Kamis, 19 Desember 2019

Musim Uang

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Ketua Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri Ende

Ketua Pengurus di tengah peserta
Pagi membuka tabir tanggal 19 Desember 2019. Seminggu sebelumnya telah ada kesepakatan untuk melakukan diseminasi profil Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri Ende kepada calon anggota di wilayah Mundemi, Desa Ladolima, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo. Proses diseminasi langsung ditujukan kepada Kelompok Mandiri Ibu-Ibu Mundemi yang telah mereka lakukan aktivitas sejak 20 tahun lalu.



Dalam rapat-rapat gabungan dan rapat pengurus Serviam Bhakti Mandiri menyongsong akhir tahun buku 2019 memantapkan program untuk melakukan kegiatan diseminasi pada kelompok bersangkutan. Tanggal 19 Desember 2019 disepakati bersamaan dengan rapat akhir tahun kelompok dimaksud.

Disepakati pula para personil. Rencana awal Bapak Kosmas Lawa Bagho sebagai ketua pengurus, Bapak Yerem Mite sebagai anggota pengurus, Bapak Lambertus Liki Mare sebagai manajer dan Bapak Klemens Lae sebagai kepala TP Pusat merangkap sebagai kepala bidang perkreditan serta satu orang sopir.

Rencana juga menggunakan jasa transport kepemilikan Bapak Yerem Mite atau Opu Herry dan meminta bantuan suami ketua pengawas, Bapak Andreas Lawe Sule.

Pagi itu tanggal 19 Desember 2019, tepat pukul 07.30, kami berangkat dari Ende. Kendaraan yang digunakan milik opu Hery dan personil yang berangkat Bapak Kosmas Lawa Bagho, Bapak Klemens Lae dan Bapak Andreas diminta bantuan tenaganya sebagai sopir. Bapak Lambertus Liki Mare masih mengurus hal-hal yang berhubungan dengan kantor apalagi menjelang akhir tahun pertanggungjawaban.

 Perjalanan dari Ende cukup lancar. Kami singgah sebentar di Raja. Tiba di Mundemi tempat kegiatan sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Ada sebagian peserta sudah hadir. Sebagian ibu dan bapak bekerja di dapur, sebagian ibu mungkin pengurus sibuk menyelesaikan laporan dan penerimaan keuangan sementara sebagian bapak-bapak sekedar berekreasi untuk membunuh waktu menunggu.

Kami langsung diterima suami isteri bendahara kelompok dimaksud. Kami diantar ke ruang tengah dan langsung dihidangkan minuman kopi dan sepiring kue. Kami berbasa-basi dengan sebagian peserta. Mereka langsung mengenal kami sebab memang kami bertiga secara kompak menggunakan pakaian kebanggan Serviam Bhakti Mandir dalam rangka 25 tahun pelayanan tahun buku 2017 lalu dengan bagian belakang baju tertulis "SERVIAM".

Warna dan ornamen yang khas seolah menghipmotis peserta tentang Serviam Bhakti Mandiri. Tak lama setelah minum, kami diajak ibu Maria, sang bendahara kelompok yang kebetulan sudah menjadi anggota dan meminta kami hadir pada acara dimaksud untuk santap pagi. Kami juga langsung ke tempat santapan walau sudah "tahan angin" di Raja.

Santap pagi selesai, kami bercerita secara informal tentang Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri sambil membagi brosur. Lama menanti acara mulai. Ternyata waktu di kampung memang beda dengan waktu di kota. Selalu saja ada penundaan dari rencana awal yang sudah direncanakan. Kelompok ini sudah sejak pagi pukul 06.00 merayakan ekaristi (acara keagamaan ajaran Katolik, red) dan direncanakan sekitar pukul 12.00 mulai dengan rapat akhir tahun.

Pukul 12.00 lewat belum ada tanda-tanda kegiatan akan dimulai. Masih menunggu sebagian anggota kelompok 71 orang yang semuanya perempuan belum hadir. Belum lagi pada kegiatan ini harus hadir bersama suami sebab ada pembagian sisa hasil usaha atau yang mereka kenal "saham mati" sebesar Rp10.000.000 per anggota. SHU yang mereka terima sebenarnya Rp12.850.000 namun untuk anggota aktif 68 orang harus menyetor kembali sebagai modal awal untuk tahun buku 2020-2021 sebesar Rp2.850.000 sementara anggota baru Rp3.500.000. Menarik bahwa dari 71 orang anggota lama, tiga orang menarik diri dengan mendapatkan saham mati Rp12.850.000 dan anggota baru sebanyak 21 orang.

Penulis bersama pak Andreas, bergerak ke tempat pasar rakyat yang dekat acara sambil duduk di "soja", tempat duduk dari baham bambu yang dibelah. Mereka tetap melanjutkan pekerjaan untuk penyelesaian laporan dan persiapan santap siang bersama. Di 'soja" tempat jualan pedagang yang saat itu kosong karena belum hari pasar, kami berdua bercerita tentang sejumlah pengalaman. Pengalaman waktu SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Cerita-cerita yang kami bangun untuk membunuh waktu tunggu cukup lama. Kami tidak merasa jenuh atau bosan. Justru kami sangat menikmati. Permbicaraan kami melanjut pada masa depan pemberdayaan masyarakat melalui Serviam Bhakti Mandiri.

Pukul 17.00 baru acara mulai. Para undangan hadir. Pastor paroki, penasihat kelompok dan bruder Alma. Kepala Desa setempat tidak sempat hadir karena masih ada tugas kedinasan di kantor kepala desa.

Acara dibuka oleh sang protokol dengan bahasa yang sejuk mengalir seperti seorang penyair. Mungkin beliau salah seorang suami dari ibu yang menjadi peserta Kelompok Mandiri. Kata-kata yang indah, sampai penulis yang mewakili Kopdit Serviam Bhakti Mandiri salah menyapa sebagai bruder (salah seorang petugas pastoral yang mengikrarkan kaul kemurnian, ketaatan dan kemiskinan dalam Gereja Katolik, red).

Protokol itu melanjutkan dengan doa dan sambuatan ketua Kelompok Mandiri, ibu Avia Goo. Ibu Avia menekankan kerjasama, saling percaya, solid dan jujur dalam berkelompok sehingga diharapkan kelompok ini bisa terus berkembang sesuai zaman. Ibu Avia juga memohon dukungan para suami.

Dilanjtukan dengan laporan pertanggungjawaban oleh sekretaris dan bendahara. Bendahara kelompok, Ibu Merry juga menyapa kami secara khusus dan menjelaskan lagi maksud dan tujuan kehadiran kami di tengah kelompok mereka. Prinsipnya bisa membantu mereka tetnang manajemen keuangan dan ekonomi rumah tangga dan meminta semua peserta bisa menjadi anggota atau bergabung dengan keluarga besar Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri Ende seperti dirinya bersama keluarga.

Laporan pertanggungjawaban belum ada tanggapan. Menarik bahwa setiap anggota akan mendapatkan SHU atau saham mati sebesar Rp10.000.000. Diharapkan mereka bisa langsung mendaftar pada koperasi kredit.

Ibu Merry sekali lagi meminta dengan tegas dukungan para suami sebab keuangan yang dikelola Kelompok Mandiri ibu-ibu juga berasal dari uang para suami dan dimanfaatkan juga para suami bersama keluarga apabila peserta meminjam uang pada kelompok. Benar juga. Suami isteri harus saling mendukung satu sama lain.

Dilanjutkan dengan sambuatan atau bahasa mc adalah motivasi berkoperasi kredit oleh pengurus Kopdit Serviam Bhakti Mandiri yang selalu salah sebut dengan Seravim, salah satu kelompok paduan suara terkenal di Ende.

Penulis memberikan satu kata lebih menekankan pada sejarah awal koperasi kredit, tujuan, visi, dan misi serta proses pelayanan. Satu hal yang disoroti adalah menciptakan pengusaha dengan variasi usaha bersama Koperasi Kredit Serviam Bhakti Mandiri baik secara perorangan maupn secara kelompok. Bergabung bersama Serviam berarti harus siap menjadi pengusaha.

Peserta cukup tertarik dengan ide brilian bahwa menjadi pengusaha bisa secara individu tetapi yang lebih menarik adalah secara bersama-sama dengan contoh-contoh konkret yang telah dilaksanakan oleh Kopdit Serviam Bhakti Mandiri. Apalagi tawaran suku bunga pinjaman yang tidak sampai 1% setiap bulan serta bunga simpanan yang bisa mencapai 8% setiap tahun.

Ada nada-nada optimis untuk mendaftarkan menjadi anggota meski ada sebagian yang masih trauma dengan koperasi kredit yang pernah hadir dan besar di wilayah mereka.

***

Musim Uang

Rasa penasaran penulis adalah ketika sambutan pastor paroki Mundemi, RD John Soro. Kebetulan sang pastor ini adalah kakak kelas 4 tingkat di STFK Ledalero. Beliau calon imam Diosesan dan penulis pernah menjadi calon imam SVD. Penulis hanya sampai Tahun Orientasi Pastoral (TOP). Untuk melanjutkan ke kaul kekal, penulis menarik diri merasa belum layak hehehe.

Sambutan RD John Soro yang membuat penasaran penulis adalah musim uang. "Indonesia mengenal dua musim yakni musim kering dan musim hujan. Kami di sini Mundemi tambah satu yakni musim uang. Musim uang kami di sini adalah mulai bulan Agustus hingga Oktober. Setelah itu, kami akan mengalami musim kering, tidak ada uang di dompet" tegas RD John Soro disambut senyum malu sebagian peserta.

Penulis bertepuk tangan agak kuat untuk mengusir rasa penasaran. Wah, bagus sekali. Apalagi sebagai ketua pengurus koperasi kredit mengenal musim uang calon anggota atau anggota sungguh sangat perlu. Penulis, belum mendengar hal ini sebelumnya.

Memang menjadi suatu kabar gembira dan juga berselimutkan keprihatinan. "Musim uang" terjadi pada bulan Agustus - Oktober dalam tahun lantaran pada bulan-bulan bersangkutan ada panen tanaman umur panjang terutama cengkeh. Jika musim panen cengkeh, kemiri, kelapa tiba berarti musim uang bagi para petani. Uang yang banyak tersebut tidak dikelola dengan baik maka ada datang musim kering. Musim tidak punya uang sama sekali.

Hal ini juga sependapat dengan penasihat Kelompok Mandiri. "Kami sebetulnya banyak uang pak Kosmas. Namun karena kami kurang tahu mengelola uang atau ekonomi rumah tangga sehingga kami sering mengalami kesulitan keuangan. Saya sebagai penasihat (laki-laki padahal anggota semuanya perempuan) memohon bantuan pak Kosmas dan Kopdit Serviam untuk membantu Kelompok Mandiri Ibu-Ibu ini tentang manejemen keuangan yang tidak lagi manual tetapi dengan sistem komputerisasi sehingga tidak terjadi selisih-selisih yang nantinya menimbulkan ketidakpercayaan atau saling curiga walau selama ini cukup baik pembukuan keuangannya", pinta Bapak Alo.

Ada musim penghasil uang dan apabila dikelola dengan bijak pasti akan sejahtera. Semua pasti akan menjadi pengusaha. Tidak perlu minta banruan dari mana pun. Hidup ekonomi mencukupi. Namun apabila semua keuangan yang diterima pada "musim uang" tidak dikelola dengan baik,"musim uang" tersebut akan segera cepat berganti dan berlalu menjadi musim kering. Musim tidak ada uang.

Mari kita mengelola musim uang dengan bijaksana sehingga impian kejahteraan sebagai pengusaha bisa diwujudkan dengan segera.

***




3 komentar:

  1. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  2. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  3. KAMI TAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN - BERLAKU UNTUK PINJAMAN TERJANGKAU.

    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan suku bunga rendah dan terjangkau 2%. untuk semua staf atau orang, silakan hubungi kami untuk bantuan keuangan segera atau strees, kami bangga dengan komitmen kami kepada pelanggan kami; Harus diakui, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman bisnis / investasi, pinjaman jangka pendek untuk mulai berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berhutang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman dan bisnis pinjaman perusahaan dan semua jenis pinjaman, Anda dapat menghubungi kami di pinjaman yang terjangkau sekarang hubungi kami.
    Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

    Saya minta maaf atas apa yang telah Anda lalui sebelumnya, menginfeksi itu salah satu masalah di tangan pemberi pinjaman palsu, Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui email:
    Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

     DATA APLIKASI
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Seks:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Penghasilan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:

    Saya ingin Anda tahu bahwa ALLAH tidak akan membiarkan orang-orang baik kelaparan tetapi dia akan tetap jahat dari apa yang mereka inginkan.

    Saya ingin Anda tahu bahwa perusahaan ini adalah perusahaan asli dengan rekam jejak yang baik. Saya juga ingin memberi tahu Anda bahwa kami tidak pernah terlibat dalam aktivitas penipuan apa pun. dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa apa yang perusahaan lain tidak bisa lakukan untuk Anda, saya akan melakukannya untuk Anda, dan saya akan membuat Anda bahagia dan membuat senyum di wajah Anda baik-baik saja. saya berikan kata-kata saya hanya percaya padaku dan Anda tidak akan menyesal melakukan bisnis dengan kami, mencari lebih banyak, karena kami di sini untuk menangani semua masalah keuangan Anda, sesuatu dari masa lalu.

    Saya dapat meyakinkan Anda 100% bahwa kami adalah perusahaan yang dapat diandalkan yang saat ini menyiapkan skema dalam bentuk akuisisi Pinjaman untuk membantu berbagai individu serta organisasi yang memiliki niat merenovasi, utang? Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat untuk membayar hutang Anda, atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi atau pinjaman hipotek? refinancing? dan juga pendirian pakaian bisnis. Saya seorang wanita bisnis internasional dan Pemberi Pinjaman yang telah menawarkan Pinjaman kepada perorangan dan perusahaan di Eropa, Asia, Afrika, dan bagian lain dunia.

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui email:
       Nyonya Augusta Ibramhim GCFWhatsApp+1(860)479-2758....
    Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com.

    BalasHapus