Minggu, 27 November 2011

Kaum Muda dalam Gerakan Koperasi Kredit

Oleh Maria Eufemia Bunga
Anggota Kelompok Menulis Kopdit Serviam Ende

Gerakan Koperasi Kredit di Indonesia termasuk di Flores sudah memasuki usia 40 tahun. Dalam kurun waktu 40 tahun itu gerakan Koperasi Kredit mengalami jatuh dan bangun. Tetapi oleh pembaharuan yang terus menerus, komitmen dan kerja para penggiat koperasi kredit, maka sampai saat ini sudah 60-ribuan orang telah bergabung dengan gerakan Koperasi Kredit. Pertumbuhan aset (kekayaan) juga meningkat tiap tahun dan sekarang kekayaan koperasi kredit di bawah Pusat Koperasi Kredit Flores Mandiri mencapai ratusan miliar.

Namun kalau dilihat dari komposisi anggota koperasi kredit, telah terjadi ketimpangan dalam jumlah anggota kaum muda. Jumlah anggota dari kaum muda (usia sekitar 25-40 tahun) hanya berkisar 35 persen lebih, yang berarti jauh dibawah jumlah anggota yang berusia di atas 40 tahun. Ini berarti gerakan koperasi kredit di Flores telah kehilangan kelompok potensial yang sering disebut sebagai lokomotif gerakan perubahan. Padahal peranan kaum muda di dalam pembangunan bangsa sebagai kelompok produktif sangat besar. Dengan kata lain peranan kelompok kaum muda dalam komposisi penduduk Indonesia sangat potensial untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Jika kita lihat dalam konteks gerakan kemerdekaan Indonesia, sejak 1928 peranan kaum muda sebagai pelopor pembangunan dan lokomotif perubahan sangat vital. Ikarar kaum muda untuk satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa telah menjadi titik pangkal kesadaran baru dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.

Di dalam konteks yang sangat vital itu, dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, tujuan artikel ini adalah mau menggugah kaum muda untuk menjadi anggota koperasi kredit sebagai lembaga keuangan alternative untuk merencanakan masa depan mereka dan menjadi sumber pembiayaan bagi kegiatan-kegiatan produktivitas ekonomi di masa depan. Dengan masuk menjadi anggota koperasi kredit berarti kaum muda menyimpan uang (saving) dan meminjam uang untuk tujuan produktif. Saving di koperasi kredit berarti kaum muda mau merencanakan masa depannya dan meminjam uang dari koperasi kredit untuk tujuan ekonomi produktif merupakan salah satu langkah penciptaan lapangan kerja bagi diri sendiri.

Dengan demikian gerakan koperasi kredit tidak saja menjadi lembaga keuangan alternatif, tempat di mana seseorang bisa menabung dan meminjam, melainkan sebagai tempat terjadinya transformasi cara berpikir.

Fenomena Empirik
Jika kita lihat dari pola hidup kaum muda saat ini, tawaran produk-produk teknologi telah membuat kaum muda sebagai pemakai yang konsumtif. Pola konsumtif itu lebih dipengarahui oleh prestise yang dalam bahasa anak muda sekarang hanya karena “gengsi gede-gedean”. Penggunaan handphone (HP) yang tidak terkendali, misalnya, telah menyebabkan sebagian besar uang anak muda dihabiskan untuk membeli voucher.

Tawaran-tawaran pola konsumsi global itu telah memerosotkan nilai, penghargaan terhadap hal-hal religious dan kemerosotan nilai-nilai moral. Dampak negatif lainnya adalah pola pikir dan pola perilaku kaum muda berubah. Egoime dan invidualisme sangat menonjol.
Pola konsumtif itu menyebabkan kaum muda tidak merencanakan masa depannya dengan lebih baik. Banyak uang dihabiskan untuk konsumsi sesaat dan tidak dipakai untuk tujuan produktif. Karena itu tidak mengherankan bahwa kaum muda kehilangan momentum menggunakan usia produktifnya untuk menghasilkan ekonomi produktif.

Karena kaum muda tidak memiliki saving untuk masa depan mereka maka tidak mengherankan bila di masa depan, mereka tidak dapat berbuat banyak. Mereka tidak bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri mereka sendiri.

Peran Koperasi
Pertanyaan yang hendak kita jawab adalah apa yang bisa dilakukan oleh gerakan koperasi kredit untuk menolong kaum muda agar mereka bisa merencanakan masa depannya dengan lebih baik dan agar kaum muda bisa berdiri di atas kaki sendiri secara ekonomi sebagai semboyan dari Soekarno, presiden pertama Indonesia.

Pertama, koperasi mengajarkan agar seseorang merencanakan masa depannya secara teratur. Gerakan koperasi kredit mengajarkan anggotanya untuk menyimpan secara teratur, meminjam dengan bijaksana dan mengembalikan kredit dengan teratur.

Seorang motivator asal Bali pernah mengatakan “Jika anda lunak terhadap hidup Anda maka hidup Anda akan menjadi keras, sebaliknya jika Anda keras terhadap hidup Anda maka hidup Anda akan lunak”.

Pesan ini mau mengatakan kepada kita bahwa jika kita memenej hidup kita dengan baik, menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan yang kita dapat, niscaya kita akan dapat dengan leluasa mengatur hidup kita dengan lebih muda. Karena hanya dengan cara ini kaum muda tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain, tetapi di tangannya sendiri. Tidak ada orang lain yang bisa merubah nasib kita sendiri selain adanya kesadaran dan kemauan dari diri sendiri untuk merubah masa depan.

Untuk sampai pada sasaran ini, peranan orang tua menjadi penting dalam membimbing dan menuntun langkah kaum muda dalam menggunakan pendapatan dengan lebih bijaksana. Sebab melalui aktivitas menabung, kaum muda mampu merencanakan masa depannya dengan lebih baik. Seperti kata pepatah, “ sedia payung sebelum hujan”.

Kedua, gerakan koperasi kredit dalam menarik kaum muda untuk menjadi anggota koperasi perlu menggunakan pendekatan kategorial. Ini tidak lain adalah gerakan koperasi kredit perlu mendekati kelompok kategorial dan menggugah kesadaran mereka agar merencanakan masa depan mereka melalui koperasi kredit.

Mendekatkan diri dengan kaum muda seturut semangat dan jiwa kaum muda adalah jalan terbaik untuk menarik perhatian kaum muda, mengguggah kesadarannya bahwa mereka sendiri yang bertanggungjawab atas masa depan mereka. Bahwa perubahan perilaku di dalam kaum muda akan berdampak positif bagi kemajuan masyarakat. Dengan kata lain proses transformasi nilai-nilai seperti komitmen, bertanggungjawab dan mandiri dilakukan oleh kaum muda sendiri dengan pendekatan kategorial.

Ketiga, Kopdit goes to school/ campus. Gerakan koperasi kredit perlu mengkampanyekan apa keuntungan menjadi anggota koperasi kredit di sekolah-sekolah. Karena sekolah adalah lembaga sosial di mana transfer nilai, pengatahuan dan perubahan perilaku terjadi. Dengan demikian sekolah menjadi tempat yang tepat agar terjadi perubahan dan transformasi nilai dalam diri kaum muda. Karena itu koperasi kredit mesti dari sekolah ke sekolah atau dari kampus ke kampus dan mulai merencanakan keuangannya dengan baik demi masa depan mereka sendiri.

Keempat, para pegiat koperasi kredit dapat menceritakan kembali kisah-kisah sukses orang-orang yang pernah mendapatkan pinjaman dari koperasi untuk mengembangkan usaha-usaha produktif ekonomis. Dengan kisah-kisah sukses ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada kaum muda.

Kesimpulan
Beberapa pendekatan yang telah disebutkan di atas diyakini bisa menarik minat kaum muda untuk menjadi anggota koperasi. Menjadi anggota koperasi tentu bukanlah tujuan utama dari usaha terrsebut, melainkan menjadikan koperasi sebagai lembaga keuangan alternative agar kaum muda merencanakan hidupnya lebih baik dan mendapatkan pembiayaan bagi kegiatan ekonomi produktif mereka. Dengan demikian kaum muda dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri. Kemandirian dalam menciptakan lapangan kerja jauh lebih baik mendesak sifatnya dan lebih relevan pesannya ketika kita merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

1 komentar:

  1. Saya Queen Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk semua teman saya INDONESIA yang telah menemukan mencari pinjaman, Anda hanya perlu berhati-hati, saya menghabiskan 12 juta untuk membeli bantuan pinjaman.
    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kredit Anda adalah PERUSAHAAN RIKA ANDERSON. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Yang lain semua pembohong, Tapi PINJAMAN PERUSAHAAN RIKA ANDERSON memberi saya mimpi dan kebahagiaan saya kembali.
    alamat email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +1 323 689-3663
    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com. WA +6282235421239 Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus