Rabu, 08 April 2020

Evaluasi Para Peserta 2 : OJT Angkatan XXVI/2020

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Salah Seorang Fasilitator OJT (On Job Training)
Puskopdit Flores Mandiri

"Seorang musisi harus bermusik, 
seorang seniman harus melukis, 
seorang sastrawan menulis, 
jika ia ingin menjadi benar-benar
seirama dengan dirinya" Abraham Maslow.

Peserta bersama Fasilitator

Searas dengan pemikiran Abraham Maslow yang dikutif dari buku Anthony Robbins, "Unlimited Power" diterjemahkan oleh Iryani Syahrir & Dieni Purwandari dengan editor handal Mehdy Nurjanatur Fadillah terbitan PT. Ufuk Publishing House, Jakarta, cetakan pertama April 2014 maka kami fasilitator hendaknya terus berjuang memfasilitasi serta mencoaching para calon karyawan koperasi kredit yang berpayung pada Puskopdit Flores Mandiri. Tidak main-main sudah 26 angkatan sejak dimulai tahun 2008 lalu.



Belum mencapai ribuan namun sudah ratusan karyawan yang mengikuti OJT (On Job Training) selama 60 hari di Hotel Flores Mandiri kepunyaan Puskopdit Flores Mandiri dari tiga kabupaten yakni Ende, Ngada dan Nagekeo.

Alumni OJT Puskopdit Flores Mandiri memang mungkin baru mencapai ratusan orang dan dari ratusan orang dimaksud telah memfasilitasi ribuan bahkan puluhan ribu anggota yang tersebar di seantero NTT,  Indonesia bahkan luar negeri seperti di Kualalumpur, Singapura dan Hongkong. Sebagian anggota koperasi kredit juga sedang berkarya di sana.

Ok. Kita belum lari teralu jauh, nanti akan dibahas lebih spesifik dan sebagian telah penulis bagikan melalui blog ini (beberapa angkatan) dan juga pernah dimuat pada majalah PICU (Pusat Informasi Credit Union yang sebelumnya dinamakan Buletin BK3I) terbitan Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) di Jakarta.

Saat ini, penulis blog lebih memfokuskan pada evaluasi para peserta OJT angkatan ke-26 yang penulis fasilitasi sejak tanggal 12 - 18 Maret 2020 dengan materi Manajemen Dasar Koperasi Kredit. Penyajian materi dibuka dengan Motivasi Diri diikuti Ansos (Analisis Sosial) 1, Ansos 2, Sejarah Koperasi Kerdit & Perbandingan Kopdit dengan Lembaga Keuangan Lain, Jati Diri Koperasi & Panca Pilar Koperasi Kredit, Regulasi Koperasi, Struktur Organisasi Koperasi Kredit, Fungsi Pengurus & Deskripsi Kerja Fungsionaris, Produk Utama Kopdit & Manfaat Sosial, Perencanaan Keuangan, P3K (Perncanaan Penerimaan dan Pengeluaran Keluarga), Kepemimpinan & Menjadi Komunikator yang Handal, Praktik Public Speaking dengan tema utama "Motivasi Menjadi Anggota Kopdit".

Setiap hari Sabtu dalam pekan selalu didukung dengan pembinaan mental dan iman melalui perayaan Ekaristi (Katolik, red) yang dipimpin oleh pastor pendamping rohani Puskopdit Flores Mandiri dari Serikat Sabda Allah (SVD Provinsi Ende), Pastor Elias Doni Seda, SVD dan Pastor Petrus Bate, SVD.

Petikan hasil evaluasi lanjutan:

*Sangat memuaskan (materi, penyampaian dan pendekatan yang dilakukan denan sangat baik). Sangat menghargai waktu. Alangkah baiknya, sebelum pemahasan materi, terlebih dahulu materinya di copy ke peserta terutama materi OJT, supaya dapat dipelajari sebelumnya. Waktunya sngat singkat, terutama dalam hal latihan-latihan. Perbanyak latihan ketimbang materi. Terima kasih telah memberikan yang terbaik untuk kami semua, saya sebagai pribadi sangat tertolong dan terlatih untuk dapat bekerja dengan baik bantinya. Terima kasih.

*Untuk materi Ansos dan Public Speaing, menurut saya sangat bermanfaat karena sudah menambah wawasan saya mengenai koperasi baik dari tingkat pusat ke level/tingkat terendahnya, bagaimana saya dimotivasi dan diarahkan untuk menjadi pribadi yang lebih profesional, lebih kritis, lebih siap secara mental dan emosional dalam menghadapi tantangan di tempat kerja nanti. Public speaking juga sangat penting karena ini adalah salah satu aspek skill yang wajib saya kuasai nanatinya karena punya andil yang besa untuk pekerjaan saya. Mengenai Ansos, memang pada beberapa titik saya mereasa jenuh, mungkin karena materi agak membosankan atau kondisi emosional dan fisik saya yang belum fit sepenuhnya tapi secara umum sangat menyenangkan kegiatan dan materi lain.

*Merasa tertarik dengan cara pak Kosmas untuk mengusir rasa jenuh dalam penyampaian materi dengan menghadirkan game-game menarik sehingga kami menjadi kembali semangat utnuk tetap fokus. Alangkah baiknya di akhir hari dalam penyampaian materi, peserta OJT diberikan semacam PR./tugas. Hal ini karena berdasarkan dari pengalaman selama ini, setelah materi disampaikan para peserta OJT tidak berfokus atau niat mempelajari kembali materi atau gagasan yang telah disampaikan sepanjang hari tadi. Untuk selanjutnya mungkin materi yang sisampaikan di power point bisa diupdate tampilannya. Mulai dari gambar, ilustrasi dan juga video-video yang sesuai dengan keadaan milenial sekarang.

*Dari kegiatan yang sudah dijalankan saya secara pribadi merasa bersyukur karena mendapat pengatahuan baru berkaitan dengan materi yang disampaikan/diajarkan. Di dalam kegiatan ini kami dilatih untuk berpikir apa saja yang dapat kami lakukan untuk membangun perekonomian masyarakat. Memecahkan persoalan keauangan yang terjadi di masyarakat dengan cara bergabung menjadi anggota koperasi. Semoga berkat doa, dukungan Bapak, kami dapat menjadi karyawan koperasi kredit yang baik dan membawa kehidupan masyarakat kepada kecerdasan dalam mengelola uang serta menuju kepada kesejahteraan dan kebahagiaan hidup. Semoga kami dapat menjadikan masyarakat yang hidup berkeluarga menyatukan perbedaan dan membangun iman.

*Dari sqya pribadi merasa sangat bersyukur kepada seluruh pihak Puskopdit Flores Mandiri dan juga Hotel Flores Mandiri atas segala ilmu dan pelayanan sampai hari ini. Awal mengikuti OJT ini saya merasa bhawa saya sudah memiliki ilmu yang cukup tapi nyatanya bahwa saya merasa bahwa saya sangat minim dari segi ilmu. Nah, setelah sampai hari ini tanggal 18/03/2020, saya merasa sangat-sangat bangga dengan seluruh pihak Puskopdit Flores Mandiri telah memebrikan ilmu yang luar biasa (lebih khusus ilmu akuntansi) sehingga saat ini saya merasa sudah memiliki ilmu yang luar biasa. Berangkat dari pengalaman, saya akan terus belajar. Sekiran mungkin, ilmu yang saya miliki saat ini masih sangat kurang sehingga memotivvasi daya belajar lebih banyak lagi. Memang sejujurnya saya merasa sangat-sangat capek dengan kegiatan ini dan hampir tak sanggup lagi untuk mengikuti. Namun dengan motivasi dan segala dorongan dari pihak Puskopdit Flores Mandiri, saya dapat melanjutkan kegiatan ini. Terima kasih.

*Mungkin bisa Public Speaking waktunya ditambah, karena salah satu hasil yang paling penting utuk staf adalah bagaimana kepercayaan dirinya untuk tampil di depan umum. Lelucon perlu ditambah karena terlalu fokus mendengarkan materi yang Bapak beri, bawaannya mengantuk. Yang perlu dipertahankan: kedisiplinan waktu, jam masuk, jam istirahat, jam makan (Bapak selalu on time). Materi yang Bapak jelaskan dengan tempo yang pas memudahkan kami untuk mengerti. Memaksa kami untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan umum, berkomunikasi yang baik saat berdsikusi. Bapak merupakan notulen yang handal dalam sebuah diskusi. Sehat selalu Bapak!

*Masukan: suara kurang keras, leluconnya perlu ditambah. Yang dipertahankan: kedisiplinan waktu, orangnya penyabar dalam memberikan materi, sangat baik dalam menyampaikan materi.

Laksana Abraham Maslow, sebagai penulis dan fasilitator mendorong para peserta untuk melakukan apa yang diperlajari sebab terlalu banyak orang hanya membicarakan cara melakukan. 

"Seorang musisi harus bermusik, 
seorang seniman harus melukis, 
seorang sastrawan menulis, 
jika ia ingin menjadi benar-benar
seirama dengan dirinya" Abraham Maslow.



***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar