Kamis, 20 April 2023

Seri 5 - Menerbitkan Buku Fiksi

 Oleh Kosmas Lawa Bagho

Pecinta Sastra

 

Sulit dipercaya memang. Pilihan itu kadang mengejutkan mengandung misteri yang tak terselami. Penulis, selama ini menggeluti  dunia tulisan non fiksi dengan fokus pada pengembangan Credit Union atau Koperasi Kredit, Koperasi Simpan Pinjam, tiba-tiba memunculkan niat untuk menerbitkan buku fiksi. Luar biasa lagi, buku ini menjadi buku perdana penulis hehehe.

 

Mohon maaf juga kepada para pembaca blog ini yang selama ini sudah terbiasa dengan sajian tulisan non fiksi  bertemakan koperasi kredit, beberapa pekan ke depan, akan membaca tulisan beberapa percikan bagian buku fiksi (Antologi Puisi) yang berjudul "Sobekan Rahasia Langit". Penulis akan tampilkan berseri hingga penerbitan buku dimaksud yang direncanakan mulai proses di penerbit sejak Minggu II April 2023. Tanpa sadar, besok tanggal 02 April 2023, "Sang Sobekan Rahasia Langit" akan berulang tahun yang ke-9 (02  April 2023 - 02 April 2014).

 

Tulisan buku fiksi "Sobekan Rahasia Langit" sesungguhnya sudah lama ingin diterbitkan. Puncaknya pada tahun 2021. Semua bagian tulisan lengkap mulai dari pengantar seorang kritikus sastra yang cukup terkenal Narudin, testimoni pengamat sastra dan dosen sastra Yohanes Sehandi, penulis buku antologi puisi "Kasut Lusuh" Pater Frizt Meko, SVD dan Suster Wilda CIJ yang bernama lengkap Imelda Oliva Wissang, dosen dan penulis sastra khususnya novel dan puisi. Baru kali ini menjelang ultah ke-9 sang "Sobekan Rahasia Langit" dan menjelang Paskah, Perayaan Iman terbesar keagamaan penulis baru direalisasi. Doakan ya, semoga berjalan lacar dan tiba di tangan pembaca pada waktunya.

Mohon pembaca blog bisa menikmatinya dan berikan komentar ya!

***

Testimoni

Membaca kumpulan puisi ini, menghantar saya untuk kembali ke kampung, rumah dan tanah kelahiran, sama bagai perlawatan  penulis Kosmas Lawa Bagho, yang merobek rahasia nua, sa’o, tana: kampung kelahiran yang hangat dan ramah sebagai jejak pertama memulai hingga melahirkan berimbun jejak untuk bermimpi, serta mewujudkannya bahkan yang tak terduga sekalipun sebuah kumpulan puisi SOBEKAN RAHASIA LANGIT, jejak pertama untuk memulai dan terus memulai di kampung sastra (Imelda Oliva Wissang, peminat sastra).

 


Puisi-puisi KOSMAS LAWA BAGHO seperti prisma yang memancarkan aneka warna. Lukisan kekayaan hidup terpantul dalam puisi-puisi ini, sehingga siapapun yang membacanya, akan terdorong untuk mengagumi hidup sebagai anugerah terberi yang istimewa. Penyair berhasil menciptakan sebuah bingkai indah, yang darinya terpancar warna kehidupan yang memesona (Fritz Meko, SVD penyair Kasut Lusuh).

 

 

Biodata Penulis

Kosmas Lawa Bagho

Chiro bersama bp mm
Lahir di sebuah dusun kecil Dangakapa, Rawe, Boawae, Nagkeo, Flores, 19 Juli 1967. Menempuh pendidikan dasar pada Sekolah Dasar Inpres Rawe tamat tahun 1980, menengah pertama pada Sekolah Menengah Pertama Kotagoa, Boawae tamat tahun 1983 dan menengah atas pada Sekolah Menengah Atas Seminari Santu Yohanes Berchmans Toda-Belu Mataloko tamat tahun 1989. Menamatkan studi S1 di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero Mei 1998 dan Magister Manajemen (S2) di Universitas Negeri Malang tanggal 04 September 2016.

Bekerja di Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Flores Mandiri Ende sejak Mei 1997 juga staf Pengajar (dosen tetap) pada Politeknik Santu Wilhelmus Flores, Boawae tahun 2016 – sekarang. Pernah menjadi dosen tidak tetap pada Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende sejak 1998 – 2001. Sejak tahun 2005 hingga Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 menjadi ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri Ende yang sebelumnya bernama Koperasi Kredit Serviam, periode 2023-2025 terpilih menjadi Bendahara Pengurus.

Menulis puisi sejak tahun 1992 dan berhenti cukup lama baru mulai lagi secara intens tahun 2020. Karya Sastra yang sudah terbit secara kolaboratif: Antologi Puisi “Kala Yang Tak Kusangka” (Yedija Nusantara, Sleman, Juli 2020); “Seruni” (Yedija Nusantara, Sleman, Juli 2020); “Dari Ladang Pintubesi ke Brankas Koperasi” (Yedija Nusantara, Sleman, Juli 2020), “Sang Kala”, (Yedija Nusantara, Sleman 2021); “Sajak-Sajak tentang Cinta”, (Griya Media, Salatiga, Juli 2020). “Ibuku, Surgaku” (Kosa Kata Kita, 2020), “Ayahku, Jagoanku” (Kosa Kata Kita, Jakarta, Juli 2021), “Anakku, Permataku” (Kosa Kata Kita, Jakarta, 2021) serta Antologi “Esai dan Kritik Sastra NTT” (Kosa Kata Kita, Jakarta, 2021).

Penulis juga menghasilkan karya non fiksi dalam bentuk bunga rampai dengan judul “Kopdit Serviam & Kemiskinan di Flores” (Percetakan Arnoldus Ende, 2010), “Koperasi Kredit Membangun Peradaban Bermartabat” (Percetakan Accacia, Jakarta, 2011), “Koperasi Kredit Jalan Menuju Sukses” (Penerbit WR Yogyakarta, 2018) dan “Koperasi Kredit di Tengah Arus Digitalisasi” (Penerbit WR Yogyakarta, 2020), “Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia” (Penerbit Hamjah Diha Bima, April 2022), “Manajemen Risiko” (Penerbit CV Mega Press Nusantara Jawa Barat, Desember 2022), “Merawat Ingatan Jejak Sejarah Koperasi Kredit di Flores” (Penerbit Ledalero, 2022), “Koperasi Kredit Dialog Kehidupan” (Penerbit Ledalero, 2022) dan “Koperasi Kredit Komunitas Berbagi” (Penerbit Ledalero, 2023) .

 Penulis pernah mengikuti “2nd CULT Exposure Program 2008” di Bangkok, Thailand pada Februari 2008 & “Acces Branding Master Auditors Training” juga di Thailand, Januari 2009 serta “Youth Entrepneurship Workshop” di Kualalumpur, Malaysia,  September 2011.  Memiliki weblog: www.kosmaslawa.blogspot.com, FB/Instagram: Kosmas Lawa Bagho, Twitter: @BaghoLawa, WA: 082 359 213 792.

 Alamat:

Puskopdit Flores Mandiri

Jalan Melati No. 1 Ende, Flores, NTT

Kode Pos 86318

Telp/Wa: 082 359 213 792

Facebook & Instagram: Kosmas Lawa Bagho

Twitter: @BaghoLawa

***

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar