Kamis, 28 Februari 2019

Sambutan Ketua Kopdit Serviam pada RAT Tahun Buku 2018

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Koperasi Kredit Serviam Ende telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 tanggal 24 Februari 2019 di Aula Marinus Crol, Paroki Santu Yosef Onekore Ende. Sebelumnya telah dilakukan Rapat Anggota Khusus (RAK) tanggal 05 Februari 2019 di depan kantor 2, Kopdit Serviam, Jl. Eltari Ende, Flores, NTT. Berikut ini, sambutan ketua Kopdit Serviam yang kebetulan sebagai penulis dan pemilik resmi blog ini. Selamat membaca, semoga terinspirasi.


Yang terhormat:
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende
Pengurus Puskopdit Flores Mandiri atau pejabat yang mewakili …
Para penasihat, pengawas, teman-teman pengurus, manajer dan para staf.
Para panitia dan anggota …

Singkatnya hadirin yang kami kasihi …
Puji syukur berlimpah kehadirat Tuhan yang maha esa atas berkat dan perlindungan-Nya sehingga koperasi kredit kita tercinta, Serviam   bisa melangkah dengan kepala tegak untuk merayakan pesta demokrasi, Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2018 pada hari ini tanggal 24 Februari 2019.

Bapak/Ibu Undangan, peserta RAT yang terhormat,
Berkenaan dengan RAT kita kali ini, dalam payung tema besarnya “ KOMITMEN AKSI PERUBAHAN MENUJU KEBERLANJUTAN LEMBAGA DAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA” saya menyampaikan beberapa pokok pikiran. Pertama, masih ingatkah kita pernyataan yang disampaikan Ir. Soekarno, presiden pertama kita “Jasmerah”. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kita akan berbicara tentang sejarah koperasi kredit kita. Apa yang para perintis lakukan di awal pembentukannya. Spiritualitas para pendiri  tersebut harus kita gelorakan dan aplikasikan sampai generasi anak cucu. Tanggal 09 Januari 1993, 26 tahun lalu, kita membentuk koperasi kredit di atas reruntuhan gempa bumi 12 Desember 1992 yang mengguncang Flores. 
Pengurus, Pengawas, Penasihat

Dalam euphoria kegembiraan perak pelayanan, tahun buku 2017 kemarin, kita mendapatkan ujian yakni tanggal 16 November 2018 terjadi bencana kebakaran kantor kita yang sedang rehab. Kita harus bangkit dari bencana ini dan sudah ada komitmen anggota pada RAK tanggal 5 Februari 2019; kita memberikan kontribusi per anggota Rp50.000 (baik tunai maupun cicil) dengan harapan kita bisa membangun kantor pelayanan yang baru minimal 2 lantai. 

Kedua, dalam perkembangan dan perjalanan yang sudah semakin jauh, kita pasti mengalami tantangan dan kendala. Oleh karena itu, kita membutuhkan kehati-hatian dalam seluruh proses pengelolaan. Saat ini, ada banyak mitra keuangan yang masuk sampai ke wilayah kita. Hendaknya kita mulai memikirkan strategi yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan anggota agar anggota tetap loyal kepada koperasi kredit kita tercinta. Kita sudah memutuskan menurunkan tingkat suku bunga pinjaman dari 0,6% - 0,92% per bulan. Hanya pinjaman darurat khusus yang masih 1,5%. 

Kita juga sudah memutuskan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga pada RAK 5 Februari kemarin yakni izin operasional tidak lagi kabupaten melainkan provinsi sehingga koperasi kredit kita bisa beroperasi pada semua kabupaten yang ada di NTT ini. 

Kita baru membuka pelayanan di Nagekeo, semoga ke depan kita bisa membuka cabang pelayanan di seluruh NTT. Dalam amandemen atau perubahan tersebut, kita juga sudah mengubah nama kita dari Serviam menjadi Serviam Bhakti Mandiri sesuai tuntutan regulasi perkoperasian minimal tiga kata; periodisasi kepengurusan dan kepengawasan hanya dua kali berturut-turut. Ada sejumlah perubahan redaksional yang sudah direkomendasikan anggota kepada pengurus bekerjasama dengan pihak Notaris dan Dinas Koperasi & UMKM Provinsi NTT. Semua ini kita lakukan demi efektivitas dan performance pelayanan kepada anggota agar bisa mencapai kesejahteraan.

Dalam perkembangan ini, kopdit kita terus pro perubahan yakni menata tata kelola serta akuntansi koperasi kredit sesuai perkembangan regulasi perpajakan koperasi. Kopdit kita sangat setia membayar pajak baik perorangan maupun lembaga sejak Tahun Buku 2016. Pendidikan kewirausahaan anggota juga terus mendapatkan perhatian para pengurus, pengawas, penasihat dan manajemen agar kopdit kita tahan banting dengan indikator semua anggota memiliki usaha produktif. Setiap tahun minimal kita menghasilkan 20 orang "start-up" wirausahawan/i. Kita merancang usaha produktif baik secara perorangan maupun kelompok (cosortium).

Bapak/Ibu Undangan, Peserta RAT yang terhormat …
Kemajuan, keberhasilan koperasi kredit kita tercinta lantaran partisipasi dan dukungan kerjasama semua kita. Para anggotalah penentunya. Oleh karena itu, atas nama pengurus menyampaikan terima kasih berlimpah untuk kerja keras semua komponen dalam rangka menumbuh-kembangkan SERVIAM seperti yang kita nikmati saat ini. 

Kita semua juga patut menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Ende dalam hal ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang senantiasa bersama kita mengembangkan koperasi semakin profesional dan bermartabat, Puskopdit Flores Mandiri yang selalu membimbing kita dalam pengembangan SDM anggota dan fungsionaris serta semua pihak yang telah ikut mendorong dan memberikan iklim yang kondusif bagi peningkatan ekonomi masyarakat terutama keluarga besar Kopdit SERVIAM.  Kami mohon maaf apabila dalam kebersamaan kita masih ada hal-hal yang kurang berkenan. 

Hari ini ada proses pemilihan panita nominasi penjariangan untuk kepengurusan periode 2020-2022. Jaringlah secara jujur sesuai mekanisme dan regulasi yang berlaku dalam gerakan kita sehingga bisa menghasilkan calon-calon yang berkualified.

Sekian dan terima kasih.

Kosmas Lawa Bagho
Kertua Pengurus periode 2017-2019

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar