Kamis, 03 Mei 2018

Kopdit Serviam Ende Launching Buku di Tingkat Nasional

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Ketua Kopdit Serviam Ende
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri
Staf Pengajar Politeknik Santu Wilhelmus Flores, Boawae

Koperasi Kredit Serviam Ende, salah satu koperasi kredit primer anggota Puskopdit Flores Mandiri, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Koperasi Kredit Serviam Ende dibentuk pada tanggal 09 Januari tahun 1993. Tanggal 09 Januari 2018 mencapai usia PERAK pelayanan dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Ende dan kini juga membuka kantor cabang di Kabupaten Nagekeo.



Saat ini sedang dalam proses amandemen AD untuk proses izin operasional secara nasional maupun provinsi. Cita-citanya cuma satu agar semua orang yang berkehendak baik untuk saling menolong dan menopang bisa terakses di dalam lembaga koperasi kredit termasuk Koperasi Kredit Serviam Ende.

Anggota awal tahun 1993, 27 orang dengan modal awal Rp607.000. Dalam perjalanan 25 tahun pemberdayaan, Koperasi Kredit Serviam Ende masih kecil secara kuantitas namun tidak kalah secara kualitas. Kualitas itu mendapatkan penghargaan atau apresiasi dari pihak pemerintah dan sekunder di atasnya. Tahun 2008, mendapatkan penghargaan prestasi Juara 1 sebagai koperasi simpan pinjam terbaik dari pemerintah Kabupaten Ende dan tahun 2018 mendapatkan apresiasi sebagai Koperasi Kredit Terbaik dalam menangani PAR (Portofolio at Risk) dari 43 koperasi kredit pada Puskopdit Flores Mandiri dengan tingkat PAR kotor 10,7%. Walau pun PAR menurut PEARLS harusnya dibawah 5%. Namun prosentasi PAR kotor 10,7% bisa saja menjadi prestasi tersendiri sebab secara nasional ada satu koperasi kredit yang memiliki PAR 7%. Apabila melihat dari angka tersebut, bisa saja Koperasi Kredit Serviam Ende mendapatkan urutan 2 hehehe.

Koperasi Kredit Serviam Ende per 31 Desember 2017 memiliki anggota 3.827 orang dengan aset 26,7 miliar lebih. Sepuluh tahun kemudian diharapkan anggota 30 ribu lebih dengan aset 260 miliar lebih. Amin.

Koperasi Kredit Serviam Ende memang selalu melakukan perubahan dan inovasi. Salah satunya, koperasi kredit ini berani menerbitkan buku. Buku edisi pertama dengan judul "Koperasi Kredit Serviam & Kemiskinan di Flores" mengulas secara khusus bagaimana sepak terjang koperasi kredit bersama anggota berjuang sekuat tenaga agar anggota keluar dari litani kemiskinan ekonomi, kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural untuk meraih kesejahteraan lahir dan batin.

Buku pertama mendapatkan banyak tanggapan positif. Buku dimaksud secara tidak langsung menginspirasi Puskopdit Flores Mandiri menerbitkan buku bunga rampai dengan judul "Koperasi Kredit, Membangun Peradaban Bermartabat" tahun 2011. Buku itu juga menginsipirasi anggota dan fungsionaris menerbitkan buku  kedua dalam rangka PERAK pelayanan dan pemberdayaannya dengan judul "Koperasi Kredit, Jalan Menuju Sukses" tahun 2018.

Buku ini sangat istimewa. Buku PERAK itu dilaunching atau diluncurkan kepada anggota dan masyarakat sebanyak 3 (tiga) kali dalam level yang berbeda. Tanggal 26 Februari 2018 dilaunching secara softcopy dihadapan undangan dan 1000 lebih anggota, tanggal 26 Maret 2018 dilaunching di tingkat sekunder daerah, dihadapan 42 koperasi kredit primer Puskopdit Flores Mandiri dan tanggal 03 Mei 2018 dilaunching pada tingkat nasional dihadapan 705 peserta yang datang dari Sabang sampai Merauke, dari Natuna sampai pulau Flores di Hotel Horison Pelembang.

Awalnya, Koperasi Kredit Serviam agak ragu, entahkah buku ini bisa menarik simpati anggota dan sahabat gerakan serta masyarakat umum atau tidak. Rencana mau terbit perdana 1000 eksemplar  namun lantaran keraguan itu maka diputuskan cuma 500 eksemplar. Ternyata buku edisi ini mendapatkan banyak pembeli sehingga buku tersebut belum mampu menjawabi 705 peserta Lokakarya Nasional Inkopdit di Palembang kali ini.

Ada yang sudah pesan tambah. Mudah-mudahan makin banyak yang memesan sehingga dengan izin Tuhan Yang Maha Keajaiban serta para pembaca maka Koperasi Kredit Serviam Ende berjuang untuk menerbitkan buku tersebut edisi kedua hehehe.

Terima kasih kepada Tuhan untuk peristiwa bermartabat dan ajaib ini. Di luar dugaan, Koperasi Kredit Serviam Ende mewakili Puskopdit Flores Mandiri berkiprah di tingkat nasional dalam bidang literasi. Terima kasih kepada Inkopdit yang telah memberikan panggung bermartabat nasional kepada Koperasi Kredit Serviam Ende untuk menunjukkan karya kecil mereka. Terima kasih kepada Puskopdit Handrya Sangraha, tuan rumah lokarya nasional Inkopdit di Palembang serta pantia yang juga dengan rela mempersiapkan segala sesuatu untuk melanching buku secara lancar tanpa hambatan. Terima kasih kepada peserta lokakarya nasional atau calon pembaca buku Koperasi Kredit, Jalan Menuju Sukses yang dengan antusias mengikuti rangkaian launching serta bersedia dengan sukarela merogoh kantung sebesar Rp75.000 untuk menambah perpustakaan mereka. Terima kasih berlimpah juga disampaikan kepada Puskopdit Flores Mandiri yang telah mempercayakan Koperasi Kredit Serviam Ende mewakili lembaga yang sangat bermartabat itu di tingkat nasional.

Terima kasih semuanya.

Bagi yang mau pesan tambah, silahkan ke Inkopdit di Jakarta, Puskopdit Flores Mandiri di Ende, Flores dan Koperasi Kredit Serviam Ende, HP/WA 082359213792 atau facebook Koperasi Kredit Serviam Ende.

***

3 komentar:

  1. Wow benar2 bagus sekali postingan Anda ini
    Tulisannya sangat menginsprasi,tetap lanjutkan kak 😇

    BalasHapus
  2. Wow benar2 bagus sekali postingan Anda ini
    Tulisannya sangat menginsprasi,tetap lanjutkan kak 😇

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak ade untuk komentar yang memberi dukungan bagi penulis hehehe. Ayo, menulis. Ade pasti bisa.

    BalasHapus