Minggu, 24 Maret 2019

Menolak Kenyamanan: RAT Puskopdit Flores Mandiri, Ende-Flores-NTT

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri


Undangan VIP 
Pusat Koperasi Kredit (PUSKOPDIT) Flores Mandiri, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur yang menaungi 40 Koperasi Kredit pada tiga kabupaten yakni Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 di aula utama Hotel Flores Mandiri tanggal 01-02 Maret 2019.

Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Mikhael Hongkoda Jawa dalam sapaan awalnya menyampaikan terima kasih berlimpah atas kehadiran tamu undangan sekaligus menegaskan tema RAT Tahun Buku 2018, “Memperkokoh Komitmen Aksi Perubahan Menuju Keberlanjutan Pengelolaan Koperasi Kredit” sebagai inspirasi sekaligus peringatan bagi para penggiat dan segenap insan koperasi kredit untuk terus berupaya memperkuat budaya mencintai perubahan dengan tetap mengedepankan nilai sebagai dasar perjuangan.

Sementara itu, Ketua Puskopdit Flores Mandiri, Martinus Madha dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi kredit sedang menghadapi era perubahan dan inovasi baru. Oleh karena itu, beliau menegaskan bahwa koperasi kredit dan puskopdit harus siap menghadapi perubahan dan menolak untuk tinggal dalam kenyamanan apalagi mengarungi lautan pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

“Waktu terus berubah dan kita berubah di dalamnya. Kita sudah masuk MEA. Arus bebas semua produk sudah masuk ke wilayah kita, semua serba online. Kondisi ini menjadi peluang sekaligus tantangan. Insan Koperasi Kredit dan Pusat Koperasi Kredit tidak boleh tinggal dalam kenyamanan melainkan terus berenang bersama arus perubahan tanpa hanyut terbawa arus. Oleh karena itu, dibutuhkan integritas dan komitmen, sikap yang kuat dan tangguh, profesional, inovatif dan penuh daya saing yang berdiri tegak di atas jati diri koperasi dan panca pilar koperasi kredit” kata Martinus tegas.

Mangasi Situmorang, utusan Pengurus Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) dalam sambutan tanpa teks mengatakan bahwa keberhasilan dan kemajuan yang dinikmati saat ini senantiasa merujuk pada jasa serta usaha para pendahulu. Lebih lanjut beliau mengingatkan para peserta RAT agar jasa para pendahulu tetap diingat dalam gerakan koperasi kredit lantaran perkembangan yang ada sekarang diletakkan di atas usaha mereka.

Situmorang juga memberikan apresiasi kepada pengurus, pengawas, penasihat dan manajemen serta seluruh fungsionaris primer dengan tekun melakukan proses pendidikan sebagai nilai plus yang menopang kemajuan dan mengantarkan Puskopdit Flores Mandiri sebagai salah satu puskopdit terbaik di Indonesia.

“Pengurus, pengawas dan manajemen koperasi untuk mulai memikirkan peluang baru yang dibawa kemajuan teknologi yang memudahkan pelayanan kepada anggota dan aktivitas ekonomi keuangan di koperasi kredit. Perubahan yang ada harus dimanfaatkan secara bijak sama seperti peselancar membutuhkan ombak besar agar bisa berselancar dengan baik dan berhasil” ajak Mangasi Situmorang diamini para peserta.

Emanuel Dopo, Asisten 1 Setda Ngada mewakili Bupati Ngada dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Puskopdit Flores Mandiri menjadi salah satu wadah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan anggota dengan modal sosial yang kuat. “Pemerintah Kabupaten Ngada menyampaikan apresiasi kepada Puskopdit Flores Mandiri yang tetap teguh membangun kekuatan modal pada anggota koperasi kredit. Di era persaingan pasar bebas dan pola digital ekonomi ini, koperasi mesti mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya dengan mengembangkan anggota sebagai kekuatan modal yang berbasis asas kekeluargaan. Anggota hendaknya menjadi aset utama dan modal sosial pengembangan koperasi kredit” katanya mengharap.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya mengatakan bahwa perubahan dan perkembangan teknologi komunikasi harus bisa menjadi peluang baru bagi koperasi kredit. Walau pun konteks ekonomi global saat ini diwarnai oleh kapitalisme global namun koperasi kredit masih memiliki peluang karena dibangun di atas nilai-nilai terutama nilai solidaritas.

Sambutan pejabat yang mewakili Bupati Ende, Bapak Efraim Diakon Aina sekaligus membuka acara RAT Puskopdit Flores Mandiri Tahun Buku 2018. Dalam sambutannya, Diakon Aina mengharapkan agar Rapat Anggota Tahunan (RAT) bukan sekedar seremonial belaka melainkan sebagai media demokratisasi ketika anggota meminta pertanggungjawaban pengelolaan pengurus dan pengawas selama satu tahun buku. Momen RAT juga dimanfaatkan untuk menghasilkan strategi-strategi pengembangan wirausaha anggota menuju kesejahteraannya secara bermartabat.

“Terima kasih kepada Puskopdit Flores Mandiri yang telah membangun sinergitas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota. Indikator keberhasilan koperasi kredit terletak pada sejauh mana tingkat kesejahteraan anggota dalam arus perubahan dan perkembangan dunia ekonomi yang semakin kompetitif” kata Diakon Aina disambut tepuk tangan peserta RAT.

Pesta demokrasi Rapat Anggota Tahunan (RAT) kali ini dirasakan sungguh spesial lantaran selain pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Tahun Buku 2018 serta program kerja maupun RAPB Puskopdit Tahun Buku 2019, juga dibahas secara mendalam tentang Peraturan Khusus (Persus) Mekanisme Pemilihan Pengurus dan Pengawas atau lebih dikenal Panitia Nominasi “KPU-nya” Credit Union.

Dalam Persus dimaksud memuat status dan kedudukan panitia nominasi menerima mandat langsung Rapat Anggota serta bertanggungjawab kepada Rapat Anggota, kriteria atau persyaratan calon panitia nominasi menyangkut calon personal dan institusi (kopdit), kriteria calon pengurus dan pengawas juga dilihat dari sisi personal serta institusi (kopdit), tugas dan tanggungjawab panitia nominasi, prosedur pemilihan dan penghitungan suara, penetapan dan pengesahan calon tetap serta penetapan dan pengesahan calon terpilih sesuai hasil pemilihan anggota dalam Rapat Anggota. Menarik pada persyaratan (kriteria) calon baik institusi maupun personal hal menonjol adalah tingkat PAR yang sangat rendah sehingga para kandidat menjadi teladan bagi anggota perorangan maupun bagi primer. PERSUS ini mulai berlaku sejak tanggal 02 Maret 2019. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar