Senin, 17 Februari 2020

Sambutan Ketua pada RAT ke-26 Kopdit Serviam Bhakti Mandiri

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Ketua Pengurus Kopdit Serviam Bhakti Mandiri periode 2017-2019


Yth …
Bapak Bupati Ende, Bapak Ketua DPRD Kabupaten Ende, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Suster Ketua Yayasan Nusa Taruni Bhakti Santa Ursula Ende, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende, Wartawan Flores Pos, Ketua Panitia Nominasi bersama anggotanya, Ketua Panitia RAT bersama rombongan, Bapak-Bapak Penasihat, Bapak/Ibu Pengawas, teman-teman pengurus, pak manajer, para kepala Tempat Pelayanan, Kepala Bidang dan manajemen serta 4.139 anggota yang terkasih.

Singkatnya hadirin yang kami hargai …

Bupati Ende Jadi Anggota
Selamat pagi dan selamat berjumpa dalam suasana kegembiraan melaksanakan RAT ke-26 tahun buku 2019, hari ini tanggal 16 Februari 2020. Oleh karena itu, sebagai insan beriman, patutlah kita menyampaikan puji syukur berlimpah kehadirat Tuhan yang Maha Esa untuk semua peristiwa berrahmat yang boleh keluarga besar Koperasi Kredit Serviam  Bhakti Mandiri alami sejak tanggal 09 Januari 1993 hingga hari ini.


Luar biasa bahwa RAT kita kali ini dihadiri juga Bupati Ende, Ketua DPRD Ende sekaligus menjadi anggota koperasi kredit kita (kita beri aplaus dengan tepuk tangan meriah), Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Suster Ketua Yayasan Nusa Taruni Bhakti, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende sebagai kolaborasi positif untuk mengembangkan gerakan koperasi kredit di wilayah ini dan secara khurus Kopdit Serviam Bhakti Mandiri agar menjadi media pembangun kesejahteraan seluruh anggota.

Hari ini kita melaksanakan RAT dengan tema utama “SOLID BERGERAK MEWUJUDKAN KOPDIT KUAT BERBASIS RISET DAN INOVASI”.

Koperasi Kredit kuat dan anggota sejahtera menjadi dambaan, cita-cita serta impian kita bersama yang telah kita canangkan sejak pembentukan tanggal 09 Januari 1993, 27 tahun lalu. Kita terus berproses dengan segala perubahan dan inovasi agar cita-cita awal itu menjadi kenyataan.

Ada pun beberapa langkah strategis yang telah dan akan kita lakukan yakni:

Pertama:  Melakukan penataan dan konsolidasi organisasi. Koperasi kredit bekerja sama dengan berbagai pihak terutama jariangan Puskopdit Flores Mandiri berjuang mendorong organisasi yang sehat, bebas ‘fraud’ dan prosentase PAR mencapai titik ideal.
Penataan tersebut dimulai dari ring 1: pengurus, pengawas, penasihat dan manajemen. Dalam periode 2017-2019, koperasi kredit kita mendapatkan apresiasi tiga tahun berturut-turut sebagai koperasi kredit yang berhasil menekan PAR sampai titik ideal. PAR keseluruhan per 31 Desember 2019 mencapai 3,72% mencapai ideal < 5%. Fungsionaris bebas PAR, bebas macet dalam mengembalikan pinjaman. Konsolidasi anggota yang tidak aktif setia kita lakukan sehingga anggota kita per 31 Desember 2019 sebanyak 4.139. Memang ditilik dari kuantitas sepertinya kita kurang berkembang namun kita berjuang agar semakin banyak anggota juga semakin berkualitas.

Dalam rangka upaya bebas “fraud” kita telah menerapkan program keuangan berbasis Sikopdit Online dengan Sikopdit Connect. Anggota dengan berbekal HP Android, di mana saja bisa mengecek jumlah simpanan dan pinjaman. Kita juga memesan EDC agar setiap transaksi keuangan anggota di mana saja bisa langsung diinput dan pada saat yang sama langsung masuk ke program di kantor pusat.

Koperasi kredit juga beradaptasi dengan regulasi perpajakan terbaru. Sejak tahun buku 2016, koperasi kredit kita sudah setia membayar pajak baik anggota perorangan maupun secara kelembagaan. Membayar pajak sebagai kontribusi kita pada pembangunan nasional dan daerah Kabupaten Ende. Kita juga sudah memproses izin operasional primer provinsi.


Kedua: Kita berjuang menciptakan “double passive income” anggota. Biasanya setiap akhir tahun, kita hanya menerima dividen dan setiap bulan menerima bunga tabungan (simpanan non saham). Kita secara kolaboratif inigin melahirkan “double passive income” dengan melakukan spin-in atau spin-off yakni mendorong setiap anggota untuk menjadi pengusaha local yang handal dan menghasilkan baik secara perorangan terutama secara kelompok. Apabila setiap anggota meminjam untuk mengembangkan usaha produktif dengan sendirinya anggota bersangkutan meraih kesejahteraan hidup dan koperasi kredit sebagai lembaga akan sehat, kuat dan berkelanjutan. Kopdit kita telah berinisiasi membantu melahirkan kelompok-kelompok usaha bersama seperti SPC (Serviam’s Pig Consiortium), SML (Serviam’s Marketing Link), SPG (Serviam’s Publishing Group) dan SRG (Serviam’s Research Group), Bintang Timur Serviam di Nangaroro, Kelompok Nelayan Serviam di Mukusaki. Kita baru mulai, semoga berkembang semakin besar dan sehat ke depannya.

Ketiga: Kita berjuang membangun tempat atau kantor pelayanan yang multi fungsi. Kita memang sudah melakukan renovasi kantor pelayanan yang nyaman bagi anggota dan calon anggota serta fungsionaris pada tahun buku 2018 lalu. Tantangan kebakaran membuat kantor pelayanan kita rubuh sehingga RAK dan RAT merekomendasikan kepada pengurus untuk membangun kantor pelayanan multi fungsi. Tahun buku 2019, pengurus telah berkonsultasi dengan berbagai pihak menghasilkan desain kantor multi fungsi tersebut. Dalam rapat anggota tahunan ini, kita konsolidasi lagi agar bisa membangun kantor dimaksud yang akan dilaksanakan pengurus dan pengawas baru periode 2020-2022.

Beberapa langkah strategis tersebut tidak mudah dilaksanakan. Oleh karena itu butuh soliditas, loyalitas dan pengorbanan kita semua dengan tetap mengutamakan jati diri koperasi serta panca pilar koperasi kredit sehingga koperasi kredit kita kuat, anggota sejahtera berbasiskan riset dan inovasi.

Bapak Bupati, Bapak Ketua DPRD, Bapak Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Suster Ketua Yayasan, Dinas Koperasi dan peserta RAT yang terhormat,
Kehadiran kita hari ini menjadi berkat agar kita secara bersama-sama memikirkan, berdiskusi serta meneguhkan komitmen untuk terus melakukan perubahan pelayanan agar koperasi kredit semakin sinergis dengan badan usaha lembaga lain yang ada di daerah ini untuk memberdayakan masyarakat akar rumput secara ekonomis, social, budaya dan politik dengan tetap mengusung persatuan dalam kebinekaan. Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri akan tetap mendukung kerja-kerja pemberdayaan masyarakat di daerah ini.

Oleh karena itu, dari hati mendalam kami menyampaikan terima kasih berlimpah untuk kerjasama dan kehadiran hari ini: Bapak Bupati Ende, Ketua DPRD Ende, Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Suster Ketua Yayasan Nusa Taruni Bhakti, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende dan seluruh anggota, pengurus, pengawas, penasihat dan segenap kepanitiaan RAT.

RAT kita kali ini terasa semakin spesial lantaran ada proses pemilihan pengurus dan pengawas periode 2020-2022. Panitia Nominasi telah bekerja keras selama setahun. Mewakili pengurus dan pengawas periode 2017-2019 menyampaikan sekali lagi ucapan terima kasih dan sekalian mohon pamit.

Kami mohon maaf apabila pengabdian kami belum memuaskan kita sekalian. Bagi pengurus dan pengawas terpilih dan ditetapkan hari ini, kami ucapkan selamat datang dan selamat berkarya agar Kopdit Serviam Bhakti Mandiri kita semakin berdaya saing tinggi di tengah arus milenial yang serba cepat perubahannya. Benahi yang masih tercecer dan tingkatkan yang sudah optimal.

Akhirnya kami memohon kesediaan Bapak Ketua DPRD Ende, Bapak Manajer Puskopdit Flores Mandiri memberikan sambutan serta Bapak Bupati Ende untuk memberikan arahan, dukungan, masukan  serta membuka acara RAT Tahun Buku 2019, Koperasi Kredit Serviam Ende secara resmi  ….


Sekian dan terima kasih.

Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar