Rabu, 08 Juni 2011

BK3D NTT Barat Menjalankan Rapat Anggota Khusus (RAK)

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kabid. Adum Puskopdit Bekatigade Ende-Ngada

(Triwulanan Buletin BK3I, Edisi 1, Januari-Maret 1999). Di tengah terpaan badai krisis moneter dan amukan demonstrasi mahasiswa Ibukota serta kesulitan likuiditas bisnis keuangan, Badan Koordinasi Koperasi Kredit bagian Barat (BK3D NTT Barat) melaksanakan Rapat Anggota Khusus (RAK) di aula Pusdiklat YBSM Ende, tanggal 31 Oktober 1998 lalu.

Rapat Anggota Khusus yang bertemakan ‘Menata Prestasi Merancang Program” itu melibatkan semua unsur masyarakat kota Ende baik dari aktivis gerakan kopdit, teman-teman LSM, pemerintah dan gereja. Tidak tanggung-tanggung Frans Gedowolo, Bupati Ende membuat pidato tertulis yang dibacakan oleh Drs. Alex Eboresi, Sekwilda Ende yang juga kandidat Bupati Ngada lima tahun ke depan.

Frans Gedowolo dalam sambutan tertulisnya mengakui bahwa gerakan koperasi mempunyai satu tujuan yakni memperbaiki dan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat sesuai tujuan pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu gerakan koperasi kredit sedang berada di jalan yang benar sesuai visi dan misinya untuk meretas kemiskinan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Walaupun eksistensinya kelihatan kurang bersinar pada masa orde baru.

Walaupun demikian Gedowolo menambahkan bahwa gerakan koperasi kredit telah bertambah subur dan berkembang pesat di daerah ini karena semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk memperbaiki nasib atas kekuatan sendiri tanpa terlalu mengharapkan subsidi pemerintah atau donatur lain.

“Kalau hari ini BK3D NTT Barat menjalankan Rapat Anggota Khusus sehubungan dengan peningkatan statusnya mejadi Pusat Koperasi Kredit Bekatigade Ende-Ngada (Puskopdit BEN) maka secara jelas kita mempunyai penilaian yang sama bahwa lembaga ini memiliki kemajuan yang cukup berkembang dalam pelayanannya demi kepentingan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Atas dasar itu saya mengharapkan para pengurus dan anggota tetap memperhatikan prestasi yang telah dicapai bila perlu lebih ditingkatkan lagi di saat-saat yang akan dating.”

Pernyataan bupati Ende tersebut didukung Moses Mogo, BcSW Direktur Eksekutif sebagai panitia pelaksana. Dalam laporannya Moses menegaskan bahwa pengalihan status dan fungsi BK3D NTT Barat menjadi Puskopdit merupakan puncak dari sejarah panjang pengorbanan dan perjuangan yang sangat meletihkan , oleh karena pola kebijakan yang lebih mengutamakan kehidupan salah satu koperasi di daerah pedesaan.

Kebijakan tersebut seakan menghambat pertumbuhan dan perkembangan koperasi kredit baik di tingkat primer, sekunder maupun induk di tingkat nasional dalam memperoleh legalitas badan hukum. Namun api reformasi telah membawa berkat tersendiri bagi gerakan koperasi kredit dengan lahirnya Inpres No. 18/1998.

Seiring dengan ini Inkopdit Jakarta telah mendapat legalitas formal dari pemerintah pada tanggal 23 Juli 1998 Nomor: 18/BH/VII/98. Status badan hukum Inkopdit mau menyatakan kepada seluruh gerakan bahwa kehidupan koperasi kredit diakui eksistensinya di negeri ini baik secara defakto maupun deyure/yuridis formal. “Sehingga tidak beralasan bagi pihak-pihak tertentu untuk menghambat pelayanan koperasi kredit dalam mengembangkan usahanya dan memperoleh badan hukum dengan nama koperasi kredit,” tegas Moses Mogo lebih lanjut.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut Gedowolo mengharapkan agar melalui Rapat Anggota Khusus pihak Puskopdit perlu: pertama, meningkatkan pembinaan, pengembangan serta motivasi bagi anggota koperasi untuk terlibat secara nyata dalam usaha memanusiakan usaha koperasi menuju kesejahteraan. Kedua, meningkatkan profesionalisme tugas pelayanan pengurus kepada kepentingan-kepentingan anggota dan masyarakat.

Ketiga, meningkatkan sumber daya dan kesadaran anggota serta pengurus akan hak, kewajiban, tanggungjawab dan peran sertanya dalam menghidupkan dan mengembangkan koperasi sesuai nilai pasal 33 UUD 1945. Keempat, mengembangkan dan membudidayakan pedoman tri sehat koperasi; sehat organisasi, sehat usaha dan sehat mental. Kelima, membina kerjasama, saling terbuka dan ikhlas antar pengurus dan anggota serta pihak lain untuk menghasilkan keserasian pemahaman dan keserasian aplikasinya di lapangan sebab ayunan tangan yang serasi mencerminkan persatuan dan kesatuan demi menggapai suatu tujuan yang mulia yakni kesejahteraan lahir dan batin bagi semua orang.

Semua harapan bupati Ende itu menjadi renungan berharga bagi pengurus dan anggota koperasi kredit yang berpayung di bawah BK3D/Puskopdit Bekatigade Ende-Ngada.

Rapat Anggota Khusus kali ini menghasilkan lima pola kebijakan dasar yakni: pertama, Berorientasi pelayanan kepada anggota (keuangan oleh bendahara, mengaktifkan simpanan-simpanan, mengaktofkan pendidikan dan pelatihan, melaksanakan audit dan monitoring), kedua, Efisiensi (keuangan oleh bendahara, kontrol aktif tata prosedurkeuangan, mekanisme control melalui rapat berkala, penyelesaian utang-utang, tidak membangun gedung lagi (over investment); ketiga, Kesejahteraan Pegawai (memperhatikan salari pegawai yang pantas, pengembangan SDM); keempat, Kerjasama YBSM dan BK3D/Puskopdit (pembentukan pansus perumusan naskah kerja sama secara tertulis, SK Pansus oleh Dewan Pimpinan); kelima, Merintis Kemandirian Puskopdit (kemandirian manajemen pengelolaan, kemandirian modal usaha).


Rapat juga merekomendasi pengalihan kepengurusan BK3D NTT Barat yang dikomandani oleh Nico Ladjadjawa kepada Agus Beu Mude, BA.

Kepengurusan dan eksekutif Puskopdit Bekatigade Ende-Ngada dapat kami laporkan sebagai berikut:
Dewan Penasihat:
Ketua : Nico Ladjadjawa
Anggota : Nicolaus Ruma, Andreas Benda, SH dan Felix P. Killo, BA

Dewan Pimpinan:
Ketua : Agus Beu Mude, BA
Wakil Ketua : Drs. Theofilus Woghe
Sekretaris : Drs. Theodorus Dage
Bendahara : Martinus Ngaga
Anggota : E.N. Ratu Fek, BA
Dewan Pengawas
Ketua : Drs. Marcus Sabhawea
Sekretaris : Mathias Banggur, BA
Anggota : Yosef Djai, BA

Panitia Kredit
Ketua : Chris Yos Pae
Sekretaris : Mikhael Lima
Anggota : Frans Ima

Biro Eksekutif
Direktur : Moses Mogo, BcSW
Ass. Direktur : Drs. Mikhael H. Jawa
Kabid Adum : Kosmas Lawa Bagho, S.Fil
: Wilson Nara Kaha
Kabid Keuangan: Severinus M. Thena
Kasir : Vilomena Peti
Kabid Diklat : Drs. Mikhael H. Jawa
Kabid Audit : Kristoforus Tere, Amd

Ditulis ulang 22 Mei 2011

1 komentar:

  1. sabung ayam live terbaik dan terlengkap
    Taruhan Sabung Ayam S128 - SV388
    Bonus New Member 10% / Cashback 5% - 10%
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus