Selasa, 25 Oktober 2011

Kopdit Serviam Bentuk Kelompok Menulis

Oleh Frans Obon, Redaktur Pelaksana Flores Pos

(Flores Pos, 26 Oktober 2011). Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam membuat satu terobosan membentuk kelompok menulis dengan nama Kelompok Menulis Koperasi Kredit Serviam. Pelatihan menulis opini dan feature dilakukan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (22-23/10) bertempat di kantor Kopdit Serviam di Jln Eltari Ende.

Ketua Kopdit Serviam Kosmas Lawa Bagho mengatakan pada acara pembukaan, sabtu, kelompok menulis Kopdit Serviam ini bertujuan melatih para anggota koperasi kredit untuk bisa menuangkan gagasan dan menyumbangkan pemikirannya bagi kemajuan gerakan koperasi kredit di Flores dan menulis berbagai isu lainnya di Flores.

Kelompok menulis ini, kata Kosmas, dimaksudkan pula untuk membudayakan menulis daripada berbicara. "Kita suka dengan budaya lisan daripada budaya menulis," katanya.

Menulis yang baik membutuhkan komitmen, disiplin, ketekunan, sebab "menulis yang baik merupakan buah dari latihan yang terus menerus".

Dia mengingatkan peserta pelatihan agar "jangan takut terhadap kritikan dari orang lain tetntang tulisan kita, sebab saat kita takut dikritik saat itu juga kita berhenti menulis".

Tema-teman yang digarap adalah mengenai gerakan koperasi kredit, generasi muda dan perempuan. Menurut dia, dari komposisi anggota koperasi kredit, jumlah orang muda dan kaum perempuan masih tergolong sedikit. Padahal kelompok muda dan perempuan adalah kelompok strategis dan kelompok potensial di dalam masyarakat.

Magdalena Bhiju Boro, peserta pelatihan yang juga guru SMPK Santa Ursula Ende, mengatakan, pelatihan dan pembentukan kelompok menulis ini sangat bagus. "Kegiatan dua hari ini menunjukkan bahwa Kopdit Serviam selalu punya gebrakan-gebrakan baru. Diharapkan kelompok menulis ini terus berlanjut," katanya.

Maria Eufemia Bunga peserta lainnya, mengatakan, kegiatan menulis ini merupakan proses pembelajaran untuk mengasah kemampuan menulis.

Yohanes Satu, guru SMPK Santa Ursula, mengatakan, kegiatan tersebut memiliki nilai plus, menambah wawasan dan ajang bagi ketrampilan menulis.

Matinianus Pegu menyampaikan terima kasih kepada Kopdit Serviam yang merencanakan gebrakan baru bagi kemajuan para anggotanya. "Momen ini sangat baik karena kita bisa berusaha untuk bisa melihat kemampuan menulis," katanya.

Theodorus Yankiter Jawa mengatakan, kegiatan ini menunjukkan bahwa gerakan koperasi kredit amat peduli dengan pengembangan sumber daya manusia anggotanya. Dia menilai dengan kegiatan dan pembentukan kelompok menulis seperti ini menunjukkan bahwa gerakan koperasi kredit tidak hanya mengumpulkan uang, tetapi juga mengembangkan potensi dalam diri anggota.

Jawa berikrar pada Minggu bahwa dia akan mendaftarkan diri menjadi anggota Kopdit Serviam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar