Senin, 16 Maret 2020

Kopdit Serviam Bhakti Mandiri Dorong Anggota Jadi Pengusaha: Gelar RAT ke-26 di Aula BSK Ende, Minggu (16/2)

Oleh Willy Aran, Wartawan Flores Pos

Pengurus bersama Bupati Ende & Undangan
(Flores Pos, 15 Februari 2020). Koperasi Kredit (Kopdit) Serviam Bhakti Mandiri (SBM) pada tahun 2020 membuat satu gebrakan mendorong peningkatan ekonomi anggota. Kopdit yang sedang mengajukan izin untuk menjadi koperasi kredit primer tingkat provinsi ini akan mendorong semua anggota sebagai pengusaha di bidangnya masing-masing. Aspek ini mesti  didorong dan terus dikembangkan demi meningkatkan ekonomi  keluarga atau anggota Kopdit ABM.


Ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri, Kosmas Lawa Bagho, saat memberikan keterangan pers terkait Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-26 di Kantor  Kopdit SBM ENde, Jumat (14/2). RAT ke-26 tersbut akan dilaksanakan pada Minggu (16/2) bertempat di Aula Biara Santo Konradus (BSK), Jalan Wirajaya Ende.

Pengurus Periode 2020-2022
Kosmas Lawa Bagho mengatakan, RAT ke-26 tahun 2020 merupakan momen spesial karena bertepatan dengan proses pergantian pengurus dan pengawas. Pada RAT ke-26 tersebut, Kopdit SBM akan menghadirkan pelbagai pihak, antara lain Pemerintah Kabupaten Ende, Puskopdit Flores Mandiri dan Yayasan Nusa Taruni Bhakti untuk berdiskusi terkait dengan gerakan koperasi yang menjadi kekuatan ekonomi rakyat.

Dorong Anggota Jadi Pengusaha
Lawa Bagjo juga mengatakan pada RAT tersebut, Kopdit SBM juga mengambil satu langkah baru mendorong peningkatan ekonomi keluarga. Kopdit SBM mendorong 4000 lebih anggota agar menjadi pengusaha di bidangnya masing-masing. Saat ini sebagian anggota sudah mulai menggeluti usaha baik pribadi maupun kelompok.

Menurutnya, usaha kelompok yang sudah digeluti oleh anggota antara lain kelompok usaha di Nangaroro, Mukusaki dan Nangamboa. Ada 37 anggota yang sudah didorong untuk menjadi pengusaha.

Pada RAT ini lanjutnya, Kopdit SBM juga punya rencana besar terkait pengembangan ke depan. Pengurus dan manajemen akan mendorong anggota untuk meningkatkan hasil usaha dengan menghadirkan usaha sector lain.

Menurutnya, selama ini anggota hanya mendapat dividen dari simpanan. Dengan peningkatan usahanya, anggota akan mendapatkan hasil dari usaha lain. Kopdit SBM akan membangun kantor, bukan hanya sebagai tempat pelayanan, melainkan multifungsi yang bisa menghasilkan sesuatu buat ekonomi anggota.

Jadi Kopdit Primer Provinsi
Ketua Pengurus Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri, Kosmas Lawa Bagho, juga mengatakan bahwa pada tahun 2018 lalu Kopdit ini telah berubah nama dari Kopdit Serviam menjadi Kopdit Serviam Bhakti Mandiri. Perubahan ini telah ditetapkan melalui RAT dan rapat khusus.

Selain perubahan nama lanjutnya, Kopdit SBM juga sedang mengurus proses izin menjadi Kopdit Primer Provinsi. Setelah mendapat izin dari Dinas Koperasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) nanti, Kopdit Serviam Bhakti Mandiri akan membuka cabang di kabupaten lain di wilayah Provinsi NTT.
“Kita akan buka kantor cabang di Mbay, Ibu Kota Kabupaten Nagekeo dan kabupaten-kabupaten lain. Berharap, izin ini akan kita dapatkan dalam waktu dekat” katanya.

Sementara itu, Manajer Kopdit SBM, Lambertus Liki, mengatakan bahwa terkait dengan gebrakan yang digagaskan oleh pengurus, pihak manajemen menyambutnya dengan antusias. Gebrakan ini kiranya membawa dampak perubahan yang baik dalam koperasi ini.

“Kita sangat mendukung pengembangan usaha yang dilakukan oleh anggota Kopdit ini demi untuk meningkatkan ekonominya” katanya.

Gelar RAT Ke-26
Ketua Panitia RAT ke-26 tahun 2020, Klemens Lae mengatakan bahwa RAT ke-26 akan dilaksanakan di Aula Biara Santo Konradus, Jalan Wirajya Ende, pada Minggu (16/2). Panitia menghadirkan Bupati Ende, Ketua DPRD Ende, Manajer Puskopdit Flores Mandiri dan pihak Yayasan Nusa Taruni Bhakti.

“Kehadiran Bupati Ende dan Ketua DPRD Ende merupakan bentuk perhatian terhadap gerakan koperasi di Ende,” tuturnya.

Menurutnya, RAT ke-26 akan dihadiri sekitar empat ratus sampai lima ratus lebih pengurus dan anggota. Pada kesempatan itu, Kopdit SBM akan melakukan pergantian pengurus periode 2017-2019 dan pemilihan pengurus baru periode 2020-2022.

Editor: Avent Saur.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar