Senin, 03 Agustus 2020

Keyakinlah Yang Menciptakan Kenyataan

Sambutan Ketua Kopdit Serviam Bhakti Mandiri Ende
Oleh Kosmas Lawa Bagho

“Keyakinanlah yang menciptakan kenyataan,” William James dari Harvard dalam Brian Tracy “The Power of Self-Confidence” dialihbahasakan oleh Desak Pusparini, editor Selviya Hanna, terbitan MIC PT Menuju Insan Cemerlang, Surabaya, Juni 2013, p. 80.

 Mungkin kata-kata di atas cukup berlebihan bagi perjuangan dan perjalanan Koperasi Kredit Serviam yang kini menjadi Serviam Bhakti Mandiri sejak pembentukan awal tanggal 09 Januari 1993. Akan tetapi itulah kenyataan yang dialami setelah refleksi mendalam hingga perak pelayanan 09 Januari 2018 lalu. Ada sejumlah peristiwa yang meneguhkan pernyataan luar biasa motivasinya yang dilontarkan oleh William James. “Keyakinlah yang menciptakan kenyataan”.

 Keyakinan dan keberanian itulah yang mendorong sejumlah anak muda di lingkungan Yayasan Nusa Taruni Bhakti Ende, Flores membentuk Kelompok Studi Tabung (KST) Serviam lalu berubah menjadi Koperasi Kredit (KOPDIT) Serviam dan sejak tanggal 05 Februari 2018 berubah lagi menjadi Koperasi Kredit (KOPDIT) Serviam Bhakti Mandiri dari reruntuhan kepingan kesulitan akibat gempa bumi menimpa Flores tanggal 12 Desember 1992.

 Buah nyata keyakinan dimaksud juga menyata pada tahun 2008, Koperasi Kredit Serviam Ende mendapat penghargaan Pemerintah Kabupaten Ende sebagai Koperasi Terbaik Tingkat Kabupaten Ende, membeli tempat pelayanan yang signifikan dengan luas 552 m2 di Jalan Eltari Ende dan tahun 2010 untuk pertama kali dan menjadi koperasi kredit perdana di Flores yang menulis buku. Buku pertama itu berjudul “Kopdit Serviam & Kemiskinan di Flores” yang menarasikan “Sepak Terjang Koperasi Kredit Serviam dalam Mengatasi Kemiskinan di Flores” dalam rangka peringatan lima belas (15) tahun langkah tegak pelayanan Koperasi Kredit Serviam di Kabupaten Ende.

 Dalam rangka memperingati Usia PERAK pelayanan yang ke-25, 09 Januari 2018, Koperasi Kredit Serviam Ende kembali menerbitkan buku edisi kedua dengan judul “Koperasi Kredit Jalan Menuju Sukses“ untuk merefleksikan ulang sepak terjang perjalanan penuh badai namun menyenangkan selama 25 tahun yang telah lewat serta menentukan impian-impian baru yang lebih inovatif 25 tahun ke depan dengan semangat “Ciptakan ruang pasar baru tanpa pesaing dan biarkan kompetisi tak lagi relevan”. Ini merupakan insipirasi luar biasa penulis buku “Blue Ocean Strategy: Strategi Samudera Biru” terbitan tahun 2005 oleh W. Chan Kim & Renee Mauborgne.

 Berangkat dari keyakinan yang sama, Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri melakukan terobosan berani dengan membidani kelahiran (spin-off) pengusaha lokal besar pada anggota dengan berbagai kelompok. Salah satunya adalah Serviam’s Publishing Group (SPG). SPG sesungguhnya metamorphosis Kelompok Menulis Kopdit Serviam (KMKS) yang telah digagas sejak tanggal 22-23 Oktober 2011. Tahun 2019, bayi itu baru dilahirkan kembali dengan nama yang lebih keren dan kebarat-baratan SPG (Serviam’s Publishing Group) dan juga belum optimal dalam operasionalnya. Baru tanggal 08 Maret 2020 sekaligus sebagai hari lahir baru (tanggal pembentukan) Serviam’s Publishing Group (SPG) dan dalam pertemuan lanjutannya menginisiasi launching karya perdana dengan judul “Masa Depan Koperasi Kredit di Tengah Arus Digitalisasi & Covid-19”.

 Patut diketahui bahwa Serviam’s Publishing Group (SPG) memang dibidani kelahirannya oleh Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri (SBM) dan bukan menjadi milik Serviam Bhakti Mandiri. Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri laksana seorang bidan yang membantu proses kelahiran ibu hamil dan bukan pemilik sang bayi yang dilahirkan. Pemilik sah (owner) adalah mereka-mereka yang menyatakan diri sah dan meyakinkan sebagai pemilik dan bagian dari keluarga besar SPG (Serviam’s Publishing Group) dengan segala hak dan kewajibannya. Hubungan SPG dengan SBM sebagai mitra mutualism (saling mendukung dan menguntungkan).

 Buku Bunga Rampai karya perdana Serviam’s Publishing Group (SPG) ini bukan buku yang super hebat. Namun kami yakin buku ini bisa membantu membuka wacana bagi kita semua. Buku ini lebih banyak bercerita tentang pengalaman dan tips-tips gerakan koperasi kredit dalam menyikapi berbagai perubahan arus digitalisasi dan era milenial serta tips-tips untuk berwirausaha di tengah arus digitalisasi  dan covid-19 yang bisa menyalakan percik api kesadaran bagi pembaca sehingga mampu berpikir positif dan bertindak lebih maju selangkah demi selangkah. Buku bunga rampai ini merupakan buku pertama SPG dan tentu bukan yang terakhir”.

Terima kasih berlimpah kepada semua pihak yang telah terlibat pada penerbitan perdana: Profesor Rhenald Kasali (Dosen Universitas Indonesia dan Owner Rumah Perubahan), Robby Tulus (Penasihat Induk Koperasi Kredit yang Berkarya di Kanada) dan Teten Masduki (Mentri Koperasi & Usaha Kecil & Menengah Republik Indonesia) yang telah bersedia menulis prolog, Puskopdit Flores Mandiri, Induk Koperasi Kredit (Inkopdit), Pemerintah Kabupaten Ende, Pemerintah Kabupaten Nagekeo, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Republik Indonesia, Para Penyumbang Tulisan, Tim Editor, Fungsionaris dan Anggota Kopdit Serviam, Dewan Divisi Serviam’s Publishing Group (SPG) yang selalu menginspirasi dan memberikan kepercayaan penuh untuk menerbitkan buku edisi perdana serta semua saja yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dan Tuhan yang Maha Sempurna. Sang pepatah bijak menulis, Kita tidak perlu ahli untuk memulai dan kita memulai untuk menjadi ahli”.

 Kami menyadari bahwa buku edisi perdana hasil karya SPG ini, tentu masih jauh dari sempurna. Segala kritik dan saran konstruktif untuk meningkatkan kualitas dan konten ke depan disambut dengan tangan dan hati terbuka sebab kami tidak boleh berpuas diri dan berhenti pada zona nyaman. Kami merasa perlu untuk terus memperbaiki diri dan berubah, selalu ada cara dan sistem kerja yang lebih profesional dengan produk penerbitan yang lebih berdaya saing tinggi di tengah covid-19. Semoga buku ini bermanfaat bagi perubahan cara berpikir, cara bertindak dan hidup kita sekalian dalam meningkatkan kualitas hidup pribadi dan bersama.

 

Selamat Berkarya Serviam’s Pusblishing Group Menjadi Number One!

 

Ende, April 2020

 

Kosmas Lawa Bagho, S.Fil., M.M

Ketua Pengurus Periode 2020-2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar