Rabu, 07 Maret 2018

Koperasi Kredit: Jalan Menuju Sukses

Oleh Kosmas Lawa Bagho, S. Fil., M.M
Ketua Kopdit Serviam Ende
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri
Staf Pengajar Politeknik Santu Wilhelmus Flores, Boawae
Alumnus Pascasarjan Universitas Negeri Malang

"Koperasi Kredit: Jalan Menuju Sukses". Itulah judul buku Koperasi Kredit Serviam Ende edisi kedua yang diterbitkan Februari 2018 di Penerbit Writing Revolution Yogyakarta. Peristiwa ini dianggap cukup langka dan merupakan terobosan yang luar biasa.



Koperasi Kredit Serviam Ende adalah koperasi kredit perdana di Flores yang menerbikan buku. Buku pertama lahir pada tahun 2011 dengan judul "Koperasi Kredit & Kemiskinan di Flores" dan tahun 2018 dalam rangka mengenangk 25 tahun pelayanan, Koperasi Kredit ini menerbitkan buku lagi dengan judul "Koperasi Kredit: Jalan Menuju Sukses".

Buku ini bersifat bunga rampai. Para penulis opini adalah rata-rata anggota dan fungsionaris Koperasi Kredit Serviam Ende yang secara kebetulan banyak mengabdikan diri pada perguruan tinggi yang ada di Ende dan di Boawae, Kabupaten Nagekeo.

Opini lebih menyoroti peran dan jejak langkah koperasi kredit sejak awal dan bertahan di terpa berbagai badai atau bencana, Badai gempa bumu dan tsunami 1992, telah meningkatkan kesadaran kolektif para dosen dan karyawan untuk membentuk Koperasi Kredit Serviam Ende tanggal 09 Januari 1993 dan cerita sukses para anggota wirausaha sukses sebagai realisasi pemanfaatan pinjaman yang ditulis secara "feature" serta catatan prolog oleh Prof. Dr. Sustiawan, SU dan Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si. Kedua orang ini sebagai dosesn di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Buku ini bukan yang paling hebat namun cukup memberikan gambaran keseluruhan tentang perjuangan pemberdayaan masyarakat akar rumput melalui koperasi kredit selama 25 tahun lalu serta merancang impian-impian baru yang inspiratif dan produktif untuk 25 tahun ke depan.

Sayang sekali apabila tidak membaca tulisan secara lengkap atau tidak memiliki buku ini. Buku ini dijual Rp75.000 di luar ongkos kirim dari Ende, Flores. Selamat memiliki!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar