Senin, 24 April 2017

Sambuatan 4 RAT Tahun Buku 2016

Oleh Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.,M.M
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri
Alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Malang



SAMBUTAN  PUSKOPDIT FLORES MANDIRI
PADA SAAT RAT KSP KOPDIT PAPAWIU
BOSIKO, 26 Maret  2017
                           
Yang terhormat:
…………………………………………………………….
Singkatnya hadirin yang kami banggakan …

Sebagai insan beriman, patutlah kita menyampaikan puji syukur dan terima kasih kehadirat Tuhan yang maha esa atas berkat dan tuntunan-Nya sehingga kita keluarga besar KSP KOPDIT PAPAWIU dapat melewati tahun buku 2016 dengan berbagai suka duka dan melangkah ke tahun buku 2017 dengan penuh kepercayaan diri untuk membangun koperasi kredit ini lebih sehat, kuat serta semua anggota bisa meraih kesejahteraan.


Puskopdit Flores Mandiri patut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh fungsionaris dan anggota KSP KOPDIT PAPAWIU  melaksanakan RAT Tahun Buku 2016 pada hari ini masih sesuai tuntutan UU Koperasi Nomor 25 Tahun 1992 yang menyatakan RAT koperasi primer diberikan rentang waktu sejak Januari sampai dengan Maret tahun buku berikutnya. Hal ini menunjukkan kerja keras dan kepatuhan fungsionaris dan anggota pada regulasi yang berlaku di Republik ini.                        
 
Bapak/Ibu Undangan, peserta RAT yang terhormat,
Hampir tiap tahun kita senantiasa mengakhiri kegiatan tahunan dengan mengadakan rapat anggota tahunan (RAT). Rapat Anggota Tahunan merupakan wujud nyata asas demokrasi dan media pertanggungjawaban pengurus-pengawas atas apa yang telah dilakukan pada tahun buku 2016 serta merancang komitmen perubahan yang akan kita lakukan pada tahun buku 2017.  Koperasi Kredit kita telah dibentuk 19 tahun lalu, tepatnya tanggal 21 Januari 1998. Sembilan belas tahun apabila kita umpamakan sebagai usia manusia berarti KSP KOPDIT PAPAWIU bagaikan “gadis cantik menjadi rebutan banyak pria”. Semua mata pria akan terbelalak memandangnya. Jangankan melihat, melirik saja sudah puas buat mereka. Pertanyaan kritis yang boleh kita ajukan pada momen RAT yang sangat spesial ini, “Apakah ksp kopdit kita, sudah menjadi gadis cantik dalam pengelolaan sehingga ia bisa menjadi rebutan banyak orang, mandiri dan berkelanjutan?”

Memang secara statistik atau angka-angka KSP Kopdit kita menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang cukup nyata untuk meningkatkan dan memperbaiki tingkat ekonomi kita masing-masing. Siapa pernah menyangka per 31 Desember 2016, kita merekrut anggota mencapai 606 orang dan kekayaan Rp4,8 milai lebih (mari kita tepuk tangan bersama). Ini semua berkat hasil kerja keras kita semua didukung pemerintah dan semua pihak yang berkehendak baik untuk membangun kehidupan kita yang lebih bersahabat dan bermartabat.

Koperasi kredit kita selama 19 tahun juga telah membantu tugas pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan tetap mempertahakan jati diri koperasi dan empat pilar utama koperasi kredit yakni kemandirian (swadaya), pendidikan, solidaritas dan inovasi.

Kemandirian membuat kita tidak menggantungkan pengelolaan dan perputaran modal usaha pada lembaga lain, pendidikan membuat kita mampu dan sadar berkoperasi sehingga diharpakan tidak ada lagi kredit macet sementara solidaritas membuat kita kuat dalam satu keluarga untuk saling bersetia kawan, rajin menabung, rajin meminjam dan rajin mengembalikan pinjaman serta berbagai inovasi termasuk penggunaan sistem komputerisasi. KSP Kopdit kita harus tetap melakukan perubahan usaha terkini. Kita juga perlu belajar pada usaha yang tidak pro perubahan seperti Kodak, telepon rumah, sepeda motor Suzuki yang pangsa pasarnya terus menurun dan tidak tahu kapan bertahan dalam penderitaan.

Bapak/Ibu Undangan, Peserta RAT yang terhormat,
Masih ingatkah kita pernyataan Bung Karno, presiden pertama kita. “Jasmerah”. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Koperasi kredit kita saat ini hendaknya tidak melupakan sejarah awal berdirinya dan para perintis yang menggerakkannya. Kiprah mereka 19 tahun lalu bersandar pada impian besar memberantas para pelepas uang dengan bunga melangit, sistem ijon serta meminimalisir kemiskinan anggota.

Nilai-nilai dasariah seperti kejujuran, pengorbanan, etos kerja yang tinggi, transparan dan mengandalkan kekuatan yang ada pada diri sendiri sudah menjadi darah daging para perintis. Dalam keadaan serba terbatas, mereka mampu menghantar KSP koperasi kredit hingga saat ini. (Mari kita menunduk kepala sambil merenung serta mendoakan terutama mereka yang telah mendahului kita).

Nilai-nilai dimaksud saat ini sedang mendapatkan ujian dan tantangan yang tidaklah ringan. Kita kadang mau yang mudah dan instan. Kita tidak mau bekerja keras tetapi mau menikmati hasilnya.
Oleh karena itu, kami mengajak agar kita kembali menghidupkan filosofi dan nilai dasar itu dalam keseluruhan pelayanan KSP KOPDIT PAPAWIU dan dalam keseharian rumah tangga kita masing-masing.

Kita sadar bahwa persaingan antar lembaga keuangan termasuk koperasi kredit sungguh nyata di depan mata kita. Semua lembaga keuangan atau koperasi kredit dari luar daerah bisa saja datang dan berkarya di wilayah kita. Kita tak punya kuasa melarangnya namun kita perlu konsolidasi diri sambil meningkatkan kekuatan pelayanan sebagai pembeda (diferensiasi) koperasi kredit kita dengan koperasi lain maupun lembaga keuangan lain. Sebab kunci kemenangan dalam persaingan adalah pelayanan.

Selain kekuatan pelayanan agar koperasi kredit bisa menang dalam persaingan dibutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan. Kerjasama itu bisa secara internal seperti kerjasama dan keharmonisan kerja antara sesama fungsionaris maupun fungsionaris dengan anggota serta kerjasama eksternal antara koperasi kredit dengan pemerintah Kabupaten Ngada. Kerjasama itu bisa dalam bentuk menumbuhkembangkan ekonomi kreatif atau ekonomi produktif atau sektor riil. Pemerintah mempersiapkan infrastruktur yang bisa mengurangi biaya lalulintas barang dari kota ke desa.

Bapak/Ibu Undangan, Peserta RAT yang terhormat
Hari ini kita melaksanakan rapat anggota sebagai realisasi asas demokratisasi di dalam lembaga koperasi kredit. Hari ini merupakan harinya anggota untuk mengevaluasi, memberikan saran-saran konstruktif pada pengurus dan pengawas agar berbagai program yang sudah dilakukan bisa dievaluasi secara cerdas dan program yang akan dilakukan dapat menjawabi kebutuhan kita anggota.

Puskopdit mengharapkan agar KSP Kopdit kita menerapkan empat (4) Sehat. Pertama Sehat Organisasi (organisasi yang transparan dalam pengeloaan dan mengutamakan kepentingan anggota). Sehat Usaha: usaha keuangan koperasi kredit kita yang maju dan berkelanjutan serta memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada anggota untuk menikmati pinjaman dalam upaya meningkatkan usaha-usaha produktif. Kita diharapkan tidak lagi melakukan pinjaman untuk tujuan konsumtif atau menghabiskan. Ketiga Sehat Mental: koperasi kredit kita harus membentuk anggota sebagai manusia yang positif, kreatif dan menghasilkan. Tidak ada lagi anggota yang tidak bahagia dalam menjalani kehidupan berorganisasi koperasi kredit maupun dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, sehat kompetensi. Pengurus, pengawas, penasihat, manajemen dan anggota hendaknya memiliki kompetensi yang berdaya saing sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan pengelolaan baik dari dalam maupun dari luar.

Akhirya, Puskopdit menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada fungsionaris dan anggota KSP KOPDIT PAPAWIU yang telah melaksanakan RAT tepat pada waktu. Terima kasih juga untuk kerjasama kita selama ini. Puskopdit juga menyampaikan terima kasih berganda kepada pemerintah Kabupaten Ende yang telah memberikan kondisi yang memungkinkan pengembangan koperasi kredit di wilayah ini serta kerjasama yang produktif untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat di kabupaten kita tercinta.

Titipan harapan manajer Puskopdit Flores Mandiri untuk pengurus, pengawas  baru yang akan dipilih sebentar “ Selamat datang, selamat berkarya untuk pemberdayaan anggota dan masyarakat di sini. Jadilah pengurus dan pengawas yang terbebas dari kepentingan personal maupun golongan dan setia mengimplementasi tata kelola yang sehat dan transparan. Tidak membeda-bedakan satu dengan yang lain dan dapat dipertanggungugatkan demi mewujudkan  kesejahteraan seluruh anggota. Pengurus dan pengawas yang tidak egois namun tetap mengusung kerjasama saling menguntungkan demi kemajuan bersama. Bagi pengurus dan pengawas lama, diucapkan limpah terima kasih.

Sambil memohon kehadiran dan rahmat Tuhan yang maha esa dan seizing kita semua, saya membukat Rapat Anggota Tahunan koperasi kredit kita hari ini secara resmi …

Sekian dan terima kasih.


Kosmas Lawa Bagho
Kabid. Pendampingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar