Kamis, 20 April 2017

On Job Training (OJT) Angkatan XVII

Oleh Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.,M.M
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri
Alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bertempat di aula mini Hotel Flores Mandiri Ende-Flores, dua puluh sembilan peserta On Job Training (OJT) angkatan XVII Tahun 2017 berakhir. Hari itu, Selasa 11 April 2017 para peserta dan pendamping merayakan Misa Syukur sebagai penutupan rangkaian kegiatan On Job Training (OJT) yang telah berlangsung sejak tanggal 12 Februari  hingga 12 April 2017.
Pastor Petrus Bate, SVD sebagai salah satu pastor yang juga sering membantu tugas pastor pendamping rohani, Elias Doni, SVD memberikan kotbah yang sangat menyentuh perasaan dan suasana kebatinan ke-29 peserta OJT yang telah bergelut selama 60 hari di Puskopdit Flores Mandiri.
Pastor Pit, biasanya beliau disapa membuka kotbah dengan pertanyaan retoris “Seandainya anda semua dalam perjalanan jauh, apa yang kalian persiapkan?” Enam puluh hari anda kalian telah mempersiapkan diri dengan dibantu pendamping manajer dan staf manajemen Puskopdit Flores Mandiri agar anda kalian bisa memiliki kepribadian yang tangguh, ketrampilan yang mumpuni serta pengatahuan yang luas tentang koperasi kredit sehingga dapat mengabdi dan melayani anggota sepenuh hati.
Awal datang kalian ke sini, belum mengenal apa itu filosofi dasar koperasi kredit, belum bisa berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri, belum memahami akuntansi, manajemen keuangan, perkreditan dan sikopdit namun kini setelah 60 hari kalian sudah bisa mengaplikasikan pada koperasi kredit masing-masing. Tingkat keberhasilan OJT enam puluh hari di Puskopdit Flores Mandiri sangat bergantung pada tindakan pelayanan ke-29 peserta di kopdit masing-masing.
Pastor Pit melanjutkan, “Bawalah Tuhan dalam seluruh karya dan pengabdian kalian di koperasi kredit masing-masing. Apabila anda kalian melayani dengan sepenuh hati, segenap anggota tidak akan meninggalkan koperasi kredit, tempat anda berbakti. Anggota adalah wakil Tuhan yang kelihatan sebagai pusat seluruh perhatian, cinta dan pelayanan kita” kata pastor Pit penuh harap.
  
Proses Pembenaman Diri
Manajer Puskopdit Flores Mandiri sekaligus sebagai pendamping utama OJT 60 hari, Mikhael H. Jawa dalam sambutan acara penutup pelatihan OJT,  memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih berlimpah kepada 29 peserta OJT yang telah meninggalkan orang-orang tercintanya dan mau mengkuti OJT selama 60 hari berturut-turut tanpa putus. Ada perjuangan dan pengorbanan yang tidak kecil. “Bayangkan ada peserta yang bapanya  baru saja meninggal dan masih dalam suasana duka tetapi rela datang ikut pelatihan, ada peserta yang istrinya melahirkan anak pertama – cuma satu hari minta izin untuk  mengunjungi isteri yang melahirkan anak pertama di rumah sakit. Inilah bukti perjuangan dan pengorbanan kalian yang sungguh luar biasa. Ini diluar akal sehat. Kalian adalah orang-orang gila yang sadar” puji Mikhael kepada para peserta disambut tepuk tangan meriah. Mikhael juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada manajer dan pengurus yang telah mengutus peserta OJT Angkatan XVII Tahun 2017.
Lebih lanjut, Mikhael menyatakan, “enam puluh hari bukan waktu yang pendek bagi anda semua untuk membenamkan diri, seumpuma benih unggul yang ditanam di dalam tanah. Benih unggul itu berjuang sekuat tenaga untuk membelah tanah, tumbuh dan berkembang. Diharapkan benih itu menghasilkan buah pelayanan berlimpah bagi seluruh anggota. Untuk berkembang secara unggul, benih itu perlu dipupuk dan diairi. Sifat air selalu mengalir ke tempat yang rendah. Demikian juga kalian, setelah berbenam diri, dibekali selama 60 hari, anda harus tetap rendah hati, ada keterbukaan untuk terus belajar menerima berbagai pembelajaran sebagai bekal bagi pelayanan kepada anggota dan calon anggota di koperasi kredit masing-masing. Hanya orang yang rendah hatilah dapat belajar seumur hidup” kata Mikhael menutup sambutannya.
Sebelumnya wakil ke-29 peserta OJT, Doroteus Bhia Gera utusan dari Koperasi Kredit Sangosay menyampaikan terima kasih berlimpah kepada Puskopdit Flores Mandiri terutama para pendamping yang seluruhnya dari unsur manajemen yang telah memberikan kesempatan spesial dan momen berharga kepada mereka untuk membekali diri secara khusus mengenai pelayanan anggota. “Terima kasih berlimpah kepada Puskopdit dan para pendamping yang telah membagi pengatahuan, keterampilan dan membentuk kepribadian (perilaku)  kami  selam 60 hari di sini. Kami sungguh merasakan manfaatnya. Awal kami datang, kami merasa waktu 60 hari sangat lama namun malam ini, kami justru merasa waktu itu sangatlah pendek. Masih banyak hal yang kami butuh pendampingnan, bimbingan dan penjelasan. Namun kami bangga bahwa kami telah berada di sini selama 60 hari. Kami akan berusaha mengamalkannya secara sungguh-sungguh” tutup Eus dengan mata berkaca-kaca.
Cikal bakal OJT 60 hari atau awalnya lebih dikenal dengan PPM-Kopdit (Program Profesionalisasi Manajemen Koperasi Kredit) berangkat dari perubahan komitmen redefinisi peran Puskopdit Flores Mandiri dan Koperasi Kredit. Peran koperasi kredit pada pelayanan dan ekspansi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan koperasi kredit sementara Puskopdit berperan pada capacity building untuk meningkatkan kualitas SDM koperasi kredit.
OJT atau pun PPM-Kopdit memiliki tujuan mulia pertama, membangun pemahaman yang benar tentang koperasi kredit dan penjiwaan filososi koperasi kredit dalam dinamika sejarah perkembangannya; kedua, memastikan kemampuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha keuangan koperasi kredit dan ketiga, membentuk mental dan karakter calon karyawan. Materi yang diberikan selama 60 hari adalah Filosofi & Dasar-Dasar Kopdit serta ToT; Akuntansi Koperasi Kredit; Sikopdit CS/OL, Manajemen Keuangan, Manajemen Perkreditan dan Kelalaian; Pedalaman Microsoft Office Excel dan Acess untuk sortir dan filter data, Pengenalan sistem jaringan workgroup dan domain; Standar Layanan Kopdit dan Evaluasi Akhir. Materi utama senantiasa diakhiri dengan uji pemahaman secara tertulis dan lisan.  Pada akhir pelatihan dilakukan refleksi penilaian diri dan penilaian antar teman. Aspek penilian antara lain: penggunaan waktu, kepatuhan dan kerja sama dalam tim, ketahanan fisik (kesehatan) dalam mengikuti kegiatan, kepekaan, partisipasi, tanggung jawab, dan pengendalian diri selama mengikuti kegiatan OJT.
OJT perdana dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 02 Mei 2007 dan Angkatan XVII Tahun 2017 tanggal 12 Februari – 12 April 2017 dengan 29 peserta yang merupakan utusan dari Koperasi Kredit Sinar Harapan (14 orang), Koperasi Kredit Handayani (8 orang), Koperasi Kredit Sangosay (3 orang), Koperasi Kredit Malajaya (1 orang); Koperasi Kredit Naanepe (1 orang), Koperasi Kredit Kembang (1 orang) dan Koperasi Kredit Caritas (1 orang). ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar