Senin, 09 Januari 2023

Masalah SDM Karyawan Mengurangi Produktivitas Kopdit

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Praktisi Koperasi Kredit di Flores



Jejaringan merupakan hal yang urgen bagi pengembangan lembaga keuangan termasuk koperasi kredit atau lebih dikenal dengan credit union. Jejaring semakin berkualitas apabila dalam melakukannya kita sungguh memperhatikan para mentor atau coach yang bertebaran di dunia nyata apalagi di dunia maya. Kesuksesannya sangat bergantung kecerdasan kita membidik dan memanfaatkannya. 

 

Penulis cukup lama mendalami hal ini. Setiap waktu apabila ada waktu senggang dari berbagai kesibukan kantor atau pun pribadi, senantiasa membangun jejaring di dunia maya melalui wa, facebook, IG, Twitter dan email.

Melalui email, penulis pekan ini memfokuskan diri pada pengembangan SDM karyawan sejak proses rekrutmen hingga proses seleksi menduduki posisi penting sejak dari kepala bidang hingga manajer atau general manajer. Jika mencari dengan ketulusan hati, sebelum kita mendapatkannya, ada orang baik yang lebih dahulu mengirimkan email, materi yang kita butuhkan. Penulis ingat hukum tabur -tuai atau tarik-menarik. Jika menginginkan sesuatu yang baik, yang baik itulah akan menemui kita.

Penulis mendapatkan kiriman materi yang luar biasa dari HCA Sinergia, bimbingan Ibu Heriawan https://www.sinergiaconsultant.com/ dengan beberapa materi pilihan yang semuanya berkualitas atau memiliki isi daging untuk mengembangkan SDM karyawan menuju karyawan yang produktif.

Saat ini, penulis tertuju pada masalah karyawan yang membuat lembaga bisnis atau koperasi kredit tidak produktif:

1. Sulitnya mengembangkan SDM dan membuat mereka terus mau belajar. Biasanya mereka (karyawan) punya cara dan keinginannya sendiri dalam bekerja sehingga tidak mempunyai mindset bekerja yang produktif, hanya asal "datang bekerja" saja.

2. Persaingan upah yang tinggi, hanya dengan pembeda upah yang sedikit saja, karyawan bisa pindah ke kompetitor lain atau perusahaan sebelah. Sulit mencari orang yang punya loyalitas.

3. Datang bekerja hanya sekedar absen saja. Mereka hanya melakukan pekerjaannya sehari-hari tanpa ingin menjadi orang yang lebih baik dalam bekerja.

4. Saat tiba hari besar keagamaan, semuanya mengajukan cuti atau libur, siapa yang menangani bertanggungjawab pada proses operasional yang perlu untuk terus berjalan?

5. Paling menyebalkan lagi, saat karyawan terbaik Anda pindah ke kompetitor. Kwatir kompetititor tahu apa yang menjadi keunggulan Anda, di tengah bisnis yang memiliki persaingan tinggi saat ini.

Atas dasar itu, koperasi kredit hendaknya melakukan pengembangan SDM secara tepat dengan melakukan penggajian, mengontrol kedisiplinan, membuat aturan kerja dan meningkatkan produktivitas.

Silahkan mencoba. Ada banyak mentor. Kita gunakan atau tidak. 

Tuhan memberkati***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar