Kamis, 20 Oktober 2011

Tips Menciptakan Kekayaan Pribadi

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Tanggal 20-21 Oktober 2011, kami pengurus, manajer dan staf koperasi kredit yang berpayung dibawah Puskopdit Flores Mandiri (48 peserta0 mengikuti Lokakarya Financial Literacy yang dipandu langsung oleh Drs. Munaldus, M.A. Ketua Puskopdit Khatulistiwa dan Ketua Koperasi Kredit/CU Kelikumang Kalimantan Barat. Ada 8 modul Financial Literacy yang merupakan adaptasi materi financial Literacy yang diperkenalkan oleh CCA-Kanada dan ACCU-Bangkok.

Hari pertama (20 Oktober 2011) kami jalani 4 modul dengan penuh antusias apalagi diselingi diskusi kelompok dan sharing pengalaman baik dari Bapak Munaldus maupun dari peserta generasi pendiri. Sungguh suatu lokakarya yang sangat saling memperkaya bagaimana menciptakan kekayaan pribadi betapa sering disepelekan sehingga selalu berada di bawah piramida kemiskinan secara turun temurun.

Ada banyak pembelajaran yang penulis terima namun yang paling berkesan adalah membuat neraca keuangan pribadi untuk menemukan kekayaan bersih saat ini dan lima tahun ke depan didukung dengan 12 Aturan Menciptakan Kekayaan Bersih Pribadi.

Adapun 12 Aturan tersebut adalah:
1. Tetapkan Tujuan Keuangan Anda Pribadi.
2. Hiduplah sesuai Kemampuan Anda, jangan besar pasak dari tiang.
3. Bebaskan diri Anda dari Jeratan Utang.
4. Jangan pernah menunggak pengembalian pinjaman.
5. Kendalikan pengeluaran.
6. Pahami Biaya-Biaya yang Anda Keluarkan.
7. Pahami Nilai Waktu dari Uang.
8. Pahami Bunga Majemuk dari Uang.
9. Ambil Resiko dengan Penuh Perhitungan.
10. Menabung Uang.
11. Berinvestasi dengan Kerangka Berpikir yang baru.
12.Investasi dan Kekayaan yang beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar