Minggu, 17 Maret 2019

"Bangun Koperasi Kredit dengan Optimisme dan Kerja Cerdas" : RAT Kopdit Dheisama

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri

Gabriel Dala, penasihat
Hari Minggu, 17 Maret 2019, penulis dipercayakan pimpinan Lembaga Puskopdit Flores Mandiri untuk menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 Koperasi Kredit Dheisama. Hampir setiap tahun, fungsionaris Puskopdit Flores Mandiri terdistribusi ke primer-primer pada saat Rapat Anggota Tahunan.



Penulis memang baru kembali dari tiga koperasi kredit di wilayah Kabupaten Ngada yakni Kopdit Maerebho, Kopdit Papawiu serta Kopdit Naanepe untuk melakukan audit lengkap. Belum lagi malam tanggal 16 Maret 2019 sebagai ketua pengurus dan juga ketua tim pendidikan dan pelatihan Koperasi Kredit Serviam melaksanakan pendidikan dasar 7 jam anggota di wilayah Nangamboa, Kecamatan Nangapenda. Waktu pendidikan direncanakan pukul 16.00, namun hujan mengguyur sepanjang hari dan tempat kegiatan hanya beralaskan terpal sehingga pendidikan baru dilaksanakan pukul 18.30.

Peserta dan tim fasilitator tetap melakukan kegiatan dimaksud meski titik-titik air mata langit terus mengguyur daerah kegiatan. Hujan tidak dilihat sebagai hambat melainkan sebagai tantangan untuk terus berjuang dan melakukan pendidikan dengan semangat yang membara.

Materi dibuka dengan Ansos. Saat orang mungkin sudah mulai beristirahat setelah bekerja seharian apalagi malam minggu namun anggota Kopdit Serviam wilayah Nangamboa beserta tim fasilitator (group pendidikan) tetap membara dengan ucapan "selamat pagi dijawab semangat pagi" dilanjutkan dengan "apa kabar" dijawab "luar bisa, mantap, dahsyat dan sukses" diakhir dengan tepuk tangan meriah. Materi Ansos dipandu langsung penulis.

Berturut-turut Usaha dan Pelayanan, P3K, Sejarah dan Jati Diri Koperasi Kredit serta Struktur dan Urain Kerja masing-masing bidang dalam struktur koperasi kredit. Kegiatan berakhir sekitar pukul 22.00 dan dilanjutkan dengan makan malam bersama serta berpamitan.

Penulis tiba kembali di Ende pukul 24.15 menit.

***

Berangkat ke terminal Ndao menunggu sebentar ternyata bemo kota melintas. Penulis tahan lalu naik ke atasnya. Hanya 1 orang penumpang berjilbab dengan seorang sopir dan seorang konjak. Kami meluncur mulus menuju Nangapenda, tempat berlangsungnya kegiatan Rapat Anggota Tahunan Kopdit Dheisama.

Sekitar pukul 09.00 tiba di tempat kegiatan. Ada satu dua anggota sudah mulai mendaftarkan diri. Pengurus, pengawas, manajemen dan penasihat Kopdit Dheisama dengan seragam putih hitam ala seragam Kabinet Indoensia Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penulis sekaligus utusan Puskopdit Flores Mandiri tidak tahu persis, motivasi apa mereka sepakat dnegan pakaian dimaksud. Dalam pembicaraan informal dengan salah seorang penasihat "untuk menunjukkan bahwa fungsioanris koperasi kredit bekerja dengan tulus, bersih dan transparan.

Ternyata, seragam dimaksud tidak ada kaitan dengan kabinet presiden melainkan lebih pada pesan moral serta marketing tanggungjawab fungsionaris untuk melaksanakan pengelolaan keuangan secara bersih, tulus dan transparan. Hebat juga mereka hehehe.

Kegiatan RAT dimulai pukul 10.30 dari yang direncanakan pukul 10.00 pagi. Acara pembuka diisi dengan lagu Indonesia Raya, doa dan sambutan-sambutan. Acara Inti diisi dengan pemastian quorum, pengesahan acara, Tatib, risalah RAT, Lpj Pengurus serta laporan pengawas, program kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja koperasi tahun buku 2019; pemilihan panitia pembangunan kantor serta pemilihan panitia nominasi untuk menjaring pengurus dan pengawas periode 2020-2022.

Acara berjalan sangat lancar dan sukses. Dalam acara inti RAT, saat dialog ada pertanyaan kritis dan serta masukan cerdas anggota agar Koperasi Kredit Dheisama bisa berbenah menyangkut pendidikan fungsionaris, pendidikan anggota (dianjurkan agar dilakukan secara konsisten), penanganan kredit macet, pembangunan kantor pelayanan yang layak serta pengembangan usaha produktif anggota.

Ketua Koperasi Kredit Dheisama, Thomas Ray pada awal sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang diwakili Camat Nangapenda, Bapak Otto Suna, Puskopdit Flores Mandiri diwakili oleh penulis (Kosmas Lawa Bagho), para anggota dan fungsionaris lainnya.
Herman Kaju, Ketua Pembangunan Kantor

Beliau juga menyampaikan keprihatinannnya atas roda pengelolaan ketika beliau terpaksa menerima tugas sebagai ketua pengurus antar waktu sebab ada pengurus yang mengundurkan diri. Roda organisasi memang harus diputar meski ada perganitian ketua pengurus antar waktu. Ada perubahan penurunan tingkat kredit macet (PAR) walaupun PAR masih cukup tinggi prosentasinya. "Kami berusaha kunjung dari kampung ke kampung bahkan dari rumah ke rumah". Kami menginformasikan, menagih pinjaman sekaligus proses pendidikan anggota" katanya memelas dihadapan anggota.

Utusan Puskopdit Flores Mandiri,Kosmas Lawa Bagho dalam sambutannya juga mengapresiasi kinerja pengurus, pengawas, penasihat, manajemen serta seluruh anggota sehingga pelaksanaan RAT bisa dilaksanakan tepat waktu sesuai amanat UU dan Permenkop " selambat-lambatnya 3 bulan setelah tutup buku". Kosmas juga mengingatkan anggota dan seluruh fungisionaris untuk tetap menghargai jasa-jasa para perintis 27 tahun lalu. "Spirtualitas pembentukan awal Kopdit Dheisama harus tetap dihidupkan dengan cara membuat koperasi kredit lebih besar, sehat dan berkelanjutan" tegas Kosmas.

Kosmas melanjutkan bahwa anggota 554 dan aset Rp3 miliar lebih selama 27 tahun merupakan berkah tersendiri dan menjadi potensi agar bisa mengembangkan kesejahteraan anggota sesuai tema RAT tahun ini "Mewujudkan Koperasi Sebagai Wadah yang Tangguh Dalam Mengembangkan Perekonomian Keluarga".

Kesejahteraan anggota bisa diwujudkan apabila setiap anggota memiliki usaha produktif sehingga bisa memanfaatkan pinjaman pada koperasi kredit demi mengembangkan usaha atau bisnis tidak hanya memanfaatkan untuk kegiatan konsumtif. Usia 27 tahun, koperasi kredit ini sudah matang secara pengelolaan. Dengan demikian membutuhkan penataan sesuai regulasi terakhir serta perubahan-perubahan yang terjadi saat ini. "Kita tidak bisa tinggal nyaman pada kondisi sekarang tetapi tetap berubah sesuai arus perkembangan usaha terkini apalagi menyangkut regulasi perpajakan koperasi. Kredit macet harus menjadi motivasi agar kita bisa membangun koperasi dengan semangat optimisme dan kerja cerdas sesuai warna seragama yang kita kenakan hari ini. Warna putih melambangkan jujur, bersih dan rasa optimis" kata Kosmas memotivasi peserta RAT yang nampak agak loyo akibat data kredit macet (PAR).

Camat Nangapanda, Otto Suna menyampaikan persoalan kemasyarakatan pada umumnya yakni DBD (Demam Berdarah) yang mulai menyerang masyarkat Kecamatan Nanagapanda serta cara mengatasinya dan juga menghimbau anggota yang juga masyarakat agar tidak "golput" pada pemilu tanggal 17 April 2019. "Kita harus menjaga situasi yang kondusif dan mengikuti pemilu dengan cerdas serta mari kita bersama mengatasi wabah yang lagi menghantam lingkungan kita yakni DBD. Sebagai camat, saya sudah menyurati Dinas Kesehatan agar bisa melakukan fogging namun yang terutama adalah menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masin", kata Otto penuh harap.

Otto menambahkan bahwa secara pribadi dan sebagai pemerintah menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan anggota Koperasi Kredit Dheisama yang telah ikut memberdayakan ekonomi keluarga masyarakat Kecamatan Nangapanda. "Pemerintah pada prinsipnya mendukung kegiatan-kegiatan pemberdayaan apalagi meningkatkan usaha produktif anggota dan masyarakat".

Pengurus dan anggota hendaknya terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas sumber daya manusia anggota agar perekonomian keluarga bisa meningkat dari hari ke hari. "Gunakan uang koperasi kredit secara bijaksana dan lebih berorientasi pada pengembangan usaha produktif anggota" kata Otto mengakhiri sambutan sambil membuka RAT Kopdit Dheisama Tahun Buku 2018 tanggal 17 Maret 2019 secara resmi ...

Gabriel Dala, salah seorang penasihat Kopdit Dheisama pada salah satu kesempatan memotivasi anggota untuk menghindari kredit macet sebab koperasi kredit menjadi wadah saling menolong satu sama lain. " Saya pribadi, banyak menikmati manfaat sebagai anggota Kopdit Dheisama dan sampai kapan pun tidak akan pernah meninggalkan koperasi kredit ini", kata Dala mantan camat Nangapanda itu.

Gabriel Dala melanjutkan agar Koperasi Kredit Dheisama mulai membangun kantor pelayanan yang baik sebab kantor yang ada dianggap tidak layak. Himbauan ini disambut positif seluruh anggota yang hadir dengan menyumbangkan satu anggota, satu sak semen dipotong dari SHU (dividen) maupun bayar tunasi serta  membentuk tim pembangunan yang diketuai oleh Hermanus Kaju.

***




1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus