Jumat, 02 Maret 2018

Perak Pelayanan dan RAT Tahun Buku 2017 Berjalan Lancar dan Sukses

Oleh Kosmas Lawa Bagho, S. Fil., M.M
Ketua Koperasi Kredit Serviam Ende
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri

Bertemakan "Bersyukur Dalam Ketekunan Usaha Sembari Berinovasi Merebut Ruang Pasar Baru" detik-detik Perak Pelayanan dan RAT Tahun Buku 2017 tanggal 25 Februari 2018 sudah sangat terasa sejak pembentukan panitia perdana Bulan Mei 2017. Terpilih waktu itu  kepanitiaan, Hery Mukin sebagai ketua dan Agustinus Tage sebagai sekretaris. Kepanitiaan lengkap diserahkan kepada ketua dan sekretaris mengaturnya lebih lanjut.



Ada yang nyeletuk RAT Tahun Buku 2017 dan Perak Pelayanan masih jauh namun kepanitiaan lengkap sudah terbentuk. Agaknya, Koperasi Kredit Serviam Ende tidak lagi konsentrasi pada inovasi pelayanan kepada anggota melainkan lebih berkonsentrasi pada pesta dan RAT.

Namun justru sebaliknya cara berpikir Koperasi Kredit Serviam Ende.Keluarga besar Koperasi Kredit Serviam Ende kadang lebih berpikir lateral ketimbang linear sehingga kadang memunculkan berbagai ide atau gagasan serta aksi yang diluar perkiraan banyak orang.

Koperasi Kredit Serviam Ende adalah koperasi kredit perdana yang menerbitkan buku. Momen itu dilakukan pertama kali tahun 2010 dalam rangka 15 tahun berkarya memberdayakan kehidupan masyarakat Kabupaten Ende. Koperasi Kredit Serviam juga yang pertama di Kabupaten Ende yang membuka kantor cabang atau pos pelayanan pada Kabupaten lain meski koperasi kredit ini belum sebesar tetangganya dari sisi kekayaan dan anggota.

Merici Voice STPM Santa Ursula
Dalam rangka 25 tahun ada sejumlah rancangan kegiatan. Hal pertama yang dilakukan adalah mencetak kalender 25 tahun untuk dijual kepada anggota. Bukan hanya anggota yang membeli namun juga simpatisan. Hal kedua adalah mencetak baju 25 tahun dengan motif daerah Ende dan Nagekeo. Baju 25 tahun mengundang banyak decak kagum. Apalagi baju-baju itu di 'show" pada saat acara gerak jalan sehat di sepanjang pusat kota Ende namun yang lebih kami kenal sebagai "gerakan membumikan panca pilar koperasi kredit (pendidikan, swadaya, solidaritas, inovasi dan persatuan dalam keberagaman) di bumi Pancasila, Ende-Flores, NTT. Kegiatan itu sendiri menghadirkan 300 lebih anggota dan simpatisan serta yang paling istimewa bahwa simpatiasa terdiri atas BEM STPM Santa Ursula dan BEM STIPAR Ende. Para mahasiswa diharapkan bisa menjadi anggota dan menerima tongkat estafet pengkaderan sebagai pemimpin koperasi kredit masa depan. Masa depan ditentukan oleh keputusan mereka hari ini atau dalam bahasa Rhenald Kasali "Tomorrow is Today".

Sambutan pembuka gerak jalan sehat atau lebih dikenal sebagai 'gerakan membumikan panca pilar", Kosmas Lawa Bagho, S.Fil. M.M sebagai ketua pengurus periode 2017-2019 menghentak para peserta untuk tidak melupakan sejarah awal perintisan serta melanjutkan spiritualitas awal dalam keseluruhan proses pelayanan. "Hari ini kita mengenangkan kembali tapak awal di lembaga ini' Yayasan Nusa Taruni Bhakti sebagai ide awal pembentukan awal Koperasi Kredit Serviam oleh sekelompok anak muda yang bekerja sebagai guru, dosen dan karyawan di yaysan dimaksud'. Saat ini kita mau mencatat sejarah untuk 25 tahun yang telah lewat serta melukiskan dengan tinta emas perjuangan 25 tahun ke depan."
Suster Ketua Yayasan Menyematkan Kalung Penghargaan

Sekedar untuk diketahui bahwa awal gerak jalan sehat atau membumikan panca pilar berawal dari lingkungan Santa Ursula melewati jalan Diponegoro, jalan Kelimutu, belok perempat ke bandara Haji Hasan Aroebusman (sejenak di tugu Pancasila mengikrarkan Panca Pilar Kopdit), naik jalan Eltari dan berpuncak di Kantor Pelayanan Koperasi Kredit Serviam.

Peserta melaksanakan kegiatan ini dengan antusias dan bergairah apalagi semua peserta mengenakan baju kaos 25 tahun dengan motif yang semakin menambah kesemarakan kegiatan. Tiba di kantor juga dipandu dengan acara hiburan, sambutan manajer Puskopdit Flores Mandiri, Drs. Mikhael H. Jawa dan minum bersama dengan menu makanan lokal. Acara itu benar-benar mulai menampakkan aura Perak dan RAT. Belum lagi setiap peserta dihadiahi dengan gantungan kunci berlogo "25 tahun Kopdit Serviam serta pembagian buku "Kopdit Serviam dan Kemiskinan di Flores", buku perdana yang terbit pada tahun 2010.

Suasana semakin kental dengan nuansa perak sebab dilaksanakan pada tanggal 16 Februari menuju 25 Februari 2018 sebagai hari puncak. Panitia didukung pengurus juga menerbitkan buku kedua dengan judul "Koperasi Kredit: Jalan Menuju Sukses". Buku ini berisi opini orang-orang berkelas dengan bidang kajian masing-masing serta satu penulis opini luar dan dua penulis prolog. Dua penulis prolog, satunya bergelar profesor dan satu lagi bergelar doktor sementara penulis opini rata-rata bergelar master. Buku itu setebal 356 halaman didukung cerita sukses anggota bersama Kopdit Serviam yang ditulis secara jurnalisme sastrawi dalam bentuk "feature". Buku itu sudah dilaunching secara "soft copy" pada tanggal 25 Februari 2018 dan akan dilaunching secara hard copy pada RAT Puskopdit Flores Mandiri pada tanggal 16 Maret 2018 serta loknas, RATNAS Inkopdit Jakarta di Palembang, Bulan Mei 2018.

Buku menjadi "legacy" atau salah satu warisan yang sangat berharga fungsionaris dan panitia saat ini bagi generasi masa depan Koperasi Kredit Serviam Ende. Buku juga ingin merealisasi 'rasa literasi' bagi gerakan koperasi kredit sejagad terutama di Ende dan Flores.

Perak Pelayanan dan RAT Tahun Buku 2017 sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018 di aula BBK Santu Konradus Ende. Undangan diharapkan hadir sekitar 400-500 orang namun justru sangat meledak bahkan panitia agar kewalan dalam melayani "snack pagi". Dipesan hingga 600 kotak, ternyata masih kurang. Anggota yang hadir diperkirakan 1000 lebih. Kali ini anggota hadir perak pelayanan dan RAT yang pecah rekor. Mereka datang dari berbagai penjuru sebagai simbol pusat pelayanan.

Acara itu sendiri dibuka dengan perayaan Ekaristi (Katolik, red) yang rencana awal menghadirkan Yang Mulia Uskup Agung Ende namun beliau acara sudah padat sejak awal tahun maka panitia menghubungi 5 orang imam. Hadir pada kegiatan 3 orang imam yakni Pasor Elias Doni Seda, SVD, Pastor Petrus Bate, SVD dan Pastor Marsi Raga, SVD. Perayaan Ekaristi didukung dengan "Merici Voice STPM Santa Ursula, Pimpinan David Sola serta para penari SMPK Santa Ursula. Acaranya berlangsung sangat meriah dan penuh khidmat.

Perayaan Ekaristi selesai langsung acara pembukaan RAT Tahun Buku 2017. Pelaksana Tugas Bupati Ende diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende. Turut hadir Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo, Kasat POL PP Kabupaten Nagekeo, Suster Ketua Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula, Suster Ketua STPM Santa Ursula, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, pengurus dan manajer koperasi kredit tetangga (Kembang, Sartika, Karya Duta dan Samaria), BEM STPM dan BEM STIPAR Ende.

Suasana semakin terasa beda dengan hadirnya 'soft launching buku' serta pemotongan tumpeng 25 tahun dan tak lupa pemberian penghargaan kepada perintis sebagai penjasa Koperasi Kredit Serviam Ende. Cincin penghargaan diberikan kepada Bapak Andreas Ngea serta kalung penghargaan diberikan kepada Ibu Magdalena Bhiju Boro. Cincin dan kalung penghargaan berlogo koperasi kredit juga sudah diberikan kepada perintis lainnya yakni Bapak David Sola dan Ibu alm. Petroneldis Adan.

Acara berlangsung cukup lancar serta berakhir pada pukul 14.15 wita. Semua acara berlangsung secara rencana dan ditutup dengan acara makan siang bersama serta "berjai maupun gawi' bersama.

Para kuli tinta pun hadir seperti Pos Kupang dan Media Indonesia (online). Kami juga mengundang RRI Ende dan Flores Pos.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar