Lawa Bagho

Tahun 2013 telah kita lewati dalam berbagai suka dan duka yang dialami. Pergerakan pelayanan koperasi kredit selama tahun buku 2013 memberikan harapan dan kecemasan. Harapan membangkitkan rasa optimisme tinggi bahwa pelayanan koperasi kredit telah mengangkat harkat dan martabat masyarakat (anggota) akar rumput menempati kesejahteraan sedikit lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.



Dibalik itu ada juga kecemasan yang membawa ketakutan terutama kredit lalai yang telah membuat bingung seluruh fungsionaris ataupun anggota. Kredit lalai membuat semua yang bergerak pada koperasi kredit ketar-ketir seolah-olah tidak ada lagi harapan agar masyarakat (anggota) menuai kesejahteraan di tempat yang tinggi melalui organisasi koperasi kredit. Nama koperasi kredit sedikit tercoreng karenanya.

Namun tahun buku 2013 dengan penuh dinamika itu telah kita lalui dengan selamat dan kini kita tiba pada tahun 2014. Tahun 2014 merupakan tahun harapan untuk merealisasikan impian dan imajinasi kita yang belum sempat terwujud pada tahun 2013.

Tentu harapan, impian dan imajinasi harus selalu direflesikan. "Harapan dan imajinasi yang tidak direfleksikan tidak akan berguna," kata Khalil Gibran.

Untuk itu, dari pada kita mengutuk kecemasan dan ketakutan akibat tidak terealisasi pada tahun 2013, ada baiknya kita berpikir jernih, nuarani bening dan dengan cara berpikir otak kanan untuk merefleksikan segala perjalanan tahun 2013 dan menentukan langkah-langkah strategis agar melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi perjalanan koperasi kredit dan kesejahteraan para anggotanya pada tahun 2014.

Langkah itu perlu kita siasati secara cermat agar bisa menuai sukses. Koperasi kredit hendaknya memikirkan strategi yang jitu untuk mengatasi kredit macet berjemaah, mafia anggota yang berentetan serta mafia lainnya yang mulai menggerototi sendi-sendi atau pilar-pilar koperasi kredit seperti swadaya, pendidikan, solidaritas dan inovasi.

Nilai-nilai itu mungkin akan mendapatkan guncangan yang lebih hebat pada tahun 2014. Jangan takut, kita jalani dengan bijak bagaikan air mengalir. Ikuti arus kehidupan yang sedang mengalir tetapi janganlah kita terhanyut oleh arus keserakahan yang mengguncangkan nilai kejujuran.

Koperasi kredit yang terus mengembangkan nilai-nilai tersebut adalah koperasi kredit yang tetap optimis pada tahun 2014.

Ende, 06 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar