Minggu, 12 April 2020

Evaluasi Para Peserta 4 : OJT Angkatan XXVI/2020

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Salah Seorang Fasilitator OJT (On Job Training)
Puskopdit Flores Mandiri

"Tidak ada yang baik dan buruk. 
Pikiranlah yang membuatnya demikian. 
Kehidupan Anda dibangun oleh pikiran Anda" Shakespeare

Rasanya tidak ada yang baik dan buruk dalam kehidupan umat manusia. Sejak awal penciptaan, Tuhan menciptakan segala sesuatu baik adanya. Kehendak bebas dan pikiran manusialah yang membuat segala sesuatu menjadi baik atau buruk. Persepsi terhadap apa yang terjadi sangat bergantung pada pikiran kita. Apakah kita berpikir baik atau sebaliknya.

Demikian juga dengan kegiatan pembelajaran selama 60 hari di Puskopdit Flores Mandiri. Lebih dikenal dengan nama keren OJT. On Job Training. Proses persiapan awal bagi para calon karyawan koperasi kredit agar bisa melaksankan tugas dan tanggungjawabnya secara efektif dan efisien sesuai visi, misi dan kebutuhan organisasi koperasi kredit.


Saat ini, penulis memfasilitasi OJT Angkatan ke-26 Tahun 2020 sejak tanggal 12-18 Maret 2020. Sejumlah materi telah disampaikan pada tulisan terdahulu.

Kali ini, penulis melanjutkan evaluasi peserta OJT terhadap proses yang telah dilalui bersama. Evaluasi ini tidak dimaksudkan siapa yang hebat dan tidak hebat apalagi hanya meliaht yang baik diantara yang buruk. Evalausi sebagai catatan kritis-reflekstif agar proses selanjutnya dijalankan lebih tetap guna dan berdaya saing.

Demikian lanjutan hasil evaluasi yang dibuat secara tertulis tanpa menulis nama sehingga evaluasi bisa berjalan secara objektif dan tanpa edit, memunculkan apa adanya sesuai aslinya.

*Untuk materi secara keseluruhan sangat bagus dan memuaskan dan juga mudah dipahami, akan tetapi volume suara Bapak selaku pemateri agak sedikit diperbesar, dikarenakan ada beberapa materi yang kami rasa hampir tidak mengerti dikarenakan volume suara terlalu kecil. Sehingga kami bisa memahami kembali materi yang Bapak berikan melalui diskusi kelompok. Akhir kata saya ucapkan limpah terima kasih yang sebesar-besarnya kepaa Bapak, semoga semua materi yang Bapak berikan dapat kami terapkan dengan baik di lapangan. Dan semoga Bapak sehat selalu dan diberkati Tuhan yang maha esa. Amin.

*Materi yang disampaikan sangat bagus dan tepat sasaran. Metode yang digunakan juga sangat baik dan tidak membosankan. Cara penyempaiannya materi menarik dan peserta OJT merasa lebih aktif dan tidak diperlakukan pasif. Peserta OJT merasa lebih dekat dan tidak kaku dengan pemateri. Penilaian dalam ujian public speaking sudah sangat baik dan ketat. Terima kasih sudah menjadi formator yang menginspirasi.

*Hemat saya, materi dan metode penyajiannya sudah sangat bagus, materi mudah dimengerti dan metode penyajiannya serta animasi yang membantu penyerapan materi. Satu saja masukan agar hal-hal yang bersifat kebijakan pada level atas tidak perlu didiskusikan karena tidak akan mencapai titik temu, cukup dipaparkan untuk diketahui bersama.

*Materi yang dipaparkan begitu bagus sehingga menambah wawasan pengatahuan kami. Pemaparan materi juga bagus sehingga memudahkan kami untuk mengerti. Satu hal yang saya alami secara pribadi adalah perasaan bosan karena lebih banyak duduk dan mendengar.

*Materi yang saya terima selama kegiatan mulai hari Senin hingga hari ini, menurut saya, materi yang dibawakan oleh pemateri Bapak Kosmas sangat menarik karena cara Bapak Kosmas membawakan materi sangat luwea, Bapak Kosmas juga memberikan kesempatan kepada kami untuk saling berdiskusi dengan begitu melatih kami untuk berbicara, disamping itu juga disela-sela materi untuk menambah semangat/tidak jenuh audience diajak menari bersama. Dengan begitu materi yang kami dapat dicermati dengan baik.

*Materi yang diterima dengan baik, penyampaiannya jelas, menjawab pertanyaan dengan baik menyelingi kegiatan materi dengan humor yang baik. Setiap materi yang sudah pasti seperti regulasi, pasal, ayat sebaiknya tidak untuk didiskusikan karena sudah pasti, solusinya mungkin malam sebelumnya disuruh mencari dan paginya diminta untuk dijabarkan di papan tulis perorangan. Secara keseluruhan saya puas dan sangat berterima kasih atas pengatahuan yang sudah Bapak Kosmas bagikan.

*Dalam proses belajar selama satu minggu ini, jujur saya senang banyak sekali nilai-nilai yang saya kurang paham selama ini dalam kehidupan saya bisa mengerti dan tahu. Dengan kegiatan ini juga adanya berbagai tes-tes kepribadian membuat saya lebih mengenal diri saya yang sebenarnya. Memberikan saya ilmu baru tentang perencanaan keuangan yang selama ini saya anggap sepele. Tentang cara berbicara sistematik dan  mengatasi tekanan saat melakukan sosialisasi. Untuk pesan dari saya untuk Bapak saya rasa tidak ada karena saya rasa sudah pas. Terima kasih untuk kebersamaan dalam satu minggu ini dan menjadi teladan yang baik bagi kami.

*Dalam proses kegiatan bimbingan dan pelatihan selama satu minggu sudah banyak hal positif yang kami dapatkan misalnya Bapak selalu disiplin waktu, dalam penjelasan selalu sistemati dan mempunyai banyak metode, banyak materi yang kami mengerti. Dalam proses bimbingan ini masih ada hal-hal yang kurang dan perlu dibenahi seperti dalam penjelasan mungkin Bapak harus tambah lagi satu metode yang membuat suasana lebih hidup sehingga tidak membosankan. Dalam kegiatan diskusi supaya lebih kreatif, alangkah baiknya materi yang dibagikan ke setiap kelompok harus berbeda-beda supaya dalam pembebasan dari setiap kelompok tidak menyampaikan hal yang sama saja. Dalam kegiatan ini mungkin ada kata-kata atau tindakan saya yang menyinggung perasaan Bapak, saya menyampaikan permohonan maaf.

Tidak ada yang baik dan buruk. Kita tetap harus berjuang berpikir dan bertindak positif sehingga apa yang telah kita proses bersama bisa memberikan asas manfaat lebih bagi pengembangan pribadi terutama dalam mengembangkan potensi terbaik untuk memberikan kontribusi unggul bagi koperasi kredit.

Sebagai pembimbing, semua masukan baik yang positif dan catatan perbaikan (kekurangan), diterima dengan senang hati demi meningkatkan kualitas pembelajaran bersama pada angkatan berikutnya atau dalam pertemuan-pertemuan dalam sesi lainnya.

Proficiat dan selamat melakukan. Hanya dengan melakukan bahwa apa yang dipelajari bisa dilihat dampaknya. Dengan demikian, proses pembelajaran yang baik adalah para peserta menjadi lebih hebat dari sang pembimbing dengan melakukan.

Selamat berkarya!!!

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar